Problem Stress karena Suka Memendam Masalah.

Diposting: 30 Mei 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 1176 kali.

Psikolog: Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

: Sekar

: Jakarta

: Wanita

Isi Konsultasi:

 

Halo PsyLine.id Konsultasi Psikologi Online Indonesia.

Saya dari dulu tipe orang yang memendam masalah untuk menghindari konflik. Imbasnya saya stress atau emosi bisa tidak terkontrol. Bahkan ke arah menyakiti diri sendiri dan hyperventilating serta binge-eating.

Apa yang harus saya lakukan untuk mengobati ini? Rasanya dada selalu sakit dan sesak.

Mohon Bimbingannya. Terimakasih.

Drs. Julyvan Pertamawan, Psi.

Jawab:

Sekar yang baik, Problem Stress karena Suka Memendam Masalah. Memendam perasaan saat menghadapi masalah dan selalu berusaha menghindari konflik, sebenarnya merupakan bentuk defense mechanism. Hal itu bisa digunakan untuk siapa saja yang berusaha “menjaga” relasi antar individu dan menempatkan diri sebagai orang yang dinilai “baik”.

Citra baik ditangkap orang lain dan penerimaan sebagai seorang yang baik, tampaknya menjadi beban bagi Sekar. Dampak dari semua itu, Sekar merasa “tekanan” atau stress bahkan cenderung menyakiti diri sendiri.

Stress karena Suka Memendam Masalah

Kalau demikian adanya yang terjadi pada diri Sekar. Maka yang dapat disarankan adalah menyeimbangkan antara menjaga citra (jaim) dengan keinginan untuk menunjukkan ekspresi diri secara spontan.

Artinya, kalau merasa tidak suka, ya katakan tidak suka. Tentu saja dengan cara yang halus dan tidak menyinggung perasaan.

Contoh: teman Sekar ada yang membelikan makanan, kalau Sekar tidak menyukai makanan itu. Bisa saja langsung mengatakan: “Maaf ya, saya kurang suka makan itu”.

Kalau hasilnya terasa ada potensi konflik atau ada respon pemberi makan yang berpotensi konflik jangka panjang. Sekar dapat meminta maaf kembali dan setelah itu. Sekar dapat “menghapus” perasaan pada berbagai respon dari orang yang membelikan makanan. Itu hanya contoh.

Pada intinya, Saya ingin mengajak Sekar untuk secara bertahap mau mengungkapkan perasaan secara spontan. Namun tetap menjaga perasaan lawan bicaranya.

Untuk masalah binge-eating dan hyperventilating, saya kira Sekar dapat mencoba berbagai referensi yang tersedia secara on line.

Saya yakin Sekar mampu memahami dan dapat menentukan sendiri apakah Sekar membutuhkan asistensi dalam upaya mengatasinya.

  • Secara umum, hyperventilating dapat diatasi dengan latihan pernafasan.
  • Untuk binge-eating juga dapat dilakukan perubahan perilaku saat makan.

Nah, seberapa besar kebutuhan Sekar untuk dibantu, silakan Sekar tentukan sendiri. Menurut saya tidak dapat dilakukan melalui konsultasi tertulis. Harus ada sesi asistensi melalui konsultan secara langsung. 

Semoga membantu.

Salam Bahagia,

Konsultasi sebelumnya tentang:

Sulit Bahagia Karena Menggantungkan Kebahagiaan kepada Pacar.


Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Data ini akan membantu PsyLine.id Psikologi Online mencocokkan Anda dengan Psikolog yang paling cocok untuk Anda.
Jawaban jujur Anda juga akan memberikan Psikolog untuk mengenal latar belakang Anda sehingga dapat memberikan saran yang relefan.

Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu Anda menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Konsultasi Psikologi Gratis.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Tentang Psikolog

Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

Aktif di Himpsi Jaya (www.himpsijaya.org) dan Iluni Psikologi Universitas Indonesia.

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait:

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PSYLine.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog