Bagaimana Cara Mengambil Keputusan Dengan Tepat?

Diposting: 15 Juli 2017 | Kategori Artikel: Klinis & Kepribadian

Dilihat: 1708 kali.

Penulis: Arbono Lasmahadi

Mengambil keputusan adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam hidup. Mulai dari keputusan yang paling ringan hingga yang berat. Apakah Anda sering merasa bingung dalam Mengambil Keputusan Dengan Tepat? Ikuti saran dari Psikolog PsyLine.id Arbono Lasmahadi.

Dalam contoh kasus seperti berikut:

Dear Konselor Psyline,

Saya 23 tahun, harusnya sudah dewasa ya? Tapi mengapa saya sering bimbang dalam membuat suatu keputusan atau pilihan? Sering saya butuh waktu lama sekali untuk membuat suatu keputusan.

Misalnya waktu saya mau memilih tempat kos, memilih lowongan yang ingin saya lamar setelah lulus kuliah. Sampai memilih baju kerja yang mau saya beli.

Apakah saya orang yang peragu? Bagaimana cara mengambil keputusan dengan tepat, dan cepat? Apa saja yang perlu saya perhatikan untuk bahan pertimbangan?

Terimakasih.

Someone, somewhere.

Cara Mengambil Keputusan Dengan Tepat

Dalam hidup, memang kita tidak akan pernah lepas dari situasi yang menuntut kita mengambil keputusan. Dalam segala hal, mulai dari yang paling ringan, hingga yang sangat berat. Itu memang realitas hidup yang tidak bisa kita hindari. Dan setiap keputusan akan membawa konsekuensi bagi kita.

Mengambil Keputusan Dengan Tepat

Untuk Anda yang sering bingung dan ragu dalam mengambil keputusan dengan tepat, beberapa saran berikut. Semoga bisa membantu Anda dalam melakukan pertimbangan sebelum Mengambil Keputusan Dengan Tepat:

  1. Apa Alasan Pengambilan Keputusan

    Mengapa Anda harus mengambil keputusan? Semakin kuat dan penting alasan Anda untuk mengambil keputusan. Maka akan semakin banyak hal-hal yang perlu dipersiapkan dan dipertimbangkan.

    Contoh: Apakah Anda akan pergi ke Bandung karena ada undangan acara pernikahan sahabat lama atau karena sekedar jalan-jalan? Jawabannya akan menentukan keputusan untuk berangkat atau tidak.

  2. Risiko yang Muncul Bila Keputusan Diambil

    Semakin besar risiko yang akan muncul terhadap keputusan yang Anda ambil. Akan menentukan cara Anda mengambil keputusan dan waktu pengambilan keputusan.

    Contoh : Bila Anda memutuskan tidak jadi ke bandung untuk menghadiri pernikahan sahabat lama anda. Apakah persahabatan anda beresiko pecah atau tidak ?

    Berbeda dengan kalau alasan pergi ke bandung hanya karena sekedar ingin jalan-jalan. Mungkin Anda akan lebih mudah untuk membatalkannya karena resikonya tidak besar. Anda pun masih bisa menjadual ulang acara jalan-jalan anda. Sementara jadwal pernikahan sahabat anda pastinya tidak bisa diulang.

  3. Mengumpulkan Informasi Sebelum Mengambil Keputusan Dengan Tepat

    Mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk dapat mengambil keputusan dengan tepat.

    Untuk pergi ke Bandung menghadiri pernikahan sahabat lama, Anda memerlukan informasi seperti berikut: Kapan dan di mana tepatnya acara berlangsung? Tanggal, hari, waktu,dan alamat berlangsungnya acara.

    Bila acara berlangsung di hari libur tentu persiapan yang perlu dibuat berbeda dengan di hari biasa. Hal ini mengingat kita tahu bersama, di hari libur kemacetan terjadi di mana-mana. Apakah karena itu, Anda perlu berangkat pada hari Jum’at dan menginap semalam. Atau pergi pagi-pagi sekali, agar tidak terjebak kemacetan di jalan tol maupun di dalam kota Bandung.

Bila point 1,2 dan3 telah Anda lakukan, selanjutnya…just do it…take a decision.

Yang perlu Anda ingat, tidak mengambil keputusanpun ada resikonya. Jangan ragu mengambil keputusan, kalau Anda ingin terus maju dalam hidup.

Namun kadang kala kita gundah dan stress karena tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat. Dan kita tidak tahu akan kemana kita berbagi cerita. Kita bisa saja melakukan curhat secara online. Tempat curhat online yang bisa kita gunakan adalah di PsyLine.id Psikologi Online Indonesia.

Kita bisa berbagi cerita kepada Psikolog berpengalaman pada bidangnya. PsyLine.id adalah sebuah situs Psikologi Online Indonesia yang membantu kita yang membutuhkan. PsyLine.id  menjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu kita menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Semoga sukses selalu untuk Anda.

Salam Bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Psikologi Online: BAHAGIA YANG SEBENARNYA ITU APA?

Tentang Penulis

Arbono Lasmahadi

Psikolog Senior
Alumnus Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Praktisi Senior Manajemen Sumber Daya Manusia.
Pengurus IOC.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog