Kapan saat yang tepat bertemu Psikolog? Apa Harus Gila Dulu?

Diposting: 16 Agustus 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 1265 kali.

Penulis: Riswandi Alekhine

Profesi Psikolog identik dengan gangguan kejiwaan. Sehingga masyarakat awam banyak yang menghindar untuk bertemu atau berkonsultasi dengan Psikolog. Mereka kuatir dicap “orang gila” ketika berkonsultasi atau melakukan terapi dengan Psikolog.  Padahal kamu tahu gak siy, bahwa Psikolog itu gak melulu tentang gangguan kejiwaan, “orang gila” atau rumah sakit jiwa. Kapan saat yang tepat bertemu Psikolog?

Baca juga:

Mau tahu apa Perbedaan Psikolog dan Psikiater?

Kumpulan Biografi Psikolog Indonesia yang Terkenal.

Kumpulan Biografi Psikolog Dunia yang Terkenal dengan Karyanya.

Artikel dari PSYLine.id Psikologi Online Indonesia kali ini hanya ingin memberikan sedikit pencerahan. Bagi kamu yang belum begitu mengerti tentang manfaat bertemu Psikolog. Atau kapan saat yang tepat kita harus bertemu Psikolog. Tentunya tanpa harus menjadi “gila” terlebih dahulu.

Saat yang tepat bertemu Psikolog

Oleh karena itu, yuks simak kapan saat yang tepat bertemu Psikolog:

  1. Saat Galau Karena Cinta

    saat yang tepat bertemu Psikolog diputusin pacar
    Ini momen saat yang tepat bertemu Psikolog. Dimana kamu perlu Psikolog untuk menjadi partner diskusi tentang masalah cintamu. Terkadang perasaan-perasaan yang berlebihan saat jatuh cinta membuat kita kurang rasional. Apalagi saat dalam kondisi konflik dengan pasanganmu. Atau mungkin kamu tidak merasa yakin dengan pasanganmu.

    Memang Psikolog tidak memberi solusi langsung atas permasalahanmu. Tetapi Psikolog dapat membantumu untuk melihat dari sisi yang objektif terkait permasalahanmu dan kegalauanmu. Pada sisi lain, saat kamu curhat dengan Psikolog, hal ini menjadi release emosi yang positif. Hal ini dapat membuatmu merasa lebih baik secara psikologis.

  2. Saat Persiapan Menikah

    saat yang tepat bertemu Psikolog Persiapan Pernikahan
    Saat ini ada trend dimana pasangan yang ingin menikah melakukan konseling pranikah dengan Psikolog. Kenapa yah harus segitunya?

    Menikah itu tidak lah semudah yang dibayangkan. Menikah tidak hanya mempersatukan 2 orang tetapi juga mempersatukan 2 keluarga. Tentunya dengang latar belakang budaya yang berbeda. Disamping itu, menikah merupakan salah satu momen terpenting dalam hidup.

    Kita perlu mempersiapkan dengan sangat baik momen tersebut. Banyak lho, pasangan yang baru saja menikah kemudian langsung bercerai. Atau menderita dengan pasangannya.

    Oleh karena itu, sebelum melakukan pernikahan adalah saat yang tepat bertemu Psikolog. Konseling pernikahan yang dilakukan oleh Psikolog untuk membuat proses pernikahan ini menjadi lebih smooth.

  3. Saat Bingung Memilih Jurusan Kuliah atau Profesi Kerja

    saat yang tepat bertemu Psikolog Pemilihan Jurusan Kuliah atau Kerja
    Terkadang kita mengalami kesulitan dalam memilih jurusan kuliah atau profesi pekerjaan. Dalam kondisi inilah saat yang tepat bertemu Psikolog. Kamu perlu bertemu dengan Psikolog untuk memberikan pengetahuan mengenai hal apa yang menjadi minat atau bakatmu.

    Psikolog memiliki berbagai macam tools. Bagi masyarakat biasa disebut psikotes. Dengan serangkaian tes ini kamu akan mendapatkan gambaran tentang diri kamu yang konfrehensif. Gambaran mengenai apa yang menjadi kekuatanmu, kelemahan dan hal yang apa yang harus kamu perbaiki.

    Mungkin kamu belum merasa penting melakukan hal ini. Tetapi seiring dengan waktu, apalagi saat Kamu sudah bekerja, ada timbul penyesalan. Kenapa dahulu tidak mengambil jurusan A. Atau kenapa sekarang bekerja di profesi ini.

    Hal-hal ini akan membuatmu tidak bahagia dan membuatmu kurang memiliki motivasi dalam bekerja. Tentunya segala sesuatu akan menjadi lebih mudah jika kita menikmati pekerjaan yang kita lakukan. Dimana hal ini sesuai dengan minat dan bakat kita.

  4. Saat Belajar Parenting dan Ingin Membuat Keluarga Bahagia

    saat yang tepat bertemu Psikolog Parenting Keluarga Bahagia
    Hampir mirip dengan saat menikah. Memiliki anak merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan. Mendidik anak-anak bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi tidak ada sekolah tentang bagaimana cara yang tepat mendidik anak. Atau sekolah menjadi orang tua yang baik.

    Untuk kamu yang ingin belajar menjadi orang tua atau parenting, Kamu perlu hadir atau bertemu dengan Psikolog. Inilah saat yang tepat bertemu Psikolog untuk mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara mendidik anak. Pastinya dengan berdasarkan teori-teori psikologi. Biasanya pokok pembahasannya adalah tentang Psikologi Perkembangan dan Psikologi Pendidikan.

  5. Saat Ingin Mengenal Potensimu dan Menjadi Lebih Baik

    saat yang tepat bertemu Psikolog Menggali Potensi
    Kamu yang merasa sehat secara mental dan dalam kondisi yang hidup yang baik. Biasanya merasa kurang butuh bertemu dengan Psikolog. Mulai sekarang mindset ini harus dihilangkan yah.

    Apakah kamu tahu? Saat ini banyak Direktur atau senior management perusahaan besar menggunakan jasa executive coach. Yang mana profesi ini banyak dilakukan oleh Psikolog. Direktur tersebut berkonsultasi dengan Psikolog untuk mendapatkan feedback. Pendapat atas apa yang dilakukan dan apa yang akan dilakukan. Disamping juga terkait dengan masalah pribadi dan psikologis yang dialami oleh Direktur dan senior management tersebut.

    Atau apakah kamu tahu? Atlet olahraga memiliki Psikolog pribadi yang membantunya mencapai potensi terbaiknya. Banyak atlet yang gagal berprestasi bukan karena tidak mampu tetapi lebih karena gangguan mental dan psikologis yang dihadapinya.

    Baca juga:
    Lima Aspek Psikologi Olahraga Panahan yang harus diketahui Pemula.

    Manfaat Psikologi Olahraga Panahan bagi para Pemanah.

  6. Saat Kamu Tidak Memiliki Orang Lain Untuk Bercerita Tentang Masalahmu

    saat yang tepat bertemu Psikolog tidak ada teman curhat
    Ini adalah saat yang tepat bertemu Psikolog. Masalah-masalah yang tidak terselesaikan atau tersalurkan secara emosinal akan membuatmu frustasi. Semakin lama akan membuatmu menjadi depresi dan tentunya menggangu kehidupanmu.

    Banyak kejadian hal ini berakhir dengan bunuh diri. Seperti data WHO 2016 dimana setiap 40 detik orang didunia melakukan bunuh diri. Oleh karena itu, sebelum hal itu terjadi, kamu harus bertemu dengan Psikolog untuk membuatmu lebih baik.

    Baca juga:
    Bunuh Diri Pada Remaja Dapat Dicegah. Kenali 10 Tanda-tandanya.

    Asa atau Harapan adalah Penangkal Bunuh Diri yang Paling Ampuh.

  7. Saat Kamu Kecanduan Game, Sex, Narkoba atau lainnya

    saat yang tepat bertemu Psikolog Kecanduan Game
    Hal ini tentunya kamu sudah tahu bahwa kecanduan atau adiksi membuatmu terganggu meskipun kamu menikmatinya. Banyak kondisi hal ini berakhir dengan tidak bahagia. Saat-saat seperti ini adalah saat yang tepat bertemu Psikolog. Jika kamu ingin melepaskan jeratan kecanduan atau adiksi, Psikolog dapat membantumu mengatasi hal ini.

    Tentu saja hal ini kembali kepada masing-masing individu. Saat ini banyak Psikolog yang sudah fokus menangani hal ini dan sudah sangat spesialis. Para Psikolog membantu orang-orang yang terindikasi mengalami kecanduan atau adiksi. Untuk kamu yang sudah merasa terganggu dengan kecanduan dan adiksi tetapi sulit untuk keluar dari hal tersebut. Artinya kamu sangat perlu bertemu dengan Psikolog.

Pada jaman yang sudah kompleks ini, Psikolog tidak hanya menangani masalah “orang gila” saja. Tetapi sudah merambah pada setiap hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan manusia.

Psikologi sebagai dasar keilmuan Psikolog, memiliki banyak spesialiasi bidang studi yang menunjang keilmuan Psikolog. Dari yang menangani Industri dan Organisasi, Olahraga, Pendidikan atau Penyakit jiwa. Bahkan saat ini Psikolog sudah dilibatkan dalam operasi-operasi militer atau perang.

Oleh karena itu, kamu perlu menghilangkan paradigma bahwa orang yang bertemu dengan Psikolog hanyalah “orang gila”.

Sekarang adalah saat yang tepat bertemu Psikolog

Kamu tidak perlu menunggu menjadi “orang gila” untuk bertemu Psikolog. Psikolog dapat membantumu terkait dengan permasalah hidupmu selama berhubungan dengan manusia.

Namun Apabila Kamu memiliki masalah dengan sulitnya bertemu dengan psikolog. Dan ingin berbagi curahan hati Kepada Psikolog Professional PSYLine. Atau mungkin di Kotamu, kamu tidak tahu harus menghubungi siapa agar dapat konsultasi. JANGAN BINGUNG..

Kamu dapat Konsultasi di PSYLine.id. Psikologi Online Indonesia. Kamu bisa curhat dan berbagi masalahmu dengan Psikolog Profesional di bidangnya dan sudah berpengalaman. Jangan takut, rahasiamu 100% aman.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Semoga dengan membaca artikel ini, kamu menjadi paham tentang profesi Psikolog.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Fenomena Emak-emak Perang di Media Sosial atau MOMMY War.

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog