Tips Psikologi: Cara Menghadapi Situasi Tak Nyaman Agar Semakin “Kece”

Diposting: 27 Agustus 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 2023 kali.

Penulis: Riswandi Alekhine

Artikel dari PSYLine.id Psikologi Online Indonesia kali ini tentang  tips Psikologi yang akan membantumu dalam kehidupan sehari-hari. Tips Psikologi ini dirangkum dari berbagai sumber yang relevan dan terpercaya. Dan tentunya dengan harapan dapat berguna bagimu. Mari kita langsung saja yuks bahas tips Psikologi-nya:

Tips Psikologi: Cara Ampuh Menghadapi 5 Situasi Agar Kita Semakin “Super Kece”

Cara Ampuh Menghadapi 5 Situasi Agar Kita Semakin “Super Kece”. Kelima situasi itu adalah sebagai berikut:

  1. Tips Psikologi 1: Stalker Detector

    Tips Psikologi Cara Menghadapi Situasi Tidak Nyaman dengan menguap
    Kadang ada saja orang-orang yang iseng. Mereka sering memperhatikan kita atau mengikuti kita. Orang-orang kepo ini bisa memiliki niat baik, entah ingin PDKT atau lainnya. Akan tetapi ada juga yang memiliki niat yang tidak baik.

    Nah untuk mewaspadai hal-hal yang tidak baik ini. Kita perlu tips Psikologi untuk memastikannya. Benar gak sih ada yang memperhatikan kita atau mengikuti kita.

    Nah cara untuk memantau siapa saja yang Stalking kita adalah sederhana sis dan bro. Yaitu dengan “MENGUAP”. Yup dengan menguap.  Kenapa begitu?

    Karena menurut penelitian menguap itu menular. Bahkan simpanse pun yang melihat secara tidak langsung (melalui televisi) ikut menguap. Ketika ditayangkan simpanse lain yang sedang menguap.

    Lalu kemudian, apa hubungannya?

    Hubungannya adalah, jika kamu merasa ada yang memperhatikan dan mengikuti, silahkan menguap yang panjang. Kemudian setelah selesai, perhatikan disekelilingmu. Jika ada yang menguap juga, kemungkinan besar orang tersebut adalah orang yang memperhatikan atau mengikuti kamu.

    Tentu saja hal ini tidak bisa diterapkan untuk orang yang stalking medsos kamu yah. Karena mereka tidak memperhatikanmu saat kamu menguap.

  2. Tips Psikologi 2: Saat Susah untuk Membelah Kerumunan

    Tips Psikologi Cara Menghadapi Situasi Tidak Nyaman Membelah kerumunan
    Ada saat kita begitu kesulitan lewat di keramaian. Karena begitu banyak orang berkerumun dan bergerak sesuai dengan kepentingannya masing-masing. Ada beberapa yang berusaha membelah kerumuman dengan berteriak. Serta melakukan sikap sopan dengan berkata “permisi”.
    Akan tetapi hal-hal seperti ini tidak efektif untuk membelah masa yang berkerumun. Karena perkataan kita tidak akan terdengar dengan jelas dan mereka tidak peduli dengan apa yang kita katakan. Untuk itu perlu tips Psikologi yang sederhana untuk dapat membelah kerumunan.

    Tips psikologinya adalah dengan menatap atau memandangi jalur yang akan kita lewati. Kok semudah itu? Kita sering lupa bahwa bahasa sederhana adalah gerak tubuh. Gerak tubuh itu termasuk juga pandangan mata lho guys.

    Disaat kondisi berkerumun, maka bahasa verbal menjadi kompleks untuk dicerna oleh orang-orang. Mereka akan sibuk dengan kepentingan masing-masing. Cukup dengan memberikan “lampu sen (sign)” kemana kita akan bergerak. Tanda itu dengan pandangan mata secara natural. Orang akan memahami dengan sederhana tujuan kita melangkah. Sehingga mereka akan memberikan ruang untuk kita bergerak.

  3. Tips Psikologi 3: Meredam Agresifitas dengan Kekuatan Makanan

    Tips Psikologi Cara Menghadapi Situasi Tidak Nyaman Power of Makan
    Tips Psikologi ini terjadi dari situasi nyata. Dimana ada 2 orang berkelahi kemudian tiba-tiba mereka berhenti. hanya karena ada seseorang yang lewat ditengah mereka dengan mengemil makanan. Mereka berhenti dan tidak melanjutkan perkelahian tersebut.

    Atas kejadian itu, ada penelitian yang membahas sisi positif situasi “makan” untuk meredam sisi agresif manusia. Menurut penelitian, manusia akan berkurang sisi agresifnya dan merasa damai serta bersahabat saat dalam kondisi makan.

    Nah dalam dunia bisnis dan politik, hal ini sering dilakukan lho. Banyak sekali deal bisnis dilakukan saat makan, baik makan siang ataupun makan malam.

    Hal ini juga dilakukan lho oleh Presiden Indonesia Jokowi saat menjadi walikota Solo. Waktu itu beliau ingin memindahkan ‘pasar dadakan’ yang semrawut ke tempat baru yang lebih rapih. Tetapi ada penolakan. Jokowi kemudian melakukan lobi makan bersama para pedagang dan petgas yang terkait selama lebih dari 30 kali. Akhirnya para pedagang luluh dan setuju untuk berpindah lokasi.

    Kamu juga bisa kok menerapkan hal ini ke pasangan kamu yang sedang ngambek atau marah. Coba aja traktir makan malam berdua, pasti deh lebih cair dan damai.

  4. Tips Psikologi 4: Saat Menghadapi Boss atau Rekan Kerja yang Menyebalkan

    Tips Psikologi Cara Menghadapi Situasi Tidak Nyaman Boss Galak
    Salah satu yang membuat stres kerja itu bukan hanya tentang pekerjaan tetapi juga sisi sosial kantor. Hubungan kamu dengan atasan atau rekan kerja sangat berpengaruh sekali dengan stres kerja.
    Menurut penelitian, 80 persen karyawan yang meninggalkan kantor alasannya karena atasan dan atau rekan kerjanya. Jika kamu tidak bisa meng-handle Boss Mu, apalagi ditambah hubunganmu dengan rekan kerja juga buruk. Maka kelar hidup Lu lho guys.

    Oleh karena itu, kamu perlu tahu tips psikologi untuk menghadapi Boss atau dan rekan kerja yang mengesalkan.
    Cobalah hal berikut ini:

    • Untuk Menghandle Boss:

      Kamu hanya perlu duduk disampingnya saat meeting atau saat berbicara. Hindarilah berhadap-hadapan dengan atasanmu. Posisi disamping adalah posisi yang tepat. Karena secara natural, ini adalah posisi “ally” atau bersahabat.
      Oleh karena itu, duduk disamping boss akan mengurangi agresitifitas Bossmu ketika ingin “menyerang” saat meeting.

    • Untuk Menghadapi Rekan Kerja:

      Cobalah untuk meminjam sesuatu barang yang sepele. Misalnya, meminjam bolpoin, penghapus atau papper klip. Dengan meminjam hal sepele tersebut, mereka akan beranggapan bahwa Kamu nyaman dengan mereka.
      Bila hal tersebut kamu lakukan, temanmu akan mempersepsikan kamu sebagai kawan bukan sebagai lawan yang harus diserang. Tapi perlu diingat, jangan meminjam uang lho ya guys. Karena akan menambah persoalan lagi dengan mereka dikemudian hari.

  5. Tips Psikologi 5: Mengatasi Minder dengan Eye Contact

    Tips Psikologi Cara Menghadapi Situasi Tidak Nyaman Minder lawan bicara
    Tips Psikologi ini cocok untuk kamu yang malu atau grogian saat berkomunikasi dengan lawan bicara. Kamu hanya perlu melakukan hal sederhana. Yaitu dengan memperhatikan warna mata lawan bicaramu. Namun lakukan sambil tersenyum ya guys.

    Jadi kamu melakukan “aktifitas” saat kamu melakukan eye contact dengan lawan bicaramu. Aktifitas yang dimaksud ini adalah memperhatikan warna mata lawan bicaramu. Nah hal ini diharapkan akan membuat kamu lupa akan malu dan grogianmu saat menatap lawan bicara.

Mudah-mudahan tips Psikologi tersebut dapat diterapkan dan berguna untuk Kita. Agar hal ini akan membuatmu semakin “Super Kece” dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, hal ini dapat membuatmu sehat secara mental.

Namun bila kamu ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas. Dan kamu ingin berbagi cerita curahan hati. Kamu dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untukmu.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama PSYLine untuk bersama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook PSYLine.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam Bahagia!

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Perencanaan Karir: Cara Untuk Mengenali Passion yang Hilang.

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog