Deteksi dini Tanda Istri Sedang LELAH: Apa yang harus suami lakukan?

Diposting: 24 April 2017 | Kategori Artikel: Keluarga & Pernikahan

Dilihat: 3222 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Menjadi istri dengan berbagai peran tidaklah mudah. Apalagi kalau suami tidak faham dan tidak mau membantu meringankan pekerjaan rumah tangga. Tentu sangat melelahkan. PsyLine.id PsikologiOnLine akan membahas tentang Tanda Istri Sedang Lelah.

Jangan anggap remeh kelelahan. Sejumlah penyakit bisa menyerang saat tubuh terus menerus kelelahan. Bahkan pada sejumlah kasus, kekerasan ibu pada anak dipicu oleh kelelahan yang ia alami.

Ironisnya sebagian besar wanita tidak mau menyampaikan langsung kepada suami. Biasanya hal itu terjadi karena khawatir suami jadi marah, takut dianggap tukang mengeluh, takut dianggap lemah. Padahal sebenarnya kemampuan istri untuk mengurus rumah tangga juga terbatas, dan butuh pertolongan.

Pada kondisi demikian, sang suami perlu peka. Agar hal-hal negatif dan berbahaya tidak terjadi, para suami perlu mengetahui ciri-ciri dan tanda Istri Sedang Lelah. Dan segera mengambil peran untuk mengurangi atau menghilangkan kelelahan itu.

Tanda Istri Sedang Lelah.

Beberapa indikasi kelelahan istri yang bisa terdeteksi dari hal-hal sebagai berikut.

  1. Kurang keseimbangan.

    Jika suami melihat gula berceceran, diajak bicara tidak nyambung, ditanya anak tidak dijawab. Cobalah amati istri Anda. Jangan-jangan ia kehilangan keseimbangan yang dulu.

    Jika iya, ketahuilah itu Tanda Istri Sedang Lelah. Segera gantikan beberapa pekerjaannya sampai kondisinya bugar kembali.

  2. Uring-uringan.

    Pusing melihat istri yang uring-uringan terus? Bisa jadi, karena saat itu Tanda Istri Sedang Lelah telah sampai ke puncaknya.

    Suami perlu peka dan berupaya mendekatinya dan memberikan bantuan.

  3. Terlihat kusut dan tidak menarik.

    Pada saat belum menikah, istri tampak menarik, berdandan, wangi dan selalu rapi. Itu karena dia memiliki bayak waktu luang untuk memperhatikan dirinya.

    Tetapi setelah menikah dengan anda, kesempatan untuk merawat diri berkurang. Itu merupakan Tanda Istri Sedang Lelah.

    Hal itu disebabkan karena istri harus lebih memperhatikan anak-anak dan mengurusi kebutuhan anda. Terpikirkah anda tentang hal itu?

    Ketika istri menyadari kecantikan dan penampilannya menurun, ia akan semakin murung dan sedih.

  4. Tidak mampu berkonsentrasi.

    Saat anda pulang kerja tanyalah tentang kegiatan istri seharian tadi. Kalau ia mulai tidak nyambung lagi diajak ngobrol. Hal itu merupakan Tanda Istri Sedang Lelah mengerjakan pekerjaan rumah.

  5. Marah karena hal sepele.

    Anak-anak tidak mau merapikan mainan istri marah, buku-buku berserakan setelah dibaca ia marah, anak pulang agak terlambat istri marah juga.

    Padahal biasanya ia penyabar dan tidak mempermasalahkan persoalan seperti itu. Jika masalah sepele menjadi alasan untuk marah, berarti itu Tanda Istri Sedang Lelah.

  6. Suhu tubuh sering panas.

    Coba cek  aktivitasnya, mungkin terlalu banyak sehingga kelelahan. Menurut medis, turunnya imunitas adalah gejala nyata dari kelelahan.

    Saat kondisi lelah dan kekebalan tubuh menjadi lemah, maka virus dan bakteri akan mudah sekali masuk ke tubuh. Flu, batuk, demam akan memaksa tubuh untuk istirahat. Oleh karena itu jangan remehkan kelelahan istri, itu berarti Tanda Istri Sedang Lelah.

  7. Mudah tertidur.

    Baru diajak ngobrol tiba-tiba tertidur. Lokasi tidur pun tidak beraturan, di kursi, menaruh kepala di atas meja, di depan tv.

    Bahkan ketika saatnya akan berhubungan suami istri, sementara suami baru persiapan bersih-bersih diri, eh istri sudah bobo duluan. Kondisi ini menunjukkan Tanda Istri Sedang Lelah.

  8. Mendadak baper.

    Candaan memang cara ampuh untuk semakin merekatkan rasa cinta. Kalau tiba-tiba bahan candaan anda malah membuat istri merasa tersinggung bahkan sampai menangis.

    Suami  segeralah mengerti bahwa itu merupakan Tanda Istri Sedang Lelah dan sang istri mulai memiliki rasa jenuh di pikirannya.

  9. Saat tidur pun gelisah.

    Satu-satunya  waktu yang bisa digunakan sang istri untuk melepas lelah hanyalah pada waktu saat tidur malam. Namun pekerjaan yang menumpuk seharian pastinya membuat lelah yang berlebih sehingga kualitas tidur menjadi berkurang.

    Hal itu mempengaruhi kemampuan fisik yang mengakibatkan istirahat jadi tidak maksimal.

    Salah satu contoh dari Tanda Istri Sedang Lelah adalah tidurnya tidak nyenyak atau sering gelisah saat tidur.

Hal seperti ini jangan dianggap sepele bagi para sang suami. Namun sebaiknya segera ajak sang istri untuk refreshing kemudian manjakan sang istri di tempat spa kecantikan. Sebelum semuanya terlambat.

Apa yang harus dilakukan suami.

Para suami, untuk menghadapi situasi seperti yang tersebut di atas, para suami sebaiknya melakukan hal-hal di bawah ini:

  1. Berikan waktu dan siapkan dana untuk pergi ke salon.

    Seringkali istri bertanya apakah kulitnya sudah kusam atau hal lain tentang penampilan, ini adalah pertanda ia butuh perhatian anda.

    Antarkan ia ke tempat perawatan kecantikan tubuh, mungkin setelah itu kepercayaan diri sang istri akan muncul. Dan pastinya akan lebih menyayangi anda. Karena anda sudah mengerti apa yang ia butuhkan.

  2. Ajaklah PIKNIK ke tempat-tempat yang indah.

    Mengurus rumah tangga menjadikan istri lelah dan letih, semua itu rela ia lakukan agar penghuni rumah terurus dan bahagia. Terkadang setiap tetes keringatnya kurang mendapat apresiasi oleh para suami.

    Oleh karena itu hargailah jasa dan pengorbanan istri yang telah banyak membantu dalam kelangsungan hidup berumah tangga.

    Cobalah sedikit membantu meringkankan segala pekerjaan rumah, dan jangan lupa luangkan waktumu. Ajaklah sang istri menikmati pemandangan alam yang indah.

    Kalau ada dana khusus, pergilah ke lokasi yang agak jauh agar merasakan suasana lain sehingga sejenak melupakan pekerjaan rutin. Kalau memang dana anda menipis, cukup cari lokasi dalam kota saja tidak masalah, yang penting ganti suasana, yang penting PIKNIK.

  3. Berikan bantuan kecil.

    Ketika anda juga cukup sibuk dengan pekerjaan, rasanya membantu mengurus rumah tangga tak terpikirkan lagi. Tapi cobalah bantulah satu pekerjaan saja tetapi rutin dilakukan, misalnya membuang sampah.

    Istri akan merasa terbantu, setidaknya tidak merasa bekerja sendiri. Bila ada kelonggaran dana, carilah asisten untuk membantu pekerjaannya.

Demikianlah artikel tentang Tanda Istri Sedang Lelah. Semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua.

Salam bahagia..

Artikel sebelumnya membahas tentang: Tanda Istri sedang Marah dan Apa Penyebabnya serta Cara Menghadapinya.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog