9 Aplikasi Alternatif Play Store


Play Store adalah sebuah toko sekaligus penyedia aplikasi terlengkap yang digunakan oleh user android. Selain menyediakan, masyarakat juga bisa menjual dan menyebarkan aplikasinya melalui Play Store. Namun pada beberapa kasus, dibutuhkan aplikasi alternatif Play Store untuk memenuhi kebutuhan lain.

Beberapa orang terkadang memilih menggunakan aplikasi lain yang mirip dengan Play Store untuk menemukan aplikasi tertentu. Ya, beberapa developer memilih untuk tidak merilis aplikasinya ke Play Store untuk beberapa alasan. Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi alternatif Play Store, berikut referensinya.

Aplikasi Alternatif Pengganti Play Store Terlengkap

1. ApkMirror

ApkMirror

Aplikasi alternatif pertama sebagai pengganti Play Store di daftar ini adalah ApkMirror. Sama seperti layaknya Play Store, aplikasi ini menyediakan hampir seluruh aplikasi yang tersedia di aplikasi Play Store. Bahkan Anda bisa menemukan beberapa aplikasi yang tidak dirilis untuk Play Store.

Kelebihan dari aplikasi ApkMirror adalah tidak ada batasan wilayah. Anda bisa mengunduh aplikasi apapun di seluruh wilayah di dunia. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang mungkin ingin menginstall aplikasi namun aplikasi tersebut tidak dirilis atau dibatasi di Indonesia.

Selain itu, ApkMirror juga tersedia pada situs web. Jadi apabila Anda ingin menghemat penggunaan memori, Anda bisa mengaksesnya melalui. Namun cara ini mungkin saja kurang efektif karena Anda harus menginstall aplikasi hasil unduhan secara manual.

Meskipun aplikasi ApkMirror tidak memiliki batas wilayah dan membebaskan penggunanya untuk mengunduh aplikasi dari belahan dunia manapun, namun keamanan dari aplikasi ini tergolong sangat baik.

Sang developer tetap memberlakukan persyaratan ketat kepada developer aplikasi yang ingin mengupload aplikasi di ApkMirror. Akan ada berbagai verifikasi termasuk tanda tangan dari developer itu sendiri. Jadi tidak perlu khawatir akan adanya aplikasi palsu dan tindak kejahatan digital lainnya.

2. Amazon Store

Amazon-Store

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti Play Store adalah Amazon Store. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Amazon. Di sini, Anda bisa mencari dan mengunduh jutaan aplikasi menarik seperti layaknya Play Store.

Tampilan dari aplikasi ini sangat khas seperti layanan Amazon lainnya. Kombinasi warna kuning dan biru gelap memberikan kesan elegan seperti aplikasi Amazon lainnya. User experience yang dihadirkan oleh website ini juga cukup mudah. Anda yang sudah familiar dengan Play Store pasti tidak akan kesulitan.

Kelebihan dari Amazon Store adalah untuk aplikasi – aplikasi berbayar, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan di tempat lain termasuk Play Store. Jadi bagi Anda yang ingin membeli aplikasi berbayar tertentu dan ingin berhemat, belilah di Amazon Store.

Sayangnya aplikasi yang tersedia di Amazon Store tidak begitu lengkap, walaupun jumlahnya masih tetap banyak. Ada beberapa aplikasi di Play Store yang tidak tersedia di sini, contohnya aplikasi chatting paling populer WhatsApp.

Jadi jika Anda hendak mengunduh aplikasi tertentu di Amazon Store, periksa dahulu apakah aplikasi tersebut tersedia di toko ini.

Amazon Store tersedia dalam bentuk web, sehingga Anda tidak perlu repot menginstall aplikasi dahulu karena bisa langsung mengunduh aplikasi dari web kemudian menginstallnya secara manual.

Untuk masalah keamanan, tidak perlu diragukan lagi. Amazon adalah perusahaan besar yang pastinya sudah terjamin keamanannya. Semua aplikasi yang ada di Amazon Store pasti sudah difilter dengan ketat dulu agar tidak ada virus atau aplikasi yang bisa merugikan pengguna.

3. QooApp

QooApp

Bagi para gamer mobile, memainkan game-game terbaru dengan kualitas tinggi memiliki kepuasan tersendiri. Namun sayangnya beberapa kali developer game bagus tidak merilis gamenya secara global dulu dan memilih merilisnya dengan lingkup yang lebih sempit.

Hasilnya, game tersebut tidak tersedia di Play Store dalam waktu yang lama. Jika Anda merasa demikian, mungkin Anda bisa mencoba aplikasi bernama QooApp. Aplikasi ini merupakan aplikasi alternatif Play Store yang lebih condong ke bidang game mobile.

Di aplikasi ini, Anda bisa menemukan game-game keren yang tidak ada di Play Store. Game yang dirilis di aplikasi ini umumnya game yang hanya dirilis untuk wilayah Jepang, China dan Korea. Namun tidak menutup kemungkinan untuk game yang dirilis secara global namun tidak ada di Play Store.

Walaupun menyerupai Play Store, namun QooApp memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh Play Store. Fitur – fitur ini dapat membantu Anda menemukan game terbaik yang tidak bisa Anda temukan di Play Store. Beberapa fitur QooApp antara lain :

News

Aplikasi QooApp memiliki kolom tersendiri untuk berita game terkini. Di sini Anda bisa mengikuti berita tentang game favorit Anda maupun berita tentang perkembangan game dunia. Namun kebanyakan yang muncul di sini adalah game-game dari Asia.

Dengan memantau berita dari kolom News di QooApp, Anda bisa mengetahui tentang game apa yang sedang hits saat ini, game yang paling diantisipasi setiap tahunnya, dan game-game yang mendapatkan penghargaan.

Featured Games

Fitur Featured Games ini semacam etalase yang mengelompokkan game-game terbaik dalam kurun waktu tertentu. Jadi jika Anda bingung ingin main game apa, Anda bisa langsung saja memilih game dari kolom featured games ini. Kualitas game-nya sudah pasti terjamin karena dikelompokkan berdasarkan penilaian tertentu.

Ada game dengan unduhan terbanyak, rating terbaik, atau game yang baru saja dirilis dan mendapatkan banyak perhatian. Ada juga game yang dikelompokkan berdasarkan event tertentu. Seperti saat natal, tahun baru, dan saat valentin.

Chat Group

Ini juga merupakan fitur yang sangat menarik dari QooApp. Di fitur chat group, Anda bisa ngobrol dengan pengguna QooApp lain dari seluruh dunia. Di sini bisa menjadi tempat Anda untuk mencari informasi atau sekadar berdiskusi tentang game-game terkini.

Fitur dari chat ini sendiri terbilang cukup baik. Anda bisa menemukan fitur-fitur dasar sebuah aplikasi chatting seperti menyimpan kontak, membuat grup, dan mengeksplor kontak yang sudah ada.

Untuk menggunakan QooApp, Anda harus mengunduhnya dari link yang banyak tersedia di internet.

4. Apk Pure

Apk-Pure

Apk Pure adalah aplikasi alternatif Play Store yang sangat banyak digunakan saat ini. Aplikasi ini menyediakan jutaan aplikasi yang seluruhnya juga bisa Anda temukan di aplikasi Play Store. Jadi Anda bisa menggunakan aplikasi ini jika sewaktu-waktu aplikasi Play Store Anda mengalami error.

Apk Pure memiliki sistem keamanan yang sangat baik. Jadi bagi Anda yang berniat mengunduh aplikasi dari Apk Pure dan masih ragu, hilangkan keraguan Anda karena aplikasi ini memiliki keamanan yang mirip seperti Play Store.

Anda tidak akan menemukan aplikasi dengan virus atau yang mengandung phising, scamming, dan kejahatan digital lainnya.

Sistem yang ada di Apk Pure ini cukup baik. Anda masih bisa menilai aplikasi berdasarkan rating yang tersedia di setiap aplikasi, melihat deskripsi setiap aplikasi, melihat versinya, dan masih banyak lagi.

Kekurangan dari Apk Pure mungkin dari segi user interface yang banyak berbeda dengan Play Store sehingga Anda yang belum terbiasa mungkin membutuhkan waktu untuk beradaptasi dahulu. Apk Pure sendiri tersedia dalam dua versi yaitu versi website dan aplikasi.

Jika Anda tidak keberatan dengan penggunaan memori internal smartphone, Anda bisa menginstall versi mobile dari Apk Pure. Karena ini dinilai lebih efisien terutama untuk instalasi aplikasi. Namun jika memori hp Anda sudah tidak memadai, maka gunakan saja versi websitenya.

5. Aptoide

Aptoide

Aptoide bisa menjadi pilihan lain selain Play Store di smartphone android. Aplikasi ini bisa dibilang merupakan saingan dari Play Store karena mampu menyediakan jutaan aplikasi yang sangat lengkap bahkan aplikasi yang tidak tersedia di Play Store.

Di sini tersedia juga aplikasi-aplikasi populer seperti WA, Facebook, Tiktok, game Roblox, dan aplikasi populer lainnya. Dari segi user interface, Aptoide memiliki perbedaan yang jauh dengan Play Store, jadi Anda harus beradaptasi dulu untuk bisa menggunakan aplikasi Aptoide ini.

Aptoide menyediakan aplikasi yang mungkin tidak tersedia di suatu daerah. Karena di Aptoide, aplikasi yang tersedia tidak lagi dibatasi secara geografis. Anda bisa mengunduh aplikasi apapun yang mungkin saja tidak tersedia di daerah Anda.

Menariknya, ada beberapa aplikasi berbayar yang tersedia di Aptoide secara gratis. Namun Anda perlu berhati – hati karena aplikasi semacam ini umumnya sudah melalui modifikasi sehingga ada kemungkinan sudah tersusupi virus atau semacamnya.

Aptoide tersedia dalam bentuk web dan aplikasi. Namun versi aplikasi lebih direkomendasikan karena lebih mudah digunakan dan ukurannya pun cukup ringan. Sehingga tidak akan terlalu membebani kinerja smartphone dan memori internal.

6. F-DROID

F-DROID

F-DROID adalah aplikasi penyedia aplikasi yang cukup menarik. Di sini tersedia berbagai aplikasi dengan lisensi open source yang bisa secara bebas diambil dan dimodifikasi code dan repository-nya. Tentunya ini sangat menarik bagi para programmer.

Namun perlu diingat bahwa aplikasi ini tidak menyediakan aplikasi selengkap alternatif Play Store yang sudah kami jelaskan di atas. Anda hanya akan menemukan beberapa aplikasi populer dan lebih banyak aplikasi open source.

Memang, F-DROID lebih cocok untuk programmer atau mereka yang sedang mempelajari aplikasi dengan memanfaatkan repository open source sehingga mereka dapat mengembangkan sebuah aplikasi dan membuat sebuah karya.

Dari segi desain mungkin F-DROID memiliki kekurangan karena tampilannya masih seperti aplikasi lama khas aplikasi generasi awal di android.

7. Getjar

Getjar

Selain F-Droid, Getjar juga merupakan aplikasi alternatif Play Store yang sangat unik. Apakah Anda masih ingat dengan game berekstensi .jar yang pernah populer beberapa tahun yang lalu? Nah, Anda bisa menemukan beberapa dari game tersebut di aplikasi ini.

Jadi, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bernostalgia dengan game android favorit di masa lalu yang sudah tidak bisa ditemukan di Play Store. Namun tidak hanya itu, tentunya Anda masih bisa menemukan banyak aplikasi populer lainnya seperti layaknya Play Store.

Di Getjar, Anda juga bisa menemukan berbagai aplikasi yang tidak bisa ditemukan di Play Store seperti aplikasi emulator, game-game indie yang hanya dirilis untuk wilayah tertentu, hingga aplikasi yang dilarang untuk diunggah di Play Store. Tentunya Anda harus berhati-hati untuk aplikasi semacam ini.

Sayangnya untuk urusan tampilan Getjar dirasa masih kurang. Karena user interface dari aplikasi ini masih terkesan seperti aplikasi lama dan kurang user friendly.

8. Humble Bundle

Humble-Bundle

Lagi-lagi untuk para gamer, kami memiliki rekomendasi aplikasi pengganti Play Store yang sangat menarik. Namanya adalah Humble Bundle. Di sini, tersedia banyak sekali game yang sangat menarik dan bisa didapatkan dengan mudah.

Dikatakan mudah karena Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang sangat terjangkau khusus aplikasi berbayar. Prinsipnya adalah Anda bisa membayar berapapun untuk mendapatkan sebuah game atau bahkan bundle game.

Dan jangan lewatkan juga event – event yang sering diadakan oleh aplikasi ini. Karena Humbel Bundle sangat sering mengadakan event dan bagi – bagi game gratis kepada para penggunanya.

Tenang, meskipun banyak yang gratis dan harganya murah, game yang Anda dapatkan tetap merupakan game original. Jadi Anda tetap bisa memainkan game tersebut secara legal, mendapatkan fitur dari game secara full, serta tak perlu khawatir terkena banned atau suspend dari developer asli.

Anda mungkin berpikir, lantas dari mana Humble Bundle mendapatkan untung? Jawabannya adalah Humble Bundle sering berkolaborasi dan bekerja sama dengan para developer untuk menghadirkan game murah. Menariknya lagi, uang hasil penjualan game tersebut akan masuk ke program amal terkait.

Jadi, tidak hanya membeli game, secara tidak langsung Anda juga beramal untuk mereka yang membutuhkan melalui Humble Bundle.

9. 9Apps

9Apps

9Apps adalah sebuah platform penyedia aplikasi yang bisa dipilih sebagai alternatif pengganti Play Store. Di sini menyediakan banyak aplikasi seperti layaknya Play Store. Bahkan Anda bisa menemukan beberapa aplikasi berbayar di Play Store dan tersedia gratis di 9Apps.

Namun Anda perlu berhati-hati dari segi keamanan. Karena 9Apps tidak memiliki sistem sebaik penyedia aplikasi lain. Namun dari segi tampilan dan navigasi, aplikasi 9Apps cukup simpel dan mudah digunakan. Jika Anda terbiasa menggunakan Play Store, maka Anda tidak akan terlalu kesulitan ketika pindah ke 9Apps.

Tips Memilih Aplikasi di Aplikasi Alternatif Play Store

Mengunduh aplikasi selain di Play Store yang sudah disediakan Google untuk platform android membutuhkan kehati-hatian ekstra. Karena dikhawatirkan adanya celah sistem keamanan yang menjadi jalan masuknya virus yang dapat merugikan Anda sebagai pengguna.

Untuk itu, berikut ini kami berikan saran dan tips saat akan mengunduh aplikasi di luar Play Store :

1. Pastikan Aplikasi Langsung dari Developer Asli

Pastikan-Aplikasi-Langsung-dari-Developer-Asli

Saat mengunduh sebuah aplikasi, pastikan developer aplikasi tersebut merupakan developer resmi yang memang mengembangkan aplikasi itu. Jika pada keterangan developer ternyata berbeda, sebaiknya tinggalkan aplikasi tersebut karena berpotensi telah disusupi modifikasi yang berisiko.

2. Perhatikan Rating Aplikasi

Perhatikan-Rating-Aplikasi

Rating sangat bermanfaat tidak hanya untuk melihat kualitas aplikasi, tapi juga menilai keamanan aplikasi tersebut. Umumnya, pengguna yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi tersebut tidak segan untuk membagikan pengalamannya dalam hal kualitas maupun keamanan. Anda bisa menilainya dari sini.

3. Sistem Keamanan Penyedia Aplikasi

Sistem-Keamanan-Penyedia-Aplikasi

Memang, kebanyakan penyedia aplikasi kini sudah menerapkan keamanan sangat ketat untuk developer yang ingin mengunggah aplikasi di platformnya. Namun tidak ada salahnya Anda tetap waspada agar terhindar dari aplikasi-aplikasi yang bisa merugikan smartphone Anda.

Ada banyak aplikasi alternatif Play Store yang tersebar di Internet. Pastikan Anda menggunakan yang sesuai dengan kebutuhan seperti untuk mencari game atau mencari aplikasi saat Play Store sedang error. Tetaplah berhati-hati terutama terhadap ancaman kejahatan siber yang bisa masuk darimana saja.

 

Lihat Juga :