Tanda Istri sedang Marah dan Apa Penyebabnya serta Cara Menghadapinya.

Diposting: 23 April 2017 | Kategori Artikel: Keluarga & Pernikahan

Dilihat: 4416 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Perempuan terkadang sulit dimengerti. Tindakannya tidak terduga setiap saat. Ada kalanya ia tiba-tiba diam seribu bahasa, di lain kesempatan bicara tak henti-henti. Terkadang begitu tegarnya menghadapi badai rumah tangga, terkadang begitu melankolis. Sedikit-sedikit menangis. Itulah Tanda Istri sedang Marah.

Hal ini disebabkan karena kaum perempuan adalah makhluk yang banyak menggunakan perasaan ketika berkomunikasi dan berinteraksi. Sehingga selalu ada sisi sensitif yang tidak terduga. Bahasa kekiniannya adalah Swing Mood.

Kalau kata anak sekarang sih Mood Swing. Mood swing adalah perubaan suasana perasaan dalam waktu singkat.

Mood swing itu adalah fase dimana kita mendadak bete. Soalnya mood swing biasanya memang keadaan yang membuat diri Kita mendadak tidak nyaman melakukan apapun.

Menjalani pernikahan terkadang terasa seperti rutinitas yang menjemukan. Apa lagi bila tidak ada keinginan yang sama dari pasangan untuk selalu belajar dan memperbaiki hubungan. Tak jarang percekcokan terjadi hanya disebabkan kurang komunikasi dan salah paham semata.

Sebagian besar suami tidak tahu pasti kalau istrinya sedang kesal atau marah. Banyak suami yang cuek atau tidak peka tidak tahu apakah istrinya sedang kesal atau tidak.

Istri merasa, sang suami semakin cuek, tidak mempedulikan dirinya, tidak mengerti kebutuhannya, tidak paham keinginannya.

Sementara itu sang suami menganggap istrinya terlalu banyak menuntut dan manja. Ia memilih bersikap mengalir saja, karena merasa tidak bisa mengerti keinginan istri.

Apabila istri sudah merasa diabaikan oleh suami, ia akan memendam kekecewaan. Ini seperti bom waktu, menunggu saat yang tepat untuk meledak apabila suami tidak cepat tanggap.

Wahai suami, pahamilah istrimu!

Tanda Istri sedang Marah.

Kenali tanda-tanda berikut sebelum masalah kecil menjadi melebar hanya karena ketidakpekaan suami menangkap sinyal-sinyal  berikut ini.

  1. Tanda Istri sedang Marah adalah Menjawab dengan singkat.

    Apakah anda pernah bercerita panjang lebar dan penuh semangat tetapi tidak ada respon sedikitpun dari istri? Andapun mulai memancing dengan pertanyaan, tetapi jawabannya tetap yes dan no saja.

    Kalau ada tanda-tanda di atas sebaiknya anda bersiaga satu. Keadaan itu adalah sebuah sinyal BAHAYA yang diberikan istri agar anda tahu kalau ia sedang tidak berkenan.

  2. Tanda Istri sedang Marah adalah Diam seribu bahasa.

    Menurut para ahli, kaum perempuan mampu memproduksi dua puluh ribu kosa setiap hari. Berbeda dengan lelaki yang hanya memproduksi tujuh ribu kosa kata setiap hari.

    Jadi, janggal sekali apabila istri anda tiba-tiba tidak berminat untuk berbicara, padahal biasanya sulit dihentikan. Apalagi kalau menyangkut hal-hal yang ia sukai.

    Tidak ada komplen, tidak ada komentar, pertanyaan, apalagi jawaban.

    Ini sebuah pertanda istri tengah meminta perhatian. Diamnya dalam waktu lama, pertanda istri  sedang tidak bahagia, tidak nyaman, dan butuh perhatian.

  3. Mendadak pemarah.

    Apabila biasanya istri anda seorang penyabar, lalu hanya karena kesalahan kecil yang dilakukan anak ia jadi marah besar. Sebaiknya ingat-ingat apa kesalahan Anda.

    Biasanya istri memendam amarah kepada para suami tetapi menunggu anda untuk sadar akan kemarahannya. Tetapi karena suami tak kunjung merasa, ia lampiaskan kemarahannya pada orang-orang disekitarnya. Sasaran utamanya adalah anak.

    Segeralah mengambil peran untuk menjaga anak, mungkin ia lelah menjaga anak sendirian.

  4. Tanda Istri sedang Marah adalah Tidak Memperhatikan Penampilan.

    Sudah kodratnya kalau perempuan itu senang berdandan dan berhias diri. Lebih memperhatikan apa yang ia pakai. Termasuk juga menentukan apa yang pantas dan tidak bagi bagi anda dan anak-anak ketika ada acara di luar rumah.

    Nah, kalau biasanya istri anda konsen dengan penampilan tetapi tiba-tiba begitu apa adanya, ia sedang menunggu perhatian anda. Dekati dan bertanyalah ada apa gerangan.

  5. Tanda Istri sedang Marah adalah Adegan banting perabot.

    Apakah pernah mendengar suara-suara gaduh di dapur akibat panci, piring, sendok bergesekan secara terus menerus?

    Nah, inilah saatnya anda sigap untuk membantu istri membereskan rumah.

    Pertanda ia sudah lelah karena pekerjaan rumah tak kunjung selesai dan anda hanya sibuk dengan diri sendiri. Ini sangat menjengkelkan bagi istri, ia merasa sendirian dan tidak diperhatikan.

  6. Tanda Istri sedang Marah adalah Sindiran halus.

    Sepanjang hari istri bercerita terus tentang kisah-kisah cinta romantis dalam film yang ia tonton. Nah, inti pertanda bahwa anda kurang romantis. Istri berharap seandainya kisah cintanya sama dengan yang terjadi di film.

    Apa yang harus anda lakukan?

    Belikan sesuatu yang membuat istri senang, bunga, coklat, lipstik, parfum,kerudung merah jambu atau apa saja. Berilah dia sesuatu yang membangkitkan kenangannya saat pertama berkenalan dengan anda dahulu.

Hal diatas adalah hanya tanda-tanda kecil saat Istri Anda marah. Masih banyak lagi tanda-tandanya, seperti, saat kita pulang ke rumah, tampaklah aquascape Anda dipenuhi oleh sandal dan sepatu. Itulah tanda-tanda bila Istri Tercinta kita sedang marah atau bete.

Penyebab Istri Kita Marah.

Setelah kita tahu jika Istri tercinta kita sedang marah, berikut ini adalah penyebab umum mengapa Istri tercinta kita marah.

  1. Uang bulanan sudah menipis.

    Masalah keuangan terkadang membuat istri menjadi sensitif. Disenggol masalah uang langsung istri cemberut dan tak henti-hentinya bicara dan malah melebar kemana-mana.

    Hal itu artinya kebutuhan rumah tangga  masih banyak tetapi dana sudah menipis. Segeralah suami mencari akal untuk mencari rejeki tambahan, agar rumah tangga tidak limbung.

  2. Cemburu.

    Suatu hari anda mengajak istri ke acara reoni SMA atau gathering keluarga dari kantor anda bekerja. Tiba-tiba ia diam membisu.

    Hal Itu pertanda ia sedang merasa sendiri. Cobalah tetap fokuskan perhatianmu ke istri meski sedang berkumpul dengan teman lama.

    Apalagi kalau ada kehadiran orang yang pernah dekat dengan anda di masa lalu. Jangan menambah rasa cemburunya, ya. Pasti istri anda akan lebih cemberut.

  3. Kangen tapi malu.

    Suatu hari Anda ditugaskan untuk ke luar kota dalam beberapa hari. Ketika anda hubungi istri, pertanyaan anda hanya dijawab singkat dan padat. Sepertinya tidak suka anda hubungi.

    Itu tandanya ia sedang merindukan anda. Kalau memang anda benar-benar tidak bisa diganggu, saat break atau makan siang sempatkan menelepon.

    Sering-seringlah mengabari anda sedang melakukan apa, dan menanyakan keadaan anak-anak. Walaupun hanya sepele tetapi perhatian kecil tersebut sangat berarti untuknya.

  4. Salah bicara.

    Terkadang anda terlibat dalam suatu pertemuan keluarga besar, atau sekedar kunjungan rutin keluarga setiap hari libur. Saat mengobrol tiba-tiba istri memberi kode rahasia kepada ada, seperti berkedip-kedip, menyenggol kaki atau tangan anda saat anda berbicara.

    Ini pertanda  ia sedang mengingatkan anda ada perkataan atau perilaku anda yang kurang benar dimatanya.

    Ingat-ingat dengan baik apa yang terjadi sebelum anda diberi kode tersebut dan segera perbaiki. Kalau anda sendiri juga bingung, segeralah mundur ke tempat lain. Tentu saja beserta istri anda. Utarakan dan tanyakan apa yang membuatnya tidak nyaman tadi.

  5. Datang Bulan.

    Beberapa hari ini istri terlihat murung, banyak mengeluh sakit di sekujur badan,muka terus menerus cemberut. Apa yang anda lakukan selalu salah di matanya, uring-uringan tidak jelas. Padahal 10 tanda di atas tidak mengindikasikan kesalahan ada pada diri anda.

    Nah, sebaiknya cek dulu. Apakah ia sedang kedatangan bulan?

    Kalau iya cukup ditanggapi dengan lapang dada. Anda tidak perlu ikut tersulut emosi. Karena masa itu akan segera belalu dengan sendirinya.

    Tetaplah sabar dalam menghadapinya. Jadi sabar saja, Bapak! Bulan pasti berlalu.

 

Look, Listen, and Link.

Memberikan perhatian kepada istri itu mudah, tinggal anda mau atau tidak berusaha melakkannya. Pada prinsipnya ada 3 hal yang harus anda perhatikan.

Mengutip dari tulisan Cahyadi Takariawan penulis serial Wonderful Family,  Prinsipnya adalah 3 L, yaitu Look, Listen dan Link.

  1. Look.

    Lihat kondisi istri secara langsung.
    Jika istri sedang menampakkan tanda butuh perhatian, datangilah! Temanilah! Perhatikanlah dirinya!

    Jika perlu, ambil cuti kerja demi menemani istri sehari atau dua hari secara penuh.

    Tanyakanlah apa yang menjadi beban pikirannya atau ganjalan hatinya. Mintalah ia untuk bercerita apa saja. Sampaikan bahwa anda siap untuk membahagiakannya.

  2. Listen.

    Dengarkan semua isi pembicaraan istri.
    Jangan memotong! Jangan menyela! Dan Jangan menginterupsi!

    Di saat seperti itu, istri tengah memerlukan kanal perhatian yang istimewa. Biarkanlah ia bercerita tentang apa saja.

    Mendengarkan dengan saksama, memperhatikan pembicaraannya, membuat istri merasa mendapat perhatian istimewa dari suami.

    Apalagi saat suami bersedia menemani dan membersamai kegiatan istri, sambil mendengarkan semua keluh kesah istri. Ini akan sangat membantu istri meringankan beban perasaan dan pikirannya.

  3. Link.

    Berikan tindak lanjut berupa kanal yang positif.
    Tidak cukup hanya dengan didengarkan, karena bisa jadi ada persoalan serius yang memang memerlukan penyelesaian secara konkret. Segera lakukan tindakan berikutnya yang diperlukan, untuk menunjukkan bahwa memang anda serius memperhatikan dirinya.

    Kanal ini sangat penting untuk membuat istri merasa nyaman, karena mendapatkan penyelesaian praktis sesuai yang diharapkan. Tentu saja, memberikan perhatian kepada istri adalah bentuk dan wujud cinta suami terhadap istri.

    Hal itu harus dilakukan sepanjang waktu, tanpa harus menunggu istri menampakkan gejala butuh perhatian. Jika anda sudah rutin memberikan perhatian terhadap istri, tanda-tanda tersebut tidak akan ada pada istri anda.

Yakinlah bila anda berusaha memahami dan memberi perhatian istri, ia juga akan memberikan cinta yang berlipat-lipat. Bukan hanya kepada anda, tetapi anak-anak, keluarga besar bahkan sahabat dan orang-orang yang anda sayangi.

Bahkan ada ungkapan satir yang berbunyi:

“Setinggi apapun Jabatan di kantormu, setinggi apa tingkat pendidikanmu. Bila sampai rumah dan istri sedang marah maka jadilah kamu mendadak bodoh!”

Istrimu adalah pakaianmu. Berikan apa yang pantas ia dapatkan. Kesulitan yang anda hadapi dunia ini akan lebih mudah bila setiap pasangan kompak dan saling memahami. Sehingga terjadi keseimbangan dalam berumahtangga. PsyLine.id Psikologi Online mengucapkan selamat menempuh hidup baru.

Selamat mencoba dan Salam Bahagia..

Artikel sebelumnya membahas tentang: Musik dan Psikologi: Musik dapat mempengaruhi kesehatan jiwa Manusia.

 

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog