Konsultasi Psikologi: Remaja Yang Sering Melakukan Selfharm dan Berfikir Untuk Bunuh Diri

Diposting: 3 Februari 2018 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 905 kali.

Psikolog: Ine Indriani, M.Psi, Psikolog

: Yunggrl

: Palu

: Wanita

Isi Konsultasi:

Remaja Yang Sering Melakukan Selfharm dan Berfikir Untuk Bunuh Diri. Saya remaja 16 tahun yang sering melakukan selfharm. Disekolah, teman-teman selalu memojokkanku. Aku ada di dalam kelas itu namun tak ada satu orang pun yang menanggapi diriku. Aku sangat kesepian dan juga depresi dengan keadaan ku yang sekarang.

Semenjak ada gosip yang mengatakan bahwa saya adalah seorang psikopat, semua orang menjauhi ku. Tak ada lagi yang ingin berteman denganku. Saya selau berfikir untuk membunuh diriku sendiri dan juga sudah berkali kali untuk mencoba bunuh diri. namun usaha itu selalu gagal.

Selain itu, saya juga selalu memikirkan untuk membunuh orang orang yang sudah membuat diriku menderita. Saya menumpahkan emosi ku dalam bentuk lukisan dan sayatan. saya sering melukis hal-hal yang berbau sadisme dan mengoleksi gambar gambar yang berbau sadisme.

Oh iya, setiap kali saya melihat benda tajam seperti pisau, cutter, obeng, palu dll, saya selalu membayangkan betapa asiknya jika bisa membunuh orang yang saya benci.

Menurut anda apa yang sedang terjadi dengan saya? thanks

Ine Indriani, M.Psi, Psikolog

Jawab:

Halo Yunggrl, Remaja Yang Sering Melakukan Selfharm dan Berfikir Untuk Bunuh Diri.

Tentunya tidak nyaman ketika kita punya pengalaman dipojokkan, kesepian dan merasa tidak ada yang bisa diajak berteman. 

Dari cerita kamu, sepertinya ada banyak perasaan-perasaan negatif yang kamu pendam dan tidak keluar. Seperti marah, sedih dan juga kecewa. Ketika emosi negatif tidak tersalurkan dengan baik, bisa membuat kita ingin melakukan hal-hal yang tidak seharusnya. Seperti menyakiti diri sendiri atau self-harm. Atau juga adanya pikiran-pikiran negatif tertentu. 

Saran untuk Remaja Yang Sering Melakukan Selfharm dan Berfikir Untuk Bunuh Diri

Hal baik yang sudah kamu lakukan adalah kamu mencoba mengkonsultasikannya ke email ini. Akan lebih baik juga jika kamu konsultasikan masalah kamu dengan psikolog yang bisa bertatap muka langsung. Hal itu berguna untuk mengeluarkan dan menstabilkan emosi-emosi negatif kamu.

Cobalah cari hal-hal positif yang bisa kamu lakukan untuk pengalihan dan lebih merasa optimis. Mungkin kamu bisa ikut komunitas tertentu sehingga kamu bisa mendapat teman dan lingkungan baru.

Lakukan juga olahraga pagi sekitar 20 menit. Tubuh dan otak terintegrasi satu sama lain. Ketika kita sedih, maka akan membuat tubuh kita tidak nyaman. Ketika badan kita sedang fit, kita bisa  merasa lebih happy. Oleh karena itu lakukan olahraga ringan (jalan kaki, berenang) untuk membantu regulasi tubuh dan pikiran tetap terjaga.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan “mindfulness“. Caranya? Rasakan tubuh kamu yang paling nyaman, diam sejenak beberapa menit sambil fokus ke bagian tubuh yang nyaman dan melihat ke arah yang nyaman (bisa ke kiri ke depan ke kanan, dst)  sampai perasaan kamu terasa lebih rileks.

Semoga bisa membantu dan emosi kamu bisa semakin lebih baik.

Salam bahagia,

Ine

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Merasa Selalu Dibedakan Dengan Saudara Yang Lainnya Oleh Orangtua.

Tentang Psikolog

Ine Indriani, M.Psi, Psikolog

Clinical Psychologist
Ego State therapist
Coach & Trainer
Talents Mapping Trainer & Practitioner
Parent Child Interaction Therapy (*in process for therapist certification)
Interested to trauma and performance
Interested to parents-child relationship and communication

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog