Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Teman Curhat Itu Penting

Gaya Hidup & Sosial | 2239 Views

Teman Curhat Itu Penting! Cari Tahu Pentingnya Bagi Setiap Orang.

20 Juni 2017 | Penulis: Wulan Arumbi

Curhat sudah dianggap sebagai salah salah satu obat galau yang cukup ampuh untuk meringkankan beban masalah. Teman curhat sangat dibutuhkan. Karena dianggap bisa meringankan masalah meski tidak selalu memberikan solusi. Maka daripada itu, Teman Curhat Itu Penting.

Curhat menjadi salah satu yang paling sering dilakukan oleh banyak orang, wanita maupun pria. Ketika seseorang mulai bercerita pada teman curhatnya, itu akan membuat perasaan lebih lega. Hal itu dikarenakan kita tidak harus memendam masalah kita sendiri.

Teman Curhat Itu Penting Bagi Setiap Orang Menurut Para Ahli

Teman Curhat Itu Penting Bagi Setiap Orang menurut pendapat para ahli:

  • Menurut psikolog klinis dan psikoterapis Henny Wirawan

    Menurut Beliau, ada sejumlah keuntungan memiliki sahabat yang bisa menjadi tempat curhat.

    “Memiliki sahabat adalah salah satu kekayaan batin manusia. Persahabatan menjadikan manusia lebih sehat mental. Karena di dalam persahabatan setidaknya dua orang dapat berbagi. Yaitu berbagi suka maupun duka, berbagi cerita maupun materi,” ungkap Henny. Sumber: detikHealth dan ditulis pada Kamis (29/1/2015).

    Tujuan dari persahabatan adalah untuk berbagi rasa dan pengalaman hidup. Tentu nikmat jika ada dukungan sosial dari orang-orang dekat, terutama di saat-saat sulit. Terlebih sahabat-sahabat inilah yang sesungguhnya paling dapat diandalkan di dalam segala keadaan.

    “Berbahagialah mereka yang memiliki sahabat di kala sukar. Bukan cuma sahabat atau teman tawa di dalam kesenangan yang mudah ditemukan di mana-mana.” imbuh Henny.

  • Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan M. Subuh

    Beliau menekankan pentingnya upaya memahami lebih dalam tentang depresi agar dapat menemukan cara menanggulanginya. Serta pentingnya dukungan bagi orang-orang yang mengalami depresi dengan menemani dan menyemangati. Serta juga mendengarkan tanpa menghakimi.

    “Tanpa kita sadari sebenarnya curhat itu penting, untuk exhaust. Mengekspresikan perasaan bisa mengurangi beban masalah kejiwaan.” Ujarnya.

    “Orang yang mengalami depresi itu merasa dirinya tidak baik,sementara orang-orang di sekitarnya tidak peka. Padahal orang yang depresi itu sedang sakit dan membutuhkan bantuan kita untuk sembuh dari penyakitnya.” Tuturnya.

  • Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia Diah Setia Utami

    Beliau menyatakan bahwa masyarakat bisa membantu orang-orang yang mengalami depresi dengan mendengarkan mereka berbicara. Serta membuka wawasan bahwa di sekitar mereka ada harapan dan banyak orang yang ingin membantu mereka.

    Beliau juga sangat berharap agar stigma depresi di masyarakat bisa dikurangi bahkan dihilangkan. Karena hal tersebut justru menjadi penghambat upaya seseorang menolong dirinya keluar dari situasi depresi. Bahkan justru memperparah keadaan.

    “Seringkali mereka tahu ada yang terjadi dalam dirinya, tapi seringkali merasa rakut salah menyatakan perasaan. Terkadang mereka sudah bicara tapi tidak didengarkan, malah dinasehati, atau disalahkan. Itu justru memperparah keadaan,” katanya.

    Secara umum, yang dibutuhkan adalah pendengar yang baik. Utamanya adalah tidak memotong pembicaraan, bukan malah menasehati apalagi menyalahkan.

    “Tidak memotong pembicaraan, bersifat mendukung, bisa memahami, dan reflective listening. Harus benar-benar bisa menjadi orang yang bisa mendengar, bukan hanya mendengar tapi memperhatikan,” tambahnya.

Menyimak itu bukan hanya memakai telinga saja untuk mendengar, tetapi juga menggunakan indera lainnya. Seperti mata untuk melihat gerak tubuh dan ekspresi. Hati untuk berempati terhadap apa yang dikatakan. Serta pikiran untuk mengkoneksi setiap kata dan ucapan.

Hal-hal yang membuat Teman Curhat Itu Penting Bagi Setiap Orang

Hampir setiap orang pernah melakukan curhat, baik itu tatkala mendapatkan kegembiraan, apalagi menghadapi kecemasan. Hal sederhana yang dilakukan semua orang ternyata memiliki manfaat yang besar karena dapat menghindarkan seseorang dari depresi.

Berikut hal-hal yang membuat teman curhat itu penting bagi setiap orang:

  1. Meringankan Masalah

    Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika teman curhat membantu kita meringankan masalah yang sedang dirasakan. Ketika kita menemui masalah entah itu masalah asmara, kuliah, keluarga atau masalah sosial. Kita akan sangat senang jika mempunyai orang yang bisa mendengar keluh kesah Kita dengan baik.

    Orang tersebut tidak selalu memberikan solusi, namun sudah pasti bisa meringankan masalah secara psikologis. Jadi cobalah mulai mencari teman yang tepat agar Kita bisa berbagi cerita dan keluh kesah. Hal itu dapat meringankan masalah yang sedang Kita rasakan.

    Namun jangan sampai terjebak curhat dengan teman beracun.
    Baca juga:
    Apa itu Teman Beracun? Waspada dan Kenali Ciri Teman Beracun.

  2. Sarana Berbagi

    Sebenarnya curhat tidak harus mengenai topik yang menyedihkan atau galau saja. Kita bisa berbagi cerita bahagia bersama teman curhat Kita. Semakin sering Kita berbagi cerita bersama teman curhat, maka itu akan berubah menjadi hobi.

    Ketika Kita tidak bertemu dengan teman curhat, maka Kita merasa ingin cepat bertemu kembali. Hal tersebut sudah menunjukkan jika Kita sudah kecanduan dengan kegiatan curhat. Maka curhat sudah berubah menjadi hobi.

  3. Menambah Keakraban

    Semakin sering Kita bercerita pada teman Kita, maka hubungan Kita dengan dirinya akan semakin akrab. Kita dan dirinya memiliki banyak cerita dan masalah yang sudah dibagi bersama-sama. Hal itu itu membuat Kita merasa dekat dengan teman tersebut.

    Semakin dekat Kita dengan teman curhat, maka semakin dalam masalah atau cerita yang bisa Kita bagikan. Susasana akrab dan tidak canggung akan terbentuk secara alami saat Kita mulai berbagi cerita.

  4. Aktivitas Wajib Saat Berkumpul

    Sadar atau tidak, ketika Kita berkumpul dengan geng Kita, maka selalu ada sesi curhat bersama. Mereka yang juga adalah teman curhat Kita, sudah pasti tidak ketinggalan. Mereka akan mendengarkan dan memberi solusi terbaik untuk segala masalah yang sedang didiskusikan.

    Dan dipertemuan selanjutnya, teman curhat yang baik akan menanyakan kembali keadaan Kita. Bagaimana kondisi Kita dan progres dari masalah Kita.

  5. Kebiasaan

    Sudah terbukti jika seseorang curhat pada temannya, bukan semata-mata hanya cerita saja. Namun melalui curhat tersebut, Kita sedang mencari pasukan untuk merasakan galau bersama.

    Ketika putus cinta, Kita akan curhat habis-habisan bersama teman-teman. Teman yang terbawa suasana akan mengingat memori yang sama dengan yang sedang Kita rasakan. Pada akhirnya Kita dan beberapa teman curhat akan merasakan galau bersama. Dengan begitu Kita merasa lebih lega karena tidak hanya Kita yang merasakan galau seperti itu.

Yah..Namanya juga kehidupan, tentu tak lepas dari aneka masalah. Jika tidak pandai-pandai mengelola permasalahan yang datang, maka stress dan depresi yang didapat. Alhasil Kitapun jadi lebih mudah sakit akibat imunitas tubuh yang turun.

Tahukah Kita bahwa ada beberapa hal tentang tatacara curhat yang baik dan benar? Kita bisa mencari tahu cara curhat yang baik dan benar di:
5 Langkah Cara Curhat yang Baik dan Benar, yang Patut Dilakukan.

PsyLine.id Psikologi Online Indonesia bisa menjadi Teman Curhat karena Teman Curhat Itu Penting

Jika sedang ada masalah, ada baiknya curhat ke sahabat. Karena selain bikin mental lebih sehat juga bisa bikin panjang umur. Namun apabila kita bingung akan curhat kepada siapa, kita bisa saja melakukan curhat secara online.

Teman curhat itu penting secara online yang bisa kita gunakan adalah di PsyLine.id Psikologi Online Indonesia. Kita bisa berbagi cerita kepada Psikolog berpengalaman pada bidangnya. PsyLine.id adalah sebuah situs Psikologi Online Indonesia yang membantu kita yang membutuhkan. PsyLine.id  menjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu kita menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

CONTEXT Konsultasi Psikologi Online Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam bahagia.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan