5 Cara Download Video TikTok


TikTok adalah gudang dari berbagai video menarik, lucu, unik, hingga informatif. Banyak pengguna TikTok yang bertanya-tanya cara download video TikTok setiap kali menemukan video yang sesuai dengan minat mereka. Kalau Anda salah satunya, Anda akan segera menemukan jawabannya.

Banyak sekali cara yang bisa diterapkan untuk mengunduh video yang ada di platform media sosial TikTok. Hal ini karena para developer atau pengembang aplikasi selalu menyediakan alat yang sangat memudahkan pengguna teknologi.

Berbagai Cara Mudah Download Video TikTok

Dari antara sekian banyak cara mengunduh video dari TikTok, ada yang membutuhkan aplikasi tambahan tapi ada juga yang tidak memerlukan aplikasi lain apapun. Sayangnya, ada yang mengeluh bahwa video yang diunduh dari TikTok membawa watermark TikTok di berbagai bagian video.

Beruntung, ada juga cara untuk mengunduh video dari platform TikTok tanpa adanya watermark yang mengganggu, baik di bagian atas, tengah, maupun bawah video. Berikut ini adalah kumpulan cara paling gampang untuk mendownload video dari TikTok.

1. Mengunduh video TikTok tanpa tambahan aplikasi

Cara yang pertama adalah yang paling gampang, praktis, dan sederhana untuk dilakukan. Anda bisa mencoba cara ini perangkat seluler dengan sistem operasi Android dan iOS. Tidak perlu menginstal aplikasi lain untuk bisa menyimpan video dari TikTok yang Anda sukai.

Cara ini hanya bisa digunakan di perangkat seluler saja. Kalau Anda sering mengakses TikTok dari web browser melalui situs webnya, Anda tidak bisa menggunakan cara ini untuk menyimpan atau mengunduh video yang Anda inginkan ke penyimpanan komputer.

  • Jalankan aplikasi TikTok yang sudah terpasang di perangkat seluler Pastikan Anda sudah mendaftar akun dan login menggunakan akun yang terdaftar, bisa menggunakan akun Google, Facebook, dan lain sebagainya.
  • Cara download video TikTok selanjutnya adalah mencari atau memilih salah satu video menarik yang ingin Anda download ke penyimpanan smartphone sehingga bisa ditonton lagi nanti tanpa menggunakan koneksi internet.
  • Tap pada tanda panah yang mengarah ke kanan atau tanda Share. Tanda panah ini akan membuka berbagai pilihan menu. Anda bisa membagikan video tersebut ke pengguna TikTok lain atau ke platform chatting tanpa perlu mengunduh videonya.
  • Kalau Anda ingin mengunduh atau menyimpan video tersebut, tap pada pilihan Save Video dengan tanda panah mengarah ke bawah. Menu tersebut berada di barisan paling bawah, diantara berbagai pilihan lain seperti Duet, Stitch, Not Interested, dan lain sebagainya.

Kalau-Anda-ingin-mengunduh-atau-menyimpan-video-tersebut-tap-pada-pilihan-Save-Video

  • Tunggu TikTok memproses video dan mengunduhnya ke penyimpanan internal perangkat seluler yang Anda pakai untuk menonton berbagai video di platform media sosial TikTok.

Setelah proses unduh selesai, video yang Anda sukai tersebut akan tersimpan otomatis di galeri smartphone Anda. Tapi ternyata, ada juga video yang tidak bisa diunduh. Dengan kata lain, tidak ada pilihan Save Video yang muncul setelah Anda membuka menu Share yang tersedia.

Jika Anda sangat menginginkan video tersebut, ada cara lain yang bisa Anda coba untuk mengunduh video tersebut. Berbagai cara yang ada di bawah bisa Anda terapkan untuk mendapatkan video tertentu di TikTok yang tidak bisa di download menggunakan fitur Save Video.

2. Mendownload video dari TikTok dengan Experts PHP

Tidak perlu panik kalau ternyata video yang sangat Anda sukai dan inginkan ternyata tidak bisa diunduh dengan cara pertama di atas. Masih banyak cara alternatif untuk mendapatkan video tersebut dan menyimpannya di perangkat seluler, bahkan di PC yang Anda pakai untuk menonton TikTok.

Cara yang kedua ini sangat mudah untuk dilakukan, baik di smartphone maupun di laptop atau komputer. Yang Anda butuhkan adalah aplikasi web browser serta situs web Experts PHP. Situs web ini terkenal sebagai alat untuk mengunduh berbagai video dari TikTok tanpa watermark.

  • Jalankan app TikTok di perangkat seluler Anda juga bisa membuka TikTok di perangkat PC. Anda akan menemukan keterangan lebih lengkap tentang cara membuka TikTok dan mengunduh video TikTok di PC setelah cara yang satu ini.
  • Kalau Anda menggunakan perangkat seluler, tap pada tombol Share dengan lambang tanda panah ke kanan yang letaknya ada di sebelah kanan jendela TikTok di perangkat seluler. Kemudian tap pada pilihan Copy Link yang ada di barisan kedua menu Share ini.
  • Jalankan web browser yang ada di perangkat seluler Anda, bisa Google Chrome, Safari, web browser bawaan smartphone, Opera Mini, atau yang lainnya. Kemudian ketikkan expertsphp.com untuk membuka situs web pengunduh video TikTok tanpa watermark.
  • Anda akan melihat informasi tentang situs web Experts PHP dan sebuah kolom kosong. Tempelkan atau paste link yang tadi sudah Anda copy dari TikTok ke kolom kosong tersebut. Kemudian tap tombol Download yang ada di samping kolom tersebut.

Anda-akan-melihat-informasi-tentang-situs-web-Experts-PHP-dan-sebuah-kolom-kosong.-Tempelkan-atau-paste-link-yang-tadi-sudah-Anda-copy

  • Cara download video TikTok selanjutnya adalah menunggu sampai link download muncul, beserta berbagai format yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Akan muncul sebuah tabel dengan link download di sebelah kiri dan format yang tersedia di sebelah kanan.
  • Tap salah satu link yang ada di kolom sebelah kiri sesuai dengan format video yang Anda inginkan. Anda akan dibawa menuju halaman lain tempat video dari TikTok tersebut diputar. Tap di ikon tiga titik pada halaman tersebut.
  • Berbagai menu akan muncul. Untuk menyimpan video tersebut ke penyimpanan internal perangkat seluler Anda, tap pada pilihan Download Tunggu sampai video tersebut tersimpan di perangkat seluler. Kecepatan downloadnya bergantung pada koneksi internet.

Kalau Anda adalah pengguna aktif berbagai media sosial, seperti Pinterest, Experts PHP ini akan sangat membantu. Anda bisa menggunakan Experts PHP tidak hanya untuk mengunduh video dari platform TikTok saja, tapi juga dari platform Pinterest.

Selain itu, Anda bisa mencoba mengunjungi situs web Experts PHP dari web browser yang ada di PC. Video yang Anda download dari situs web Experts PHP di PC akan tersimpan di perangkat PC. Hal ini akan sangat membantu Anda menghemat penyimpanan di perangkat seluler.

3. Menyimpan video dari situs TikTok ke PC

Cara yang kedua diatas sebenarnya juga bisa diterapkan di laptop atau komputer. Sayangnya, beberapa pengguna TikTok menemui bahwa cara diatas kadang gagal untuk dilakukan. Tidak perlu khawatir karena Experts PHP bukan satu-satunya situs web untuk mengunduh video dari TikTok.

Ada situs web lain yang bisa dipakai untuk mendownload video dari TikTok dan justru lebih terkenal daripada Experts PHP. Situs web ini bernama Savefrom.net. Kalau Anda sering mengunduh video dari YouTube pasti sudah akrab dengan situs web yang satu ini.

  • Kalau Anda lebih suka menggunakan perangkat PC, Anda perlu terlebih dahulu membuka situs web TikTok di tiktok.com. Apapun perangkat yang Anda gunakan, pastikan Anda sudah login dengan akun yang terdaftar di TikTok untuk bisa mengunduh video yang ada.
  • Setelah masuk ke akun TikTok versi web, Anda akan melihat video dengan format portrait seperti pada perangkat seluler. Di sebelah kanan setiap video akan ada 3 tombol berbeda, yaitu Like, Comment, dan Share. Arahkan kursor Anda ke atas tombol Share.
  • Akan muncul berbagai pilihan Share, yaitu Embed, Share to Twitter, Share to Facebook, Share to WhatsApp, serta Copy link. Klik kiri pada pilihan Copy Link untuk menyalin alamat video TikTok yang Anda sukai tersebut.
  • Cara download video TikTok adalah membuka tab baru dan mengunjungi situs web Savefrom.net. Alamat Savefrom.net adalah https://id.savefrom.net/download-from-tiktok. Anda akan melihat halaman untuk mengunduh video khusus dari platform TikTok.
  • Paste atau tempelkan link yang tadi sudah Anda salin atau copy dari TikTok di kolom Masukkan URL. Selanjutnya tinggal klik tombol Unduh, tepat di samping kolom Masukkan URL tersebut.

Paste-atau-tempelkan-link-yang-tadi-sudah-Anda-salin-atau-copy-dari-TikTok-di-kolom-Masukkan-URL

  • Setelah menunggu sebentar, di bagian bawah kolom pencarian tadi akan muncul hasil pencarian dari video TikTok yang Anda inginkan. Anda bisa langsung mengklik tombol Unduh untuk mendownload video TikTok dalam format MP4.
  • Atau Anda juga bisa mengklik logo panah kebawah yang ada di samping tombol Unduh untuk melihat pilihan download lain yang tersedia. Biasanya, akan tersedia format MP4 dan MP3. Untuk mendownload file suara atau audionya saja, klik pada pilihan MP3.

Setelah mengklik tombol Unduh yang terakhir tersebut file akan otomatis didownload ke penyimpanan Anda, baik file MP3 atau MP4 sesuai yang Anda pilih. Tapi di beberapa web browser, khususnya yang ada di PC, Anda perlu memilih atau menentukan lokasi penyimpanan file tersebut terlebih dulu.

Dalam sekejap waktu file video atau audio yang Anda inginkan pun sudah tersimpan di perangkat PC maupun seluler. Anda bisa kembali ke halaman situs web TikTok dan mencari video lain untuk diunduh dengan menggunakan cara yang ketiga ini.

4. Cara download video TikTok dengan aplikasi ekstra

Cara berikutnya adalah cara khusus untuk para pengguna TikTok yang sering melihat-lihat serta mendownload video TikTok di smartphone. Kalau Anda sangat sering mendownload video TikTok tapi tidak ingin video-video tersebut berhiaskan watermark TikTok dan pemilik video, cara ini sangat ampuh.

Tapi Anda harus menyiapkan aplikasi tambahan terlebih dahulu dan memasangnya di perangkat Android yang Anda pakai untuk menonton TikTok. Aplikasi ini bernama SnapTik, app khusus untuk mengunduh video TikTok tanpa adanya watermark.

  • Buka Play Store di smartphone Android lalu download aplikasi SnapTik. App berukuran 25 MB ini bisa diunduh gratis dan dijalankan di perangkat seluler dengan sistem operasi minimal Android 5.0 atau versi lain yang lebih tinggi.
  • Sambil menunggu aplikasi tersebut berhasil terpasang di perangkat Android, buka app TikTok. Cari video di aplikasi TikTok yang Anda inginkan lalu tap tombol panah atau Share kemudian tap pada ikon rantai atau Copy Link.
  • Selanjutnya buka aplikasi SnapTik yang sudah terpasang di perangkat Android yang sama. Paste atau tempelkan link yang Anda salin dari platform TikTok tadi di kolom yang telah tersedia di aplikasi tersebut.
  • Tap pada tombol Download yang ada agar proses unduhan video TikTok bisa dimulai. SnapTik akan memunculkan beberapa pilihan video untuk diunduh. Anda bisa mendownload video tersebut dengan watermark atau tanpa watermark.

Tap-pada-tombol-Download-yang-ada-agar-proses-unduhan-video-TikTok-bisa-dimulai.-SnapTik-akan-memunculkan

  • Setelah memilih salah satu dari pilihan yang tersedia, video akan mulai diunduh. Tunggu sampai video tersimpan di galeri atau penyimpanan smartphone Anda. App ini juga bisa Anda pakai untuk memutar salah satu video TikTok dan langsung menyimpannya ke galeri.

Keunggulan dari aplikasi yang satu ini adalah ukurannya yang tidak terlalu besar. Anda juga bisa menggunakannya di hampir semua perangkat Android terbaru secara langsung dan gratis. Tidak dibutuhkan pendaftaran akun untuk bisa menggunakan aplikasi yang satu ini.

Kalau Anda sering mengunduh video dari TikTok, cara ini adalah cara yang lebih praktis daripada cara kedua maupun cara ketiga. Anda juga mendownload video dari TikTok yang tombol Save Video nya tidak tersedia.

5. Cara unduh video atau audio TikTok tanpa app

Selain video TikTok, ada juga pengguna TikTok yang tertarik untuk mendownload audio atau backsound yang dipakai di video tertentu. Tujuannya adalah menggunakan sound atau file audio tersebut untuk menciptakan video yang lebih menarik dan diunggah ke akun TikToknya sendiri.

Jika Anda adalah salah satu pengguna TikTok yang suka dengan berbagai lagu atau backsound di TikTok, ada sebuah situs web terbaik yang bisa dipakai untuk mendapatkan backsound maupun berbagai video dari platform TikTok. Berikut cara download video TikTok di situs tersebut.

  • Buka aplikasi TikTok atau kunjungi situs web TikTok di tiktok.com. Setelah login dengan memakai akun TikTokyang terdaftar, temukan video TikTok yang Anda sukai atau yang backsoundnya Anda inginkan.
  • Tap tepat di tombol Share atau ikon berupa panah yang menghadap ke arah kanan. Pilih menu Copy Link yang tersedia. Menu tersebut ada di barisan kedua di aplikasi TikTok smartphone dan di bagian paling bawah jika Anda mengakses TikTok di PC.
  • Jalankan web browser di perangkat seluler atau buka tab baru kalau sejak awal Anda menggunakan web browser PC untuk membuka TikTok. Ketikkan alamat situs web Musically Down di https://musicaldown.com.
  • Setelah halaman Musically Down terbuka, paste atau tempelkan link video TikTok tadi di bagian Enter TikTok Video or Song Link. Klik atau tap tombol Download yang dilengkapi tanda pesawat kertas di bagian bawah kolom berisi link video TikTok.

Setelah-halaman-Musically-Down-terbuka-paste-atau-tempelkan-link-video-TikTok

  • Tidak butuh waktu lama untuk muncul Video Preview dari link yang Anda tempelkan tadi. Di bawah preview terdapat Video Details yang berisi judul dari video TikTok yang Anda salin. Tap di tombol Download MP4 Now di bagian bawah details untuk mulai mendownload video.
  • Tersedia beberapa link download untuk mengunduh video. Anda bisa memilih salah satu link yang berfungsi. Kalau salah satu link tidak bekerja, klik di link download MP4 yang lainnya. Klik atau tap Download MP3 Now untuk mendownload backsound audionya saja.
  • Kalau Anda memilih untuk mendownload video, halaman pemutar video akan terbuka. Klik kanan pada video tersebut lalu klik pada pilihan Simpan Video dengan Nama atau Save Video as. Tentukan tempat penyimpanan dan nama video lalu klik Save atau Simpan.
  • Tapi kalau Anda memilih untuk mengunduh file audionya, halaman lain akan terbuka, menampilkan Music Preview, Music Details, dan beberapa link untuk mengunduh file MP3. Tap atau klik salah satu link download MP3 dan file audio akan otomatis diunduh.

 

Mendownload video TikTok dari PC memang lebih mudah, praktis, dan nyaman untuk dilakukan. Jika Anda lebih sering menggunakan app TikTok di smartphone untuk melihat video tapi ingin mengunduhnya di PC, Anda bisa menyalin link berbagai videonya terlebih dahulu.

Kemudian kirimkan ke PC Anda untuk kemudian dibuka dan didownload menggunakan salah satu situs web di atas dan mengikuti cara download video TikTok yang paling mudah. Selanjutnya Anda bisa menonton semua video TikTok favorit Anda berkali-kali tanpa menghabiskan kuota internet.

 

Lihat Juga :