Pacar Tidak Disetujui Orangtua. Mau Putus Tapi Sudah Tidak Tersegel.

Diposting: 23 Juni 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 584 kali.

Psikolog: Ine Indriani, M.Psi, Psikolog

: CC

: Jawa Barat

: Wanita

Isi Konsultasi:

Halo PsyLine.id Psikologi Online Indonesia.

Saya sedang mengalami kecemasan tentang hubungan dengan pacar dan masa depan saya. Saya sudah berpacaran selama hampir 4 tahun dengan seorang laki. Dia berumur 3 tahun lebih tua dari saya. Tapi Orangtua saya sangat tidak setuju dengannya. Karena memiliki latar belakang yang kurang bagus. Dia mempunyai kehidupan sekarang yang sangat jauh dari kriteria Orangtua saya.

Yang menjadi masalah adalah gaya berpacaran saya yang sudah kelewat batas dengannya. Semakin lama juga saya merasa semakin tidak nyaman menjalani hubungan ini. Karena semakin lama dia semakin kasar terhadap psikis saya (tidak pernah kasar fisik). Sering memaki, memarahi dan menganggap saya tidak penting.

Tapi saya tahu dia dari awal memang niat untuk menikahi saya. Saya sangat stress beberapa waktu ini karena Orangtua saya. Mereka sudah sering meminta saya menikah dengan lelaki lain yang sesuai kriterianya. Tapi saya tidak bisa melepas pacar saya karena ada perjanjian sebelumnya. Dan saya takut tidak ada laki-laki lain yang mau dengan saya. Karena saya sudah tidak “tersegel”.

Mohon bimbingannya dan terimakasih.

Ine Indriani, M.Psi, Psikolog

Jawab:

Pacar Tidak Disetujui Orangtua. Mau Putus Tapi Sudah Tidak Tersegel.

Dear Cc yang berbahagia.

Tentunya masalah yang dihadapi membuat kamu tidak nyaman. Terlebih lagi ada kekerasan emosional yang terjadi. Ketika kita sedang dihadapi masalah yang menurut kita cukup besar. Kita perlu pelan-pelan untuk mengurai masalahnya. Sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat.

Pacar Tidak Disetujui Orangtua. Mau Putus Tapi Sudah Tidak Tersegel.

Saran saya adalah coba untuk merenungkan masalah yang dihadapi secara perlahan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah:

  • Pernikahan berarti kamu juga menikah dengan keluarganya dan dia juga menikah dengan keluargamu. Terlebih di Indonesia yang masih memiliki budaya kekeluargaan yang erat.
  • Perilaku yang terjadi selama berpacaran, baik dari pihak laki-laki atau perempuan biasanya akan terbawa di masa nikah. Hal ini juga berkaitan dengan emotional abused yang biasa ia lakukan kepada kamu. Sehingga perlu dipertimbangkan masak-masak. Terlebih lagi, perilaku dan sikap kedua pasangan juga akan berpengaruh terhadap kondisi mental anak-anaknya kelak.

Mengenai masa lalu

Setiap orang memiliki masa lalunya masing-masing. Hal itu termasuk juga pengalaman “sudah tidak tersegel”.

Yang perlu dilakukan adalah menerima bahwa kita punya pengalaman masa lalu. Dengan menerima masa lalu, maka kita akan lebih nyaman untuk keep move on kedepan. Tanpa harus terbayang-bayang dengan masa lalu kita.

Bila membutuhkan konsultasi lanjutan, dapat dilakukan melalui tatap muka langsung melalui Psyline.id Psikologi Online Indonesia.

Semoga membantu dan Salam Bahagia.

Konsultasi sebelumnya membahas tentang:

Pernikahan tidak bahagia karena terlalu curiga kepada suami.


Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Data ini akan membantu PsyLine.id Psikologi Online mencocokkan Anda dengan Psikolog yang paling cocok untuk Anda.
Jawaban jujur Anda juga akan memberikan Psikolog untuk mengenal latar belakang Anda sehingga dapat memberikan saran yang relefan.

Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu Anda menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Tentang Psikolog

Ine Indriani, M.Psi, Psikolog

Clinical Psychologist
Ego State therapist
Coach & Trainer
Talents Mapping Trainer & Practitioner
Parent Child Interaction Therapy (*in process for therapist certification)
Interested to trauma and performance
Interested to parents-child relationship and communication

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait:

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PSYLine.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog