Arti Centang Biru di IG ?


Bagi pengguna aktif Instagram tentu tahu apa yang dimaksud dengan centang biru di aplikasi tersebut. Namun masih banyak juga pengguna IG yang belum tahu dan belum paham apa arti centang biru di IG.

Bagi mereka yang belum paham tentu ingin tahu bagaimana cara mendapatkan centang biru tersebut. Tanda centang biru ini memang cukup viral di sejumlah pengguna IG tersebut.

Bahkan kebanyak akun IG yang mendapat centang biru memang biasanya orang-orang terkenal atau yang sedang viral.

Apa Arti Centang Biru di IG

Apa-Arti-Centang-Biru-di-IG

Jadi, bagi yang belum paham tentang arti centang biru di IG ini mari kita bahas lebih lanjut. Tanda centang biru pada aplikasi IG adalah tanda yang diberikan langsung oleh pihak IG, pada pemilik akun Instagram itu sendiri.

Pemberian itu juga bukan menjadi hal yang biasa, karena dengan diberikannya centang biru pada suatu akun maka hal itu menjadi tanda verifikasi dari akun itu bahwa akun IG tersebut memang asli dan bisa dibuktikan kebenarannya.

Biasanya, para pemilik akun IG yang diberi tanda centang biru adalah orang-orang yang memiliki profesi seperti seniman, tokoh masyarakat, orang terpopuler, artis, atlet, dan akun-akun yang jumlah followernya banyak dan sudah memenuhi syarat.

Apabila Anda merasa belum memiliki tanda centang biru tersebut, mungkin karena Anda belum memenuhi syarat untuk bisa mendapatkan centang biru itu. Instagram telah menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh para pengguna Smartphone di dunia, dan bukan aplikasi yang asing.

Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa dan orang tua rata-rata sudah memiliki akun di aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga sering kali memberikan berbagai fitur menarik yang selalu diperbaharui oleh pihak IG secara berkala.

Kehadiran aplikasi Instagram menambahkan banyak sekali fenomena serta istilah baru, seperti misalnya influencer dan selebgram. Biasanya mereka mempunyai sejumlah follower atau pengikut dalam jumlah yang banyak.

Fungsi Centang Biru pada IG

Fungsi-Centang-Biru-pada-IG

Fungsi tanda centang biru pada akun Instagram ini adalah untuk memberi kepercayaan pada sebuah akun, karena banyak akun-akun artis atau orang terkenal yang dipalsukan. Sehingga pihak Instagram menambahkan tanda itu untuk meyakinkan penggemarnya bahwa itu akun asli.

Para fans atau penggemar pun bisa mencari akun artis di IG dengan tanda centang biru jika tak mau memfollow akun fake. Akun orang ternama dengan tanda centang biru bisa dipastikan itu akun asli.

Akun-akun selebgram atau influencer juga biasanya memiliki jumlah follower yang tak kalah banyak dengan artis-artis. Arti centang biru di IG merupakan tanda verifikasi yang diluncurkan langsung oleh pihak IG. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa akun itu asli dan bukan akun fake atau palsu.

Dalam hal ini Instagram memang hanya memverifikasi orang atau akun IG yang dianggap penting saja. Secara umum, akun dengan centang biru ini dimiliki oleh para selebritis baik tanah air maupun mancanegara.

Namun apabila jumlah follower Anda juga banyak, maka Anda bisa diberi tanda centang biru oleh pihak IG jika sudah memenuhi syarat.

Persyaratan untuk Mendapat Tanda Centang Biru di Instagram

Syarat umum bagi akun Instagram yang ingin memperoleh centang biru di IG adalah dengan memiliki followe atau pengikut dalam jumlah yang banyak. Menjadi terkenal di sosial media secara online, misalnya dengan menjadi influencer maka akan membuat akun Anda difollow banyak orang.

Berikut ini beberap figut yang akan diberi tanda centang biru di Instagram sesuai persyaratan:

1. Selebriti

Selebriti

Seperti yang kita ketahui sampai saat ini, sederet akun artis akan memverifikasi akunnya sebagai akun asli yang diberi centang biru oleh Instagram. Para tokoh terkenal itu akan mendapatkan verifikasi centang biru dengan mudah.

Hal itu juga akan memudahkan para fans atau penggemarnya ketika mencari tokoh terkenal yang mereka idolakan, dan ingin memperoleh akun yang asli. Hal ini akan menghindari munculnya oknum nakal yang membuat akun fake dari para selebriti tersebut.

Biasanya akun-akun palsu ini akan memanfaatkan akun di IG tersebut untuk sebuah keuntungan pribadi. Profesi sebagai artis atau selebriti memang sangat rawan terkena pemalsuan akun yang dilakukan oleh oknum tertentu.

2. Atlet dan Seniman

Atlet-dan-Seniman

Banyaknya jumlah atlet dan juga seniman saat ini, juga memiliki akun Instagram pribadi. Mereka juga memiliki peluang besar dalam mendapatkan tanda centang biru tersebut.

Namun syaratnya ya harus menjadi atlet/seniman yang terkenal terlebih dulu, yang dimana namanya pun dikenal oleh banyak orang. Contohnya atlet Badminton seperti Jonathan Christie yang merupakan salah satu atlet yang namanya populer di Indonesia.

Atlet Badminton tersebut juga memiliki jumlah follower yang banyak, dan menerima verifikasi centang biru di IG.

3. Suatu Merk Brand Terkenal

Suatu-Merk-Brand-Terkenal

Tak hanya akun yang berupa orang, sosok, atau tokoh saja yang bisa mendapat tanda centang biru. Namun untuk merk brand terkenal dari suatu produk asli, juga bisa mendapat centang biru.

Merk terkenal baik produk lokal maupun internasional biasanya juga memiliki akun khusus di Instagram. Biasanya mereka akan menggunakan akun IG untuk pengembangan serta pemasaran bisnis, supaya brand mereka lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas.

Merk terkenal dari suatu produk akan terverifikasi oleh IG, sehingga para konsumennya yang setia tidak akan tertipu dengan akun palsu yang menjual barang KW. Ketika Anda ingin berbelanja produk asli di IG, tidak akan tersesat di akun palsu karena ada akun aslinya.

4. Tokoh Masyarakat atau Pemerintahan

Tokoh-Masyarakat-atau-Pemerintahan

Tak hanya di kalangan selebritas saja, tetapi centang biru ini bisa diperoleh dari akun yang dimiliki oleh para tokoh masyarakat dan pemerintahan. Salah satu akun dari tokoh masyarakat yang diberi centang biru adalah Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat.

Hal ini juga menjadi salah satu syarat bagi pemilik akun IG yang bisa memperoleh centang biru, yaitu sebagai tokoh masyarakat atau pemerintahan. Tujuannya juga sama, untuk menghindari adanya pemanfaatan akun palsu untuk hal-hal yang merugikan.

5. Akun Hits

Akun-Hits

Banyak akun-akun di Instagram yang sedang hits atau viral. Menjadi akun yang hits ini memang gampang-gampang susah. Misalnya Anda membuat akun IG dengan konten yang lucu dan menarik, misalnya akun lelucon atau akun informasi.

Bisa juga membuat akun yang menjadi referensi bagi pengguna lainnya. Pada intinya, akun ini banyak difollow oleh para pengguna IG, dan banyak diperbincangkan oleh publik.

6. Akun dengan Lonjakan Jumlah Follower dan Jumlah Like yang Tinggi

Akun-dengan-Lonjakan-Jumlah-Follower-dan-Jumlah-Like-yang-Tinggi

Akun dengan lonjakan follower dan juga like yang cepat dan jumlahnya banyak, akan menjadi akun yang diverifikasi juga oleh IG. Misalnya akun-akun IG para konstestan di acara ajang pencarian bakat di televisi.

Banyak orang yang dengan sengaja mencari akun Instagram hanya untuk sekadar stalking saja, atau langsung mengikuti akunnya. Maka pemilik akun itu juga bisa memiliki peluang untuk mendapat verifikasi tanda centang biru dari IG.

7. Selebgram

Selebgram

Kini semakin banyak bermunculan para figur ternama di IG yang disebut dengan selebgram. Orang-orang ini begitu populer di kalangan para pengguna Instagram.

Mereka juga memiliki kesempatan untuk mendapat centang biru, supaya bisa menghindari hal yang merugikan bagi mereka di masa mendatang.

8. Akun Pribadi yang Banyak dibuat Duplikatnya oleh Akun-akun Palsu

Akun-Pribadi-yang-Banyak-dibuat-Duplikatnya-oleh-Akun-akun-Palsu

Misalnya akun pribadi Anda selama ini banyak diduplikasi oleh akun-akun palsu. Maka Anda juga akan mendapat kemudahan untuk bisa memperoleh centang biru tersebut. Hingga saat ini, memang banyak akun pribadi yang sengaja diduplikasi.

Hal itu tentu akan menimbulkan kerugian bagi pemilik akun tersebut, dan memberi keuntungan bagi orang yang membuat akun palsu tersebut.

Cara Memperoleh Centang Biru di IG

Kini Anda sudah paham dengan arti centang biru di IG, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan centang biru tersebut yaitu dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke akun Instagram terlebih dulu lalu buka profil Anda, kemudian klik titik atau garis tiga yang ada di sudut kanan atas.
  • Lalu Anda akan melihat opsi Pengaturan, yang letaknya berada di bagian bawah tampilan layar Instagram Anda. Kemudian klik Pengaturan dan pilih Permintaan Verifikasi.

Lalu-Anda-akan-melihat-opsi-Pengaturan-yang-letaknya-berada-di-bagian-bawah-tampilan-layar-Instagram-Anda.-Kemudian-klik-Pengaturan-dan-pilih-Permintaan-Verifikasi

  • Bagi pengguna yang ingin diverifikasi dan memperoleh centang biru harus mengisi data yang meliputi username, nama lengkap, foto diri, identitas seperti KTP/SIM atau paspor. Setelah foto diri dilampirkan maka Anda tinggal mengirimnya dengan klik Kirim.

Walaupun Anda sudah mengirim persyaratan untuk mendapat centang biru ini, tapi belum tentu hal itu akan disetujui oleh pihak Instagram. Pengguna akan diberitahu apakah pengajuan ini diterima atau ditolak oleh Instagram.

Pihak IG sendiri telah menegaskan bahwa pengajuan untuk mendapat centang biru ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Makna Centang Biru di IG dan Kebenaran Informasi Pemilik Akun

Makna-Centang-Biru-di-IG-dan-Kebenaran-Informasi-Pemilik-Akun

Intagram menjadi bagian dari platform dan aplikasi terkini yang juga dikategorikan sebagai sosial media. Sosial media atau medsos ini adalah platform media yang hanya fokus pada eksistensi si pengguna, dengan memberi mereka fasilitas untuk beraktivitas atau berkolaborasi.

Media sosial juga bisa dilihat sebagai fasilitator online yang akan menguatkan hubungan setiap penggunanya. Sekaligus juga menjadi ikatan sosial jarak jauh, dan dengan mengunggah foto/video di sana diharapkan akan mendapat banyak like, komen, atau viewer.

Pengguna Instagram ini tidak hanya mereka yang good looking saja, walaupun kebanyakannya memang begitu. Namun setiap kalangan masyarakat bisa memiliki dan menggunakan aplikasi Instagram tersebut.

Tak ada batasan bagi pengguna Instagram untuk ikut berpartisipasi dan menggunakannya.

Batasan yang diberikan oleh pihak IG itu sendiri adalah jika pengguna telah melanggar hak komunitas atau batasan yang diberikan IG, yang tercantum pada form syarat dan ketentuan dalam pemakaian aplikasi tersebut.

Banyak artis-artis dan tokoh terkenal yang merasa tidak aman dengan akun Instagram mereka. Salah satunya yaitu dengan munculnya akun-akun palsu di IG yang sering kali membuat para fans dan penggemar bingung, mana akun yang asli.

Hal itu akan sangat merugikan bagi orang-orang ternama sehubungan dengan informasi pribadi yang mereka miliki. Itulah sebabnya diberikan tanda verifikasi centang biru, untuk akun-akun yang dimiliki oleh orang-orang yang namanya sudah terkenal.

Centang Biru yang Ada di Aplikasi Instagram

Pada saat Anda berselancar di akun Instagram seseorang terutama nama yang sudah terkenal, maka Anda tidak asing lagi dengan akun verified centang biru di akun tersebut.

Tujuannya adalah untuk memudahkan setiap pengguna dalam menemukan tokoh publik, brand terkenal, selebriti dan sebagainya dengan mengikuti akun yang asli. Instagram telah mengkonfirmasi akun itu akun asli secara tidak langsung, dengan adanya logo centang biru tersebut.

Tak heran jika saat ini banyak pengguna IG yang berlomba-lomba mendapatkan centang biru, dengan mengumpulkan follower sebanyak-banyaknya. Faktanya, dalam memperoleh centang biru ini ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi yang diantaranya sebagai berikut:

1. Autentik

Autentik

Akun IG Anda harus mewakili orang/tokoh ternama, sebuah bisnis besar dan sudah dikenal, hingga entitas yang terdaftar secara nyata.

2. Unik

Unik

Akunnya harus unik karena bisa mewakili orang/bisnis yang terkait. Hanya ada satu akun yang terverifikasi kecuali akun-akun yang menggunakan bahasa tertentu. Instagram tidak akan memverifikasi akun dengan nama/minat yang umum.

3. Lengkap

Lengkap

Akunnya juga harus bersifat publik, terdapat foto profil, bio, dan minimal satu postingan saja. Profilnya bisa ditambahkan tautan yang dicantumkan yaitu ‘Tambahkan Saya’ pada layanan media sosial.

4. Terkenal

Terkenal

Akun ini juga harus mewakili orang, merek, atau entitas yang banyak dicari dan juga terkenal. Instagram akan meninjau akun-akun yang ditampilkan di beragam sumber berita, tidak mempertimbangkan konten promosi/berbayar yang menjadi sumber peninjauan.

Apabila pengajuan untuk verifikasi centang biru yang Anda lakukan ditolak oleh Instagram, maka Anda bisa mengajukan kembali setelah 30 hari kemudian.

Apabila akun IG Anda berhasi diverifikasi maka pihak IG berhak mencabutnya kapan saja, khususnya jika Anda melakukan sejumlah pelanggaran di akun tersebut seperti berikut ini:

  • Mengiklankan, menjual, atau mengalihkan akun yang verified yang sedang Anda gunakan tersebut.
  • Menggunakan bagian foto profil, bio, ataupun nama yang mempromosikan sebuah layanan lain, yang dalam hal ini bisa dalam bentuk apa saja.
  • Melakukan pendaftaran logo verified centang biru dari pihak ketiga.

Alasan Mengapa Centang Biru pada Aplikasi Instagram Banyak Diminati

Alasan-Mengapa-Centang-Biru-pada-Aplikasi-Instagram-Banyak-Diminati

Ketika Anda menjadi seorang figur publik, menjadi pemilik sebuah brand atau merk ternama, pejabat pemerintahan, dan sebagainya, maka akun IG Anda bisa diverifikasi sebagai akun asli dengan logo centang biru.

Sedangkan centang biru pada Facebook membutuhkan akter kelahiran yang otentik, SIM/Paspor, dan artikel pendirian. Bagian About yang ada di halaman Facebook juga harus diisi dengan lengkap, dan memiliki link yang menuju ke halaman Facebook Anda yang resmi.

Setelah itu barulah Anda bisa memperoleh lencana verifikasi biru di Facebook. Untuk centang biru yang ada di IG memang sangat diminati oleh banyak orang. Untuk orang-orang terkenal atau tokoh ternama, logo centang biru ini akan sangat berguna supaya orang-orang tahu akun itu asli.

Instagram memberikan logo tersebut untuk memastikan bahwa pengalaman menggunakan IG ini tetap bersifat otentik. IG juga akan menjadi platform untuk seseorang yang berpura-pura menjadi orang lain, sehingga verifikasi centang biru ini penting sekali.

Hanya akun-akun tertentu saja yang bisa diverifikasi oleh Instagram. Logo tersebut menandakan bahwa akun Anda aman dan dipercaya sebagai akun resmi. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin memiliki logo centang biru di akun Instagramnya.

Dengan mengetahui apa arti centang biru di IG, maka Anda bisa melakukan pengajuan pada IG untuk memperoleh logo tersebut jika jumlah follower Anda sudah banyak.

 

Lihat Juga :