Arti Mutualan IG


Ketika menggunakan aplikasi IG atau Instagram tentu ada beberapa kata atau istilah yang awalnya belum Anda pahami. Seperti misalnya arti mutualan IG yang banyak dibicarakan di sosial media saat ini, tetapi Anda belum tahu apa artinya.

Mutualan ini menjadi salah satu istilah yang sedang populer saat ini. Mutualan yang terdapat pada aplikasi IG sering digunakan, tetapi memang belum banyak yang tahu. Para pengguna yang membacanya pun tidak terlalu memerhatikan sehingga banyak yang belum paham artinya.

Arti Mutualan IG yang Harus Anda Ketahui

Arti-Mutualan-IG-yang-Harus-Anda-Ketahui

Supaya tidak kebingungan lagi dengan arti kata atau istilah mutualan di aplikasi IG tersebut, maka Anda harus mengetahuinya. Mutualan yang biasa dipakai di aplikasi ini artinya sangat unik, karena berasal dari bahasa gaul anak muda zaman sekarang yang sering digunakan di media sosial.

Misalnya seperti di Facebook, Twitter, Instagram itu sendiri, dan sebagainya. Dalam satu aplikasi biasanya memang memiliki banyak istilah dengan arti yang berbeda-beda. Sama halnya dengan istilah mutualan ini, yang awalnya berasal dari Bahasa Inggris.

Mutualan ini berasal dari bahasa Inggris yaitu mutual, artinya mutual bersama atau saling mengikuti suatu akun satu sama lain. Dalam media sosia, banyak orang yang mengartikan mutualan ini sebagai saling memfollow atau saling mengikuti misalnya dalam media sosial IG tersebut.

Jadi pada intinya, arti mutualan IG adalah saling berteman dan juga saling memfollow masing-masing pengguna di aplikasi IG tersebut.

Jika Anda sudah paham dengan arti dari mutualan ini maka kini jika Anda melakukan percakapan di chat tentang mutualan, artinya Anda harus saling memfollow dengan orang lain.

Apabila diartikan dalam bahasa gaul, maka arti mutualan ini adalah untuk mengajak pengguna suatu akun IG untuk mengikuti akun lainnya. Setelah itu orang tersebut akan langsung memfollow back atau mengikuti kembali.

Walaupun memang artinya memang saling follow dan unfollow. Namun sebagai anak muda kekinian yang juga menjadi pengguna IG, maka Anda harus tahu artinya.

Supaya nanti ketika menggunakan aplikasi IG Anda tidak akan menjadi kuper karena belum tahu apa arti mutualan tersebut, yang biasanya dibicarakan oleh para pengguna IG tersebut.

Bahasa Gaul Mutualan di IG atau Instagram

Bahasa-Gaul-Mutualan-di-IG-atau-Instagram

Kata mutualan di IG ini memang masuk ke dalam bahasa gaul, untuk itu jika Anda termasuk pengguna aktif IG harus tahu arti mutualan IG tersebut.

Jika Anda sudah tahu arti kata mutualan ini maka Anda bisa menggunakan kata tersebut di aplikasi lainnya seperti misalnya Facebook, Whatsapp, dan sebagainya, untuk meminta pertemanan. Anda bisa chat teman Anda pada inboxnya, untuk meminta mutualan dan saling mengikuti.

Namun banyak juga pengguna Facebook yang belum tahu arti mutualan ini, karena sebagian besar penggunanya memang belum paham karena jarang menggunakan kata mutualan tersebut.

Namun dengan mengetahui arti istilah mutualan tersebut maka hal itu akan menambah wawasan Anda dalam bahasa gaul di sosial media saat ini. Apabila jumlah follower Anda di IG sudah banyak maka Anda bisa membagikan link profil akun IG Anda sendiri.

Contohnya menggunakan media lain seperti Sociabuzz atau grup-grup influencer di Facebook. Setelah itu Anda bisa menerima banyak job melalui akun IG tersebut. Akan banyak orang yang menawarkan pekerjaan pada Anda melalui akun pribadi IG Anda dengan banyaknya jumlah follower.

Untuk Anda yang sudah memiliki jumlah follower puluhan ribu, ratusan ribu bahkan jutaan bisa menerima pekerjaan di akun IG tersebut. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah follower ini adalah dengan mutualan IG tersebut.

Seperti dalam pelajaran Biologi mengenai simbiosis mutualisme, yang artinya dua pihak yang saling memanfaatkan dan saling menguntungkan. Sama halnya dengan cara kerja dari mutualan di IG ini, yang akan saling menguntungkan bagi Anda dan akun lainnya yang saling memfollow.

Itulah sebabnya, arti mutualan IG secara sederhananya adalah hubungan yang terjadi antara dua pemilik akun IG, yang saling menguntungkan karena keduanya saling memfollow yang otomatis jumlah followernya semakin bertambah.

Mutualan tak hanya terjadi pada aplikasi IG saja tapi juga bisa terjadi pada aplikasi lainnya seperti misalnya Twitter, Facebook, Telegram, dan sebagainya.

Manfaat Menggunakan Mutualan IG

Manfaat-Menggunakan-Mutualan-IG

Ada beberapa fungsi dan kegunaan dalam menggunakan mutualan IG ini, yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Bisa menambah jumlah follower IG dengan cara manual tetapi tidak sampai melanggar kebijakan dari aplikasi IG itu sendiri.
  • Bisa mutualan untuk nantinya bisa saling comment, like, dan share link, foto, ataupun video, pada postingan.
  • Bisa menambah kenalan dan menjalin silaturahmi dengan banyak orang.

Cara Melakukan Mutualan di IG

Setelah mengetahui arti mutualan IG kini Anda harus tahu cara melakukan mutualan di IG, dengan cara-cara berikut ini:

1. Mengirim DM ke Pemilik Akun Instagram

Mengirim-DM-ke-Pemilik-Akun-Instagram

Bagi Anda yang baru memiliki akun IG dan ingin menambah banyak teman dengan jumlah follower yang natural, bisa mengirimkan DM terlebih dulu untuk bisa mutualan IG ke salah satu akun pribadi.

Anda harus memfollow orang itu terlebih dulu kemudian mengirim DM dengan pesan yang menyiratkan bahwa Anda ingin berteman dengannya dan ingin difollow balik. Gunakan bahasa yang sopan dan enak dibaca serta mudah dipahami.

Tips melakukan mutualan IG dengan sukses yaitu:

  • Sebaiknya follow dahulu teman-teman di IG yang memang Anda kenal misalnya teman SD, SMP, SMA, atau teman main.
  • Follow akun-akun IG yang memang aktif dan sering menggunakan IG tersebut, sehingga mereka mau memfollow balik Anda.
  • Tak usah memfollow artis karena besar kemungkinan tidak akan difollow balik.
  • Follow akun IG seseorang yang memang menarik perhatian bisa juga menjadi pilihan.

2. Mutualan IG Melalui Grup Whatsapp

Mutualan-IG-Melalui-Grup-Whatsapp

Cara yang kedua dalam melakukan mutualan IG adalah dengan melalui grup Whatsapp. Biasanya grup WA adalah orang-orang yang memang sudah Anda kenal dengan baik. Orang-orang di dunia nyata yang akan lebih mudah melakukan mutualan di sana.

Melalui grup WA Anda dapat melakukan mutualan secara rutin dengan cara:

  • Saling memfollow akun masing-masing.
  • Menambahkan comment dan like di IG dengan rutin pada setiap akun anggota grup misalnya dalam waktu seminggu sekali saja.
  • Berbagi informasi mengenai pekerjaan.

3. Mengisi Pesan Pribadi Melalui Bio Akun Instagram

Mengisi-Pesan-Pribadi-Melalui-Bio-Akun-Instagram

Anda juga dapat menambahkan pesan pribadi di bio akun pribadi Anda di IG, misalnya dengan menyebutkan bahwa Anda meminta untuk saling mutualan dengan saling memfollow.

Jika orang-orang sudah memfollow Anda dan ingin difollow balik, mereka bisa memberi tahu melalui DM. Hal ini bisa memancing akun IG yang lainnya, yang membuka akun IG Anda untuk memfollow kemudian akhirnya kalian bisa saling mutualan.

Selain tiga cara tersebut Anda juga bisa menggunakan mutualan ini dengan mengirim pesan pribadi melalui Whatsapp pada orang-orang yang Anda kenal.

Istilah-istilah Lainnya di Aplikasi Instagram

Istilah-istilah-Lainnya-di-Aplikasi-Instagram

Salah satu istilah yang saat ini sedang populer adalah mutualan di IG. Namun tahukah Anda istilah lainnya yang ada pada aplikasi Instagram tersebut? Banyak sekali istilah atau bahasa gaul yang digunakan oleh para pengguna Instagram saat ini.

Sebelum membahas istilah gaul atau yang lainnya, Anda juga harus tahu apa saja istilah lainnya di Instagram terutama istilah untuk akun-akun bisnis IG. Berikut ini beberapa istilah di dalam aplikasi Instagram yang harus Anda pahami:

Activity Feed

Istilah ini adalah sebuah pemberitahuan yang dimana di dalamnya akan ada pemberitahuan tentang apa saja yang dilakukan oleh akun lain pada akun pribadi Anda. Misalnya mention username di akun Anda, menambahkan like dan komentar di posting Anda, dan lain-lain.

Bio

Adalah singkatan dari Biography yang merupakan keterangan singkat tentang diri Anda, sebagai pengguna Instagram tersebut. Bio tersebut harus dituliskan supaya orang-orang yang akan memfollow Anda tahu, dan paham siapa diri Anda.

Letak Bio ini ada di bawah username Anda di bagian profil. Anda juga bisa menambahkan emoji di sana untuk membuat penampilan profil Anda menjadi lebih baik.

Caption

Merupakan keterangan/deskripsi mengenai apapun yang Anda post atau kirimkan di akun IG Anda. Dalam caption tersebut juga dapat memuat hastag atau tanda pagar. Tidak ada ketentuan khusus dalam membuat caption, semuanya terserah pada pengguna.

Sebaiknya caption ditulis dengan sopan dan tidak mengandung SARA, dan gunakan caption yang baik supaya bisa memberi inspirasi pada orang-orang yang membacanya.

Comment

Arti dari comment ini adalah komentar, yang berkaitan dengan komentar yang Anda lontarkan pada postingan orang lain atau diri sendiri. Kolom komentar juga digunakan untuk saling berinteraksi dengan akun lainnya.

Anda bisa menyertakan akun lain di kolom tersebut, dengan cara memention nama akun tersebut.

DM (Direct Message)

DM adalah pesan langsung yang dikirimkan oleh seseorang ke akun orang lain melalui chat messagenya atau inbox. Khusus untuk DM ini hanya bisa dilihat oleh pengguna, tidak bisa dilihat oleh akun lainnya.

Engagement

Tingkat keterlibatan pengguna di postingan Anda disebut dengan Engagement, yang mencakup hal-hal seperti komentar, like, hingga menyimpan postingan Anda.

Feed, Gallery, Atau Album

Makna dari ketiga istilah Feed, Gallery, Atau Album adalah koleksi foto atau video yang ada di profil Anda masing-masing. Setiap pengguna IG tentu mempunyai aliran tertentu, dalam menyebut ketiga istilah itu.

Banyak pengguna yang membuat feed IG mereka menjadi lebih unik dengan mengunggah foto yang bertema sama dalam jangka waktu tertentu.

Filter

Filter akan merujuk pada fitur yang terdapat di dalam aplikasi Instagram dalam memberi berbagai macam efek, pada foto yang diunggah di akun IG masing-masing. Contohnya efek untuk membuat foto menjadi lebih terang, sejuk, bersih, gelap, dan sebagainya.

Ada sekitar 20 efek di fitur filter Instagram yang bisa Anda gunakan untuk membuat foto yang diunggah menjadi lebih bagus.

Follower

Arti dari istilah follower adalah pengikut di akun IG Anda. Setiap pengikut nantinya akan memperoleh pemberitahuan mengenai postingan dari akun yang diikuti. Anda bisa mengikuti akun-akun IG yang memberi inspirasi dalam menjalani aktivitas setiap hari.

Contohnya akun-akun motivator, akun yang membahas tentang kepemudaan, atau akun yang membahas mengenai keagamaan.

Geotag

Lokasi yang ada di setiap postingan yang Anda unggah di IG disebut dengan geotag. Fungsi dari Geotag tersebut adalah untuk menunjukkan lokasi yang dimana nantinya Anda akan mengirim postingan secara real time ataupun tidak.

Fitur ini nantinya akan memudahkan Anda dalam mencari foto yang sudah lama Anda unggah.

Guide

Istilah pada guide ini berasal dari fitur baru Instagram yang nantinya akan memungkinkan Anda, untuk mengkurasi beberapa konten yang ada di aplikasi tersebut. Kemudian mengemasnya menjadi suatu topik tertentu.

Contohnya Anda membuat guide mengenai 7 Restoran dengan Menu Terenak di Bandung, nantinya Anda bisa memilih konten dari 7 restoran yang akan difiturkan pada Guide tersebut.

Hashtag

Tulisan apa saja yang Anda jadikan caption akan menjadi hastag jika Anda tambahkan simbol tagar atau #. Fungsi hastag ini adalah untuk membuat spesifikasi, tren, dan pengelompokkan serta pengerucutan di suatu bidang tertentu.

Gunakanlah fitur hastag ini sebagaimana mestinya, saat Anda memposting sesuatu atau yang buat hastag yang sesuai dengan postingan Anda.

Impressions

Dalam Instagram, Impressions ini akan memperlihatkan berapa kali Anda melihat video, foto, atau cerita. Jumlah ini sudah termasuk dengan setiap kali postingan Anda mengulir para feed akun yang Anda follow.

Caranya yaitu dengan mengklik profil bisnis untuk melihat foto serta melihat konten dari Instagram Direct.

Like

Seperti media sosial yang lainnya, aplikasi IG ini juga menyediakan fitur yang berupa ekspresi atau apresiasi pada postingan yang disukai. Caranya dengan mengetuk foto/video dua kali, lalu dengan otomatis gambar hati akan muncul di sana.

News Feed

Istilah ini akan mengacu pada akun IG yang Anda follow dan bisa dilihat di beranda yang bertanda rumah. Letak tanda rumah ini berada di kiri bawah layar. Pada fitur News Feed itulah seluruh aktivitas dari pengguna akun yang diikuti, akan diketahui secara langsung.

Post

Merupakan istilah yang mengacu pada setiap video/foto yang diunggah oleh pemilik akun. Dalam bahasa Indonesia post ini merupakan kiriman yang bisa berupa video ataupun foto. Dalam post ini juga sudah mencakup caption, user tag, hastag, dan geotag.

Private

Istilah private dalam Instagram artinya akun IG seseorang yang tak bisa ditampilkan oleh akun lainnya. Untuk dapat melihat profil akun itu maka Anda harus memfollow akun tersebut serta menunggu konfirmasi dari si pengguna terlebih dulu.

Reach

Jumlah pengguna unik yang melihat setiap postingan Anda dalam rentang waktu tertentu, disebut dengan reach.

Reel

Istilah reel pada IG adalah fitur baru di aplikasi ini yang hampir sama dengan TikTok, dan sudah tersedia di beberapa negara. Anda bisa membuat video dengan durasi 15 detik dengan fitur reel tersebut dan menambahkan efek/stiker yang menarik.

Saved

Jumlah berapa kali postingan Anda yang disimpan oleh audiens disebut dengan saved. Semakin informatif dan menariknya postingan Anda maka semakin mungkin bagi akun lain untuk menyimpan postingan tersebut.

Shop

Fitur baru lainnya di IG adalah Shop yang memungkinkan Anda untuk berjualan di sana. Tujuannya agar konsumen bisa melihat katalog barang Anda dengan mudah.

Masih banyak lagi istilah lain di IG yang harus Anda ketahui sebagai pengguna aplikasi tersebut. Setelah arti mutualan IG, tentu Anda harus tahu tentang istilah lainnya di IG agar bisa menggunakan fitur lainnya dengan mudah.

 

Lihat Juga :