Rahasia Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak. Tips memeluk anak.

Diposting: 11 Mei 2017 | Kategori Artikel: Keluarga & Pernikahan, Pendidikan & Anak

Dilihat: 2789 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Tahukah anda, bahwa ada keajaiban pelukan orangtua bagi anak? Mengapa memeluk anak setiap hari sangat dianjurkan? Dalam artikel ini, PsyLine.id Psikologi Online akan memaparkan rahasia Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak.

Keharmonisan rumah tangga tidaklah lengkap bila antara orangtua dan anak  tidak saling mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang. Banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Salah satunya adalah karena tuntutan ekonomi dan pekerjaan yang membuat orang tua kehilangan waktu untuk dapat bersama dengan anak.

Jika kondisi memang demikian, salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua untuk dapat mendekatkan hubungan dengan anak meski memiliki waktu sedikit adalah dengan cara memeluk anak.

Fakta-fakta tentang Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak yang menyimpan sejuta manfaat.

Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak

  1. Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak: Pelukan dapat Menimbulkan ikatan batin.

    Kehadiran hormon endomorfin yang muncul saat berpelukan dapat mengurangi ketegangan saraf dan serta tekanan darah. Bahkan penelitian di university of Itali menunjukkan data, bahwa anak yang sering mendapat pelukan dari orang tuanya akan lebih efektif sembuh dari depresi. Dan akan timbul rasa percaya dirinya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.

  2. Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak: Pelukan saat bayi baru lahir (inisiasi dini).

    Pelukan saat inisiasi dini, sesaat bayi terlahir ke dunia, akan mentransfer sejenis mikroorganisme. Hal itu akan membuat daya tahan tubuh bayi akan semakin kuat. Dan ketika pelukan dengan rasa sayang ini di teruskan hingga masa kanak-kanak dapat menjadikan pribadi anak yang tidak gampang stress. (Penelitian Journal of Epidemiology and Community Health).

  3. Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak: Pelukan dapat Membuat anak lebih cerdas.

    Memeluk anak, akan memunculkan hormon yang bernama endomorfin. Ini berfungsi untuk mengurangi saraf-saraf tegang dan juga tekanan darah. Yang artinya anak yang lebih banyak atau sering dipeluk oleh orang tuanya tentu akan terhindar dari stress. Semua aktivitas hariannya akan dijalani dengan lancar, termasuk ketika belajar di sekolah. Sehingga, ini bisa memudahkan anak-anak dalam berkonsentrasi dan menyerap pelajaran yang tentunya akan membuatnya menjadi lebih pintar dan cerdas. Bunda bisa memeluk anak saat bangun pagi, sebelum berangkat dan setelah pulang sekolah, lalu saat ingin tidur.

  4. Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak: Pelukan dapat membuat anak menjadi penyayang.

    anak yang sering mendapat belaian, sentuhan dan pelukan kasih sayang dari orang tuanya akan tumbuh menjadi anak yang penyayang. Dan pertumbuhannya sehat, nyaman dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Rahasia tersembunyi dari Manfaat pelukan bagi anak.

Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak

  1. Pelukan saat tidur.

    Meskipun berada di alam bawah sadar, pelukan orang tua saat tidur tetap dapat memerkuat bonding antara orang tua dan anak. Hal ini disebabkan karena saat mereka tidur, anak-anak masih berada dalam gelombang alpha. Dimana masih bisa untuk menerima rangsangan dan getaran dari perasaan cinta dan kasih sayang orang tuanya.

  2. Jumlah pelukan yang dibutuhkan per harinya.

    Melly Puspita Sari, Psi, psikolog yang juga penulis buku The Miracle of Hug. Beliau menyarankan untuk memberikan pelukan pada anak minimal 8 kali sehari. Hal itu untuk memberikan energi sehingga anak bisa beraktivitas dan mengoptimalkan potensinya.

    “Pelukan yang penuh kelembutan juga merupakan salah satu cara untuk membantu menyelesaikan masalah. Terutama pada anak yang berperilaku unik,” kata Melly.

  3. Keajaiban pelukan ayah.

    Tuntutan pekerjaan terkadang membuat ayah kehilangan waktu dengan anak. Pergi pagi ketika anak belum bangun dan pulang malam ketika mereka sudah beranjak tidur. Maka sempatkan waktu untuk mengobrol dari hati ke hati kemudian jangan lupa peluklah anak anda. Kedekatan  bisa terbangun dari sebuah pelukan walaupun tidak bisa bersama anak anda sepanjang hari.

    Ayah merupakan simbol dari keberanian, pelindung, dan juga kemandirian bagi seorang anak.

    Bahkan anak perempuan yang dekat dengan Ayahnya akan tumbuh sebagai pribadi yang tangguh. Tentu tak heran pula jika banyak para gadis kemudian berusaha mencari dan menikahi laki-laki pujaannya kelak. Yang memiliki sifat dan sikap seperti ayah yang dikaguminya.

  4. Keajaiban Pelukan bunda.

    Sedangkan pelukan dari bunda akan mentransfer sifar penuh kasih atau empati pada anak. Ibu itu figur afeksi, yang ketika anak sakit, ia akan memeluk anak maupun mengambilkan obat untuk anak. Anak yang sering mendapat pelukan bunda akan menjadi pribadi yang mudah memberikan kasih sayang atau rasa simpati kepada orang lain.

    Agar pelukan bunda berdaya penyembuh, sebelum memeluk anak, bunda perlu menyingkirkan hal-hal yang mengganggu pikiran. Seperti pekerjaan kantor yang belum selesai, urusan rumah tangga yang menumpuk, diet yang berantakan, dan rencana-rencana yang tertunda.

    Memberi pelukan dengan kepala dipenuhi oleh pikiran-pikiran semacam itu akan mengurangi energi dan kehangatan yang bunda berikan kepada si kecil. Sebab, saat memeluk si kecil, pikiran bunda tidak tertuju kepada si kecil, sehingga anak akan merasakan pelukan yang hambar.

  5. Pelukan saat anak melakukan kesalahan.

    Nasehati dan peluk anak walaupun sudah melakukan kesalahan, contohnya saja yang seringkali anak lakukan di rumah adalah mencorat-coret tembok. Hal pertama yang dilakukan orang tua adalah menanyakan alasan anak mencorat-coret tembok dengan intonasi yang lembut. Kemudian baru menegaskan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang tidak baik dilakukan.

    Terakhir, sebelum diberikan media untuk bercorat-coret di atas kertas, orangtua bisa memeluknya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai tanda bahwa orangtua tetap mencintai sang anak meskipun tadi intonasi berbicara meninggi.

    menurut Edward R.Christopherson.Ph.D, psikolog klinis dari Children’s Mercy Hospital and Clinics di Kansas City, AS. Pelukan lebih efektif dari pujian atau ucapan sayang. Hal ini karena membuat anak merasa dicintai dan dihargai. Bukan karena mereka telah melakukan sesuatu tapi karena dirinya apa adanya.

  6. Pelukan dapat Meredakan konflik.

    Tak hanya itu, pelukan yang tulus juga dapat menjadi media ampuh untuk meredakan konflik. Pelukan yang tulus juga dapat meluluhkan hati yang keras. Demikian menurut Penelitian Journal of Epidemiology and Community Health.

  7. Pelukan Sangat bermanfaat pada anak unik.

    Anak unik adalah istilah untuk anak yang hiperaktif seperti anak penderita autisme dan lainnya. Anak yang hiperaktif ini tentunya akan lebih sering memperlihatkan tingkah yang merengek dan juga berontak. Untuk itu Bunda dan juga Ayah, harus lebih sering memeluk anak yang memiliki sifat hiperaktif ini. Sekurang-kurangnya minimal 8 kali sehari.

    Saat mereka sudah mulai sulit untuk dikendalikan karena terlalu berontak, maka Bunda atau Ayah langsung memeluk dan mendekapnya. Jangan lepaskan hingga dia berhenti berontak dengan sendirinya. Cara ini sangatlah efektif untuk anak dengan sifat hiperaktif ini.

  8. Memeluk anak adalah sunnah Rasul.

    Bagi anda umat muslim, pelukan juga merupakan sunnah Rasul,lho. Yang ketika dikerjakan akan mendapatkan pahala.

    Rasulullah shalallaahu alaihi wassaam menyuruh Abdullah, Ubaidillah dan lain-lain dari putra-putra pamanya Al-Abbas ra. untuk berbaris lalu berkata,

    “Siapa yang lebih dulu sampai kepadaku akan kuberi sesuatu (hadiah).”

    Mereka pun berlomba-lomba menuju Rasul, kemudian duduk di pangkuan beliau, lalu rasul memeluk mereka dan menciuminya.

    Al-Aqraa bin harits melihat nabi Muhammad Saw. mencium Al-Hasan ra. lalu berkata,

    “Wahai Rasulullah, aku belum pernah mencium mereka.”

    Rasul bersabda: “Aku tidak akan mengangkat engkau sebagai seorang pemimpin apabila Allah telah mencabut rasa kasih sayang dari hatimu. Barang siapa yang tidak memiliki kasih sayang ,niscaya dia tidak akan disayangi.”

Tips cara memeluk anak yang benar.

Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak

Menurut Andrea Weiner, Ed.D., penulis buku More Than Saying I Love You: 4 Powerful Steps That Help Children Love Themselves,

Tips saat Orangtua memeluk anak yang baik dan benar Keajaiban Pelukan Orangtua Bagi Anak:

  1. Berlututlah atau menunduk hingga Anda dan si kecil sama tinggi.

  2. Dekap Anak dengan kedua tangan Anda menyelimuti seluruh tubuhnya hingga dadanya menyentuh dada Anda.

  3. Bebaskan tangan dari semua benda.

    Letakkan dahulu barang yang selama ini paling sering ada di tangan AndA. Seperti smartphone, tas, kunci rumah, atau kunci mobil. Dengan begitu, tangan Bunda tercurah seutuhnya untuk memeluk anak.

  4. Belailah anak anda dengan lembut.

  5. Peluklah dengan tulus dan jangan ragu.

    Bila Bunda memberi anak pelukan ragu-ragu, ia juga akan merasa bahwa Bunda kurang bersungguh-sungguh atau sekadar basa-basi saja. Sehingga, pesan yang kita ingin anak paham lewat pelukan, misalnya betapa kita menyayanginya, akan tidak tersampaikan dengan baik.

    Pelukan yang tulus juga dapat meluluhkan hati yang keras.

Nah, seberapa seringkah Bunda dan Ayah memeluk anaknya setiap hari? Silahkan anda jawab dengan mempraktikkan langsung ke anak-anaknya!

Salam bahagia..

Artikel sebelumnya membahas tentang: Apa itu Kepribadian AMBIVERT? Ciri dan kelebihan seorang AMBIVERT.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog