Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia Sekarang Juga

Klinis & Kepribadian | 2643 Views

Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia Sekarang Juga.

9 Juni 2017 | Penulis: Wulan Arumbi

Kebahagiaan adalah perasaan universal yang kita semua ingin alami sebanyak mungkin. Tetapi, mengapa perasaan marah, murung, dan depresi justru yang sering kita alami? Memang, berbahagia itu sebuah pilihan. Untuk itu Artikel dari PsyLine.id Psikologi Online Indonesia tentang 7 Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia.

Anehnya, beberapa orang masih saja berjuang untuk mencari kebahagiaan. Mungkin ketika di tangan mereka sudah ada hal-hal yang sudah cukup untuk membuat mereka merasa bahagia. Orang-orang seperti ini membutuhkan “motivasi” untuk menjadi merasa bahagia.

Kebanyakan orang menjadi bahagia sesuai dengan apa yang mereka pikirkan.
–Abraham Lincoln

Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia itu Begitu Penting

Kebanyakan orang lupa bahwa kebahagiaan adalah perasaan positif dari dalam diri mereka sendiri. Kebahagiaan bisa terkikis oleh berbagai perasaan negatif yang muncul akibat  malapetaka, musibah, kehilangan, atau berbagai sebab lainnya. Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia.

Terkadang Kita lebih sering muncul pemikiran negative kita sendiri. Kita membayangkan atau mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi. Meskipun kita terkadang lalai untuk menumbuhkan kebahagiaan dalam diri sendiri, merasa senang secara intrinsik adalah penting.

Menambahkan rasa senang dalam hal apapun bisa menambah dampak baik serta manfaat dari segala hal. Hal tersebut termasuk membuat hati menjadi lebih kasih, membuat kita menjadi lebih sehat secara fisik maupun emosional. Dengan rasa senang,kita menjadi lebih kreatif, cerdas, energik serta menjadi menyenangkan orang lain. Sehingga membawa kita menjadi lebih sukses secara ekonomi.

Hanya sedikit manusia hidup terisolasi sendiri. Pada umumnya manusia memiliki teman, keluarga, mitra usaha, rekan kerja, rekanan bisnis yang berinteraksi dengan mereka setiap hari. Rasa bahagia atau rasa senang pada akhirnya sangat mungkin membawa mereka. Orang-orang yang berinteraksi, juga merasa senang. Itulah Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia.

Kebahagian berinteraksi dengan seseorang sangat mungkin akan membuat orang tersebut juga merasakan bahagia. Jika itu teman maka kita akan menjadi lebih diterima. Apabila mereka adalah mitra kerja atau mitra bisnis maka berbagai peluang sangat mungkin akan diberikan kepada kita.

Alasan dasar mengapa merasa bahagia begitu penting adalah bahwa merasa bahagia tersebut mampu untuk lebih membawa kita untuk mencapai tujuan.  Dengan menjadi bahagia, kita memiliki lebih banyak potensi untuk  mengubah kehidupan kita sendiri maupun orang lain.

Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia, Karena Rasa bahagia itu bisa menular pada orang lain.

Begitupun rasa sedih, kecewa serta marah juga bisa mempengaruhi orang lain. Kebahagiaan mampu menular dan memberi pengaruh pada sikap orang kepada kita. Kalau kita bahagia, hal tersebut akan terbawa pada sikap kita terhadap lingkungan. Sehingga pada akhirnya mereka juga akan merasa bahagia bersama anda.

Akan tetapi sebaliknya berbagai perasaan negatif seperti sedih, kecewa, sakit hati, marah, atau lainnya juga mampu mempengaruhi lingkungan anda. Maka dari pada itu, Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia sekarang juga.

Segenap perasaan tersebut tanpa disadari bisa menular kepada teman, keluarga, sahabat, rekan bisnis, mitra usaha, maupun rekan kerja dimana kita berada. Kesedihan yang mengendap, tanpa kita sadari akan mengubah perilaku, sikap, cara berpikir bahkan tindakan seseorang. Sehingga pada akhirnya bisa menghilangkan atau setidaknya mengurangi kesempatan peluang bahagia yang bisa kita peroleh.

Tidak seorangpun mau ditulari perasaan negatif

Sebaiknya kita mengalihkan topik pembicaraan ketika seseorang terus menerus bercerita tentang kesedihan hatinya, kesusahan, kemarahan atau kekecewaan. Sekali dua kali mungkin kita masih bisa menerima atau melayaninya. Tetapi bila kita kerap mendengar hal negative tersebut, membuat kita juga merasakan aura negative tersebut.

Kita kemudian lebih memilih untuk menghindari orang tersebut agar tidak mendengar cerita-cerita sedih atau kemarahannya. Seorang yang kita anggap sahabat sekalipun lama kelamaan akan menghindar jika terus dicekoki cerita perasaan negatif.

Bila kita dapat melakukan hal demikian, apakah orang lain tidak bisa melakukan hal tersebut kepada kita? Tentu saja dapat terjadi. Satu persatu teman, mitra usaha atau rekan bisnis akan menghindari kita bila terus melakukan curhat galau atau bersikap galau.

Sikap mereka adalah wajar karena menambah masalah bagi mereka. Mereka ingin merasa bahagia, ingin melihat sikap bahagia, ingin mendengar kalimat indah dari hati bahagia. Bukan sebaliknya.

Alasan mengapa beberapa orang gagal move on, bisa kehilangan sahabat atau mitranya setelah kehilangan pasangannya. Mulanya mereka akan memberi motivasi, namun bila berlangsung terus, satu per satu akan mulai menghindar.

Itulah salah satu alasan mengapa para ahli psikologi menganjurkan orang yang sedang patah hati untuk membangun hubungan baru pada lingkungan berbeda sesuai hobi atau kesukaannya. Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia sekarang juga.

Berikut ini adalah 7 Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia sekarang Juga.

Jadi bila kita sudah membaca artikel ini, pastikan untuk tidak membagi rasa galau kepada lingkungan. Bagikan hanya rasa bahagia kepada siapapun terutama pada diri sendiri.

  1. Ada orang-orang dalam kehidupan Kita yang mencintai Kita

    Jika kita sedang mencari alasan untuk menjadi bahagia, Saat inilah adalah tempat tepat untuk memulai. Tidak peduli seberapa buruk hidup Kita, akan selalu ada seseorang yang mencintai Kita tanpa syarat. Apakah Kita pikir orang yang kita cintai ingin melihat Kita tidak berbahagia dan sengsara? Tentu saja tidak. Hidup mereka juga bergantung pada Kita. Mereka membutuhkan kehadiran, kasih sayang, dukungan, atau bantuan Kita.

    Melihat mereka bahagia, atau mendengar mereka mengucapkan terima kasih kepada Kita, sebenarnya sudah cukup membuat Kita bahagia. Jadi, demi orang-orang yang kita cintai dan bergantung pada Kita, milikilah perasaan bahagia sekarang juga.

  2. Hidup bisa berubah secara dramatis kapan saja

    Hidup itu penuh misteri. Dan banyak kejadian-kejadian yang benar-benar tak terduga. Siapa saja bisa kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang kita cintai. Atau menyadari bahwa memiliki penyakit yang mengancam nyawa.

    Intinya adalah, kita tidak pernah tahu kapan musibah itu menimpa kita. Karenanya jangan tunggu sampai esok untuk berbahagia. Pilih untuk menjadi bahagia hari ini dan nikmati setiap waktu yang Kita miliki.

  3. Dunia membutuhkan lebih banyak orang-orang bahagia

    Tampaknya setiap minggu kita mendengar tentang tragedi baru yang membuat kita bersedih dan was-was. Sayangnya, kita hidup di dunia di mana ada perang, kelaparan, kemiskinan, dan penderitaan. Tapi satu hal yang perlu kita yakini: kebaikan selalu mengalahkan kejahatan. Seperti kebanyakan yang diceritakan pada film-film Hollywood.

    Tindakan satu orang bahagia bisa menciptakan dampak yang besar dan benar-benar dapat mengubah dunia. Maka jadilah agen perubahan terhadap apa pun yang ingin kita ubah atau buat. Pilihlah kebahagiaan.

  4. Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia, Karena Kita masih hidup

    Tidak peduli seberapa sakit, lelah, sedih, atau tidak bahagianya Kita. Ada satu hal yang masih bisa Kita syukuri adalah fakta bahwa Kita masih bernafas. Orang yang kita cintai meninggalkan kita secara tiba-tiba secara perodik.

    Pikirkan tentang apa yang akan kita lakukan jika Kita tahu ini adalah hari terakhir Kita di bumi? Apakah Kita akan menghabiskan waktu merenung dan berpikir tentang semua hal yang tidak Kita miliki?

    Kemungkinan besar tidak. Kita akan berusaha untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang paling Kita cintai, untuk bersantai, tertawa dan hidup bahagia.

  5. Orang bahagia memiliki hubungan yang lebih baik

    Pada kebanyakan survei, orang yang menikah lebih bahagia daripada orang yang belum menikah. Itu bukan berarti Kita harus menikah untuk mencapai kebahagiaan. Maksudnya adalah bahwa ketika Kita memilih untuk menjadi bahagia, Kita akan lebih mudah bahagia dengan memiliki hubungan. Baik itu hubungan kerja dan hubungan teman-teman, anggota keluarga, dan orang-orang terkasih lainnya.

  6. Orang bahagia lebih produktif

    Siapa yang menurut kita akan lebih berhasil dalam kehidupan sehari-hari? Orang yang optimis, bahagia, dan termotivasi, atau orang yang pesimis? Atau Mereka yang menghabiskan energinya untuk mengeluh, dan mendapati betapa hidup ini tidak adil?

    Orang-orang bahagia, secara umum, lebih produktif dan lebih mungkin untuk mencapai tujuan mereka daripada orang yang tidak bahagia.

  7. Orang bahagia lebih sehat

    Jika Kita membutuhkan alasan lain mengapa Kita harus bahagia sekarang, penelitian menunjukkan korelasi langsung antara kesehatan dan kebahagiaan. Orang-orang bahagia cenderung melakukan perawatan yang lebih baik untuk diri mereka sendiri. Bisa dengan berolahraga lebih banyak dan makan lebih sehat daripada orang-orang yang tidak bahagia.

Bagaimana agar kita merasa bahagia?

Alasan Mengapa Kita Harus Berbahagia Sekarang Juga

Akan tetapi apakah dengan segala malapetaka, musibah, kesibukan, serta keinginan belum tercapai kita tidak merasa bahagia? Atau apakah kita tidak dapat bahagia? Jawabannya adalah “tidak”, karena rasa bahagia sebenarnya ada dalam genggaman kita sendiri.

Setelah mengetahui alasan mengapai merasa bahagia begitu penting. Apakah kita akan tetap bertahan pada suasana atau kondisi yang membuat hidup merasa tidak bahagia? lalu bagaimana cara agar Kita selalu merasa bahagia ?.

Untuk mengetahui cara bagaimana agar kita merasa bahagia, kita bisa membacanya pada artikel:

14 Hobi yang Dapat Menghilangkan Stress. Agar Anda lebih Bahagia.

30 Kunci Untuk Hidup Lebih Baik. Salam Bahagia.

11 hal yang bisa membuatmu lebih bahagia.

Kebahagiaan hidup Anda tergantung pada kualitas pikiran Anda. Oleh karena itu, jagalah kebahagian itu, dan berhati-hatilah. Agar Anda tidak membiarkan munculnya gagasan-gagasan yang tidak sesuai dengan kebajikan dan sifat yang wajar.
-Marcus Aurelius

Berbahagialah saat ini. Saat ini adalah hidup Anda.
-Omar Khayyam

Jadi jangan menunggu sampai besok. Pilihlah kebahagiaan sekarang!

Salam Bahagia..

Artikel sebelumnya membahas tentang:

27 Cara Sederhana agar Pasangan Kita Bahagia dan lebih Mesra.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan