Cara Ganti Server Free Fire


Free Fire (FF) merupakan permainan yang sangat populer di kalangan anak dan remaja di tanah air. Meski begitu digemari namun sampai sekarang masih banyak yang belum tahu bagaimana cara ganti server Free Fire dengan benar. Padahal, hal itu sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit.

Perlu diketahui jika pindah server game adalah hal yang cukup umum terjadi. Biasanya pemain yang menginginkan tantangan lebih besar akan mengganti server game ke wilayah yang dikenal memiliki banyak pemain bagus seperti di Amerika atau sejenisnya.

Apakah ganti server game FF memungkinkan?

Apakah-ganti-server-game-FF-memungkinkan

Perlu diketahui jika memang ada cara ganti server Free Fire ke negara lain dengan mudah. Hal ini masih dimungkinkan dikarenakan pihak Garena selaku developer game masih memperbolehkan pemain mengganti server game asalkan pemain tersebut juga mengganti akun yang digunakannya.

Ya, Anda jika ingin mengganti server region FF maka pemain juga harus mengganti akun yang digunakannya. Sampai sekarang belum diketahui cara untuk mengakali aturan tersebut. Anda harus mengganti akun tersebut kecuali memang pihak Garena mengizinkan hal tersebut.

Perlu diketahui jika ada saat-saat tertentu yang membuat pemain diizinkan untuk pindah server seperti ketika akan bertanding di kompetisi internasional misalnya. Dengan begitu, pemain bisa bermain di server negara lain tanpa perlu mengganti akun FF yang sedang digunakan.

Bagaimana cara ganti server Free Fire dengan mudah?

Meski sangat disayangkan Anda tidak bisa mempertahankan akun lama tetapi hal ini sebenarnya cukup menarik untuk dicoba. Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan jika menang Anda ingin berganti server permainan. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

1. Mengunduh VPN

Mengunduh-VPN

Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi VPN terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa ditemukan dengan mudah baik di Play Store baik secara gratis maupun berbayar. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih baik maka sangat disarankan untuk memilih VPN berbayar karena harganya juga cukup murah.

Hal ini dikarenakan aplikasi berbayar akan memberikan layanan serta fitur yang lebih banyak dan menarik. Tidak hanya itu, aplikasi VPN premium yang berbayar biasanya juga akan menawarkan keamanan yang lebih baik.

2. Hapus aplikasi FF

Hapus-aplikasi-FF

Selanjutnya, Anda perlu menghapus aplikasi FF yang ada di perangkat Anda. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuka pengaturan di smartphone Anda kemudian masuk ke menu Aplikasi. Di sana, Anda harus menghapus aplikasi FF dengan cara pilih Setting lalu klik Delete data dan Delete Chance.

Penghapusan aplikasi FF di smartphone Anda dilakukan bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut secara otomatis terhubung dengan akun yang sekarang dipakai. Padahal, nantinya Anda perlu menghapus akun lama dan membuat akun baru jika ingin ganti server.

Setelah benar-benar terhapus jangan lupa untuk mengunduh ulang aplikasi tersebut. Buat akun baru agar Anda bisa memainkan FF melalui server region yang diinginkan.

3. Buka aplikasi VPN

Buka-aplikasi-VPN

Setelah menghapus aplikasi FF, selanjutnya Anda perlu membuka kembali aplikasi VPN yang sudah diunduh sebelumnya. Ganti server region game dengan negara yang diinginkan. Pastikan jika di negara tersebut menjadikan game tersebut sehingga Anda bisa memainkannya.

Kebanyakan pemain FF memilih mengganti server ke negara-negara maju yang memang memiliki banyak pemain hebat seperti Amerika Serikat, Singapura, dan sejenisnya. Selain lebih menantang, iklim permainan di sana juga akan sangat berbeda dengan iklim permainan di Indonesia.

Perlu diingatkan jika iklim permainan setiap negara berbeda-beda. Hal ini lazim terjadi karena masing-masing negara memiliki adat istiadat dan kebudayaan masing-masing. Anda tidak perlu kaget saat pertama kali bermain game FF dengan server region yang berbeda.

Anda mungkin akan membutuhkan waktu untuk terbiasa. Namun, perlu diingat jika Anda sebaiknya tidak membawa kebiasaan buruk ketika bermain FF di tanah air dengan bermain di server region lain. Sebab, hal ini bisa saja menimbulkan konflik yang besar.

4. Buka aplikasi FF

Buka-aplikasi-FF

Jika VPN sudah benar-benar berfungsi dengan baik maka selanjutnya Anda harus masuk ke aplikasi FF yang sudah diunduh kembali. Jika akun FF yang baru sudah selesai dibuat maka Anda bisa langsung memainkannya.

Mungkin Anda akan sedikit terkejut pada awalnya. Hal ini cukup wajar mengingat jika di server baru ini semua iklim permainan akan sangat berbeda. Bahkan, pemain dan event-event yang diadakan juga akan terasa kurang familier bagi Anda sehingga perlu adaptasi yang agar lama.

Bisakah mengganti server tanpa VPN?

Bisakah-mengganti-server-tanpa-VPN

Memang kebanyakan pemain FF memilih menggunakan VPN jika ingin mengganti server region. Hanya saja tidak semuanya mau atau mampu menggunakannya. Masih banyak pemain FF yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan VPN sehingga tidak bisa mengganti server region.

Oleh sebab itu, jika Anda tidak bisa menggunakan VPN maka sangat disarankan untuk menggunakan Pengaturan Bahasa Free Fire yang merupakan salah satu fitur bawaan game. Dengan fitur ini Anda tidak perlu mengunduh VPN.

Sayangnya, pilihan bahasa yang disediakan masih terbatas sehingga tidak bisa digunakan dengan bebas. Bagi Anda yang memang ingin menggunakannya, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti.

  1. Masuk ke menu Loby yang ada di game.
  2. Pilih menu Pengaturan atau klik ikon roda bergerigi yang ada di bagian pojok kanan atas.
  3. Pada kolom Bahasa, ubah dan pilih bahasa yang diinginkan.
  4. Tunggu hingga prosesnya selesai lalu kemudian tutup.
  5. Klik Logout di bagian kiri bawah layar jika ingin membuat akun baru.
  6. Pilih menu Lainnya kemudian daftar menggunakan Akun Google yang dimiliki.
  7. Pilih server region yang dikehendaki lalu tekan OK.

Perlu diketahui meskipun sebenarnya Anda bisa langsung bermain begitu memasuki server tersebut namun Anda belum bisa bermain dengan optimal. Anda harus memilih Bundle dan bermain 1 match jika ingin melihat berbagai event, lucky draw dan sebagainya di server region tersebut.

VPN gratis VS berbayar

VPN-gratis-VS-berbayar

Seperti yang diketahui jika terdapat 2 jenis layanan VPN yaitu gratis dan berbayar. Sesuai namanya, VPN gratis tidak akan meminta bayaran kepada penggunanya ketika menggunakan fasilitas mereka. Namun, tentu saja semua fitur serta layanan yang diberikan sangatlah terbatas.

Hal ini tentu saja berbeda dengan VPN berbayar di mana Anda akan dikenakan biaya tiap bulan agar bisa menikmati fitur dan layanan yang ada. Memang di aplikasi berbayar fitur yang ditawarkan jauh lebih banyak dan menarik.

Hal ini tentu saja sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya yang perlu dikeluarkan sangatlah beragam tergantung kebijakan tiap-tiap pengembang layanan VPN tersebut.

Namun, biasanya aplikasi VPN yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi baik memiliki tarif yang cukup tinggi. Ada yang mencapai puluhan hingga ratusan ribu Rupiah per bulannya. Semua tergantung fasilitas yang diberikan.

Meski begitu, harga mahal belum tentu menjamin jika aplikasi tersebut bisa digunakan dengan baik di tanah air. Ada berbagai faktor yang membuat sebuah layanan VPN bisa digunakan dengan cepat, stabil, dan nyaman sehingga Anda sebaiknya melakukan riset kecil-kecilan sebelum mengunduhnya.

Lalu, di antara kedua jenis VPN tersebut. Manakah yang dipandang paling bagus dan aman digunakan? Jawabnya tentu saja VPN berbayar. Hal ini bahan bisa dilihat dari dari fitur yang ditawarkan oleh VPN berbayar.

VPN berbayar selain menawarkan lebih banyak layanan juga memberikan keamanan yang jauh lebih baik. Perlu diketahui jika banyak aplikasi VPN gratis yang sebenarnya memiliki virus dan malware beribadah sehingga perlu diwaspadai.

Meskipun banyak yang berpendapat buruk tentang VPN namun sebenarnya penggunaan VPN di Indonesia masih legal alias diperbolehkan. Sampai saat ini belum ada aturan hukum yang melarang penggunaan VPN. Namun, tetap saja Anda harus berhati-hati saat memilih layanan VPN yang tepat.

Sebab, tidak semua aplikasi layanan VPN itu sama. Ada yang berkualitas buruk dan ada juga yang bagus. Oehs ebba itu, jika ingin menggunakan VPN maka ada baiknya untuk menggunakan aplikasi yang sudah berpengalaman dan banyak direkomendasikan orang.

Tidak hanya itu, usahakan untuk hanya mengunduh aplikasi VPN dari platform resmi dan tepercaya saja. Sebab, aplikasi pihak ketiga yang tidak jelas bisa memiliki celah keamanan tinggi sehingga meningkatkan risiko keamanan dan berbahaya bagi perangkat smartphone Anda.

Apa rekomendasi aplikasi VPN terbaik?

Seperti yang diketahui jika saat ini banyak sekali aplikasi VPN yang beredar di internet. Baik itu melalui platform resmi maupun bukan. Saking banyaknya, hal itu sering membuat Anda kebingungan memilih aplikasi mana yang paling bagus.

Karena setiap aplikasi tidaklah sama maka Anda harus pintar-pintar memilih mana aplikasi VPN terbaik yang memberikan fasilitas memadai namun dengan harga terjangkau. Jika Anda bingung memilih, berikut rekomendasi aplikasi VPN yang layak dicoba.

1. Express VPN

Express-VPN

AplikAsi VPN ini merupakan salah satu VPN ynag menawarkan banyak sekali fitur premium kepada penggunanya. Oleh sebab itu, tidak heran jika harganya lumayan mahal. Meski begitu, ada banyak pilihan diskon tersembunyi yang membuat harganya tidak kalah terjangkau dengan VPN lainnya.

Dari segi penggunaan, aplikasi ini sangat mudah dipasang dan digunakan. Tampilan antar muka alias interface sangat ramah bahkan untuk pengguna baru yang belum terlalu paham akan teknologi. Dari segi kecepatan pun rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Aplikasi ini bahkan disebut sebagai salah satu VPN paling cepat sehingga sangat cocok digunakan untuk kepentingan lain selain untuk memindahkan server region game FF. Jumlah server region yang ditawarkan juga sangat banyak yaitu sekitar 94 negara sehingga Anda bisa leluasa memilih.

2. Nord VPN

Nord-VPN

Nama Nord VPN sepertinya bukanlah nama yang asing bagi sebagian netizen tanah air. VPN ini memang terkenal sebagai salah satu yang terbaik sehingga banyak direkomendasikan masyarakat. Reputasinya juga sangat bagus.

Terkenal karena menawarkan keamanan yang tinggi serta kecepatan yang lumayan stabil. Bahkan, Anda bisa menggunakannya hingga 6 jenis perangkat. Sayangnya, biaya bulanan yang harus dikeluarkan cukup mahal yaitu sekitar Rp100.000,00 per bulan.

3. Tor Guard

Tor-Guard

Meski aplikasi ini dianggap tidak terlalu banyak memberikan fitur khusus tetapi layanan yang diberikan benar-benar luar biasa. Bahkan, di aplikasi ini Anda bisa memilih sendiri tingkat enkripsi yang diinginkan. Hal ini cukup jarang ditemukan di berbagi aplikasi VPN.

Biaya berlangganan yang harus dibayarkan juga termasuk terjangkau yaitu hanya Rp80.000,00 saja per bulan. Termasuk terjangkau untuk ukuran VPN berbayar dengan layanan keamanan dan privasi terbaik.

4. Surfshark

Surfshark

Meskipun aplikasi ini bisa dikategorikan baru namun kualitas serta layanan yang diberikan tidak bisa dianggap remeh. Fasilitasnya tidak kalah dengan aplikasi VPN yang sudah berpengalaman. Tidak heran jika aplikasi ini cukup banyak direkomendasikan.

Dari segi tampilan, aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, minimalis, dan gampang dimengerti bahkan oleh pemula sekalipun. Fitur yang dimilikinya juga tidak terlalu banyak sehingga Anda tidak akan kebingungan. Hanya fitur-fitur penting dan sering digunakan saja yang akan ditemukan.

Sementara itu, dari segi harga, aplikasi ini bisa dinikmati dengan harga sekitar Rp35.000,00 saja per bulan. Sangat murah untuk sebuah aplikasi dengan layanan privasi dan keamanan yang mumpuni. Hal ini tidak mengherankan memang karena aliaski ini memiliki server sendiri di Indonesia.

5. Fastest VPN

Fastest-VPN

Kelebihan utama dari layanan VPN ini adalah harganya yang sangat terjangkau. Anda cukup mengeluarkan Rp 15.000,00 saja per bulan untuk bisa menikmati layanan serta fasilitas yang ditawarkan.

Meski harganya sangat terjangkau namun bukan berarti kualitasnya buruk. Meski tidak terlalu cepat, aplikasi ini juga tidak terlalu lambat sehingga dianggap masih cukup layak untuk digunakan. Apalagi aplikasi ini menawarkan server region yang lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi VPN lainnya.

Bahkan aplikasi VPN yang diberandol ratusan ribu saja tidak menawarkan server region sebanyak yang ditawarkan aplikasi ini. Hanya saja, karena harganya cukup terjangkau tetap ada keterbatasan yang dimilikinya.

Namun, bagi Anda yang memang mencari VPN terjangkau hanya untuk mengamankan koneksi serta menjaga privasi saja maka hal ini tentu tidak masalah. Apalagi hanya untuk sekadar mengganti server region di game.

Apa yang membuat aplikasi VPN bagus?

Perlu diketahui jika VPN tidak selalu digunakan untuk melakukan kegiatan yang ilegal. VPN sendiri sebenarnya bertujuan untuk melindungi data Anda agar tidak mudah dicuri atau disalahgunakan. Hal ini tentu sangat wajar mengingat di internet hal itu sudah banyak terjadi.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali aplikasi VPN baik lokal maupun internasional yang tersedia. Namun, dari sekian banyak aplikasi yang tersedia. Aplikasi seperti apa yang harus dipilih? Berikut adalah keterangannya.

1. Memberikan keamanan tinggi

Memberikan-keamanan-tinggi

Privasi dan anonimitas merupakan hal yang paling utama ketika Anda menggunakan internet. Sayangnya, belum banyak yang menyadari akan hal tersebut. Untuk menjaga identitas pengguna maka diperlukan VPN yang benar-benar bagus karena mampu memberikan keamanan yang tinggi.

Tingkat keamanan yang diberikan biasanya dipandang dari tingkat enkripsi yang ditawarkan. Makin tinggi enkripsi maka tingkat keimanannya akan lebih baik. Begitu pula sebaliknya.

2. Kecepatan dan stabilitas jaringan

Kecepatan-dan-stabilitas-jaringan

Kecepatan internet tanah air memang dikenal cukup buruk. Meski begitu, kecepatan internet di sini juga tidak bisa dikatakan lambat. Perlu diketahui jika rata-rata kecepatan internet broadband di Indonesia rata-rata berkisar 23,32 Mbps.

Ini baru internet broadband, untuk kecepatan internet seluler bahkan jauh lebih lambat yaitu hanya 17,26 Mbps saja. Meski masih buruk namun setidaknya Anda bisa tetap bisa menggunakan VPN dengan baik di sini.

Berikut merupakan sedikit informasi tentang bagaimana cara ganti server Free Fire serta sedikit informasi tentang VPN. Perlu diingat jika kualitas VPN yang dipilih akan menentukan keamanan dan privasi data Anda. Jadi, pastikan untuk memilih aplikasi yang terbaik.

 

Lihat Juga :