Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

9 Makanan yang akan membuatmu Bahagia

Gaya Hidup & Sosial | 700 Views

9 Makanan yang akan membuatmu Bahagia dan terhindar dari stress.

7 Juni 2017 | Penulis: Riswandi Alekhine

Apakah Kamu merasa tertekan, stress, cemas, depresi bahkan frustasi? Tenang. Kamu tidak sendirian Sob. Artikel dari PsyLine.id Psikologi Online Indonesia ini membahas tentang 9 Makanan yang Akan Membuatmu Bahagia.

Setiap manusia memiliki tantangan perkembangan dalam hidupnya. Dari balita hingga Kita manula, memiliki tantangan perkembangan hidup yang tentu berbeda-beda. Kadang-kadang jika kita tertekan atau stress, Kita sering berpikir bahwa kita sendirian.

Hal inilah yang perlu kita buang jauh-jauh. Bahkan orang yang kita anggap sudah nyamanpun,  memiliki tekanan besar yang kita tidak tahu.   Pernahkan kita mendengar orang-orang yang harusnya sudah memiliki segalanya tapi tetap depresi dan frustasi? Karena kebahagian itu perlu selalu dijaga dan diperjuangkan.

Baca juga:

10 Tanda Kamu Sedang Mengalami Stress.

7 Manfaat Memasak untuk Kesehatan Jiwa: Memasak Hempaskan Galau.

Salah satu tips untuk membuatmu bahagia adalah pada makanan. Oleh karena itu, cari tahu yuks 9 makanan yang akan membuatmu bahagia ini.

9 Makanan yang Akan Membuatmu Bahagia

  1. Coklat Hitam


    Ada beberapa orang yang sedang stress biasanya melakukan pelarian dengan makanan, terutama coklat. Nah silahkan teruskan kebiasaan ini, tetapi ganti coklatnya yah dengan Dark Chocolate atau Coklat Hitam.

    Kenapa?

    Dark Chocolate terbukti mengandung lebih banyak anti oksidan, polifenol, flavanol, dibandingkan berbagai jenis buah-buahan. Selain itu, makanan ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga mampu mengurangi rasa stress yang dialami.

    Tapi efek samping kegemukan juga mesti dihindari yah hahaha. Jangan sampai stress percintaannya hilang, malah timbul stress karena berat badan. 😉

  2. Alpukat

    Salah satu kandungan yang sangat khas pada Alpukat adalah asam folat.

    Lalu apa hubungannya antara folat dan kebahagiaan kita?

    Jadi begini ceritanya sob. Folat itu berfungsi untuk mencegah penumpukan homosistin. Sebuah zat yang mengganggu sirkulasi nutrisike otak. Penumpukan homosistin juga mengganggu produksi serotonin, dopamine dan noreprinephrine. Hal itu akan berpengaruh pada pengaturan mood, tidur dan minat untuk melakukan suatu.

    Semua hormone tersebut sangat berpengaruh terhadap level stress yang kita alami.

  3. Sayuran Hijau Tua

    Sama dengan Alpukat, sayuran hijau tua memiliki kandungan tinggi folat. Seperti penjelasan diatas, ada korelasi antara asam folat dengan level depresi yang kita alami. Disamping itu, sayuran yang berwarna hijau tua dapat membantu memperlambat penuaan dan mengandung vitamin K. Sehingga dapat menguatkan daya ingat dan keterampilan berpikir.

  4. Bawang Putih

    Selain menjadi bumbu makanan untuk menambah kenikmatan, bawang putih merupakan anti oksidan. Dimana hal ini dapat membantu imun tubuh untuk melawan penyakit-penyakit di tubuh kita.

    Para peneliti, menemukan fakta bawah bawang putih bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan rasa stress. Jadi dengan bawang putih kita mendapatkan 2 manfaat sekaligus, yaitum eningkatkan imun tubuh dan mengurangi rasa stress.

  5. Tiram

    Salah satu kandungan yang khas dari Tiram ada seng. Meskipun tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak, tetapi zat ini berperan sangat penting dalam tubuh kita. Salah satunya adalah meningkatkan imun tubuh.

    Dalam setiap ekor tiram, terkandung zat seng sebanyak delapan hingga Sembilan miligram. Apabila tubuh kita setiap harinya hanya perlu 15 miligram seng. Berarti menambahkan satu ekor kerang dalam menu makanan kita akan memberikan dampak yang cukup signifikan.

  6. Daging Kalkun

    Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Psychiatry & Neuro science menjelaskan bahwa daging kalkun memiliki kandungan triptofan yang berkhasiat menenangkan hingga membuat tertidur. Hal inilah yang membuat fenomena “ketiduran” pada perayaan Thanks giving.

  7. Makanan/Minuman Berfermentasi

    Kehebatan makan dan minuman berfermentasi adalah mereka memiliki kandungan bakteri baik dan menguntungkan bagi tubuh manusia. Mereka membantu proses pencernaan dan mendukung system kekebalan dalam tubuh.

    Dengan mengonsumsi makanan berfermentasi, imun kita semakin kuat, sehingga kecemasan dan depresi dapat kita minimalkan.

  8. Kacang Mede

    Kacang mede merupakan makanan yang baik bagi jantung karena bebas kolesterol. Disamping itu, kacang mede memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi. Hal itu dapat membantu system imun tubuh kita.

    Jadi, selain jantung sehat kita pun akan terhindar dari depresi jangka panjang.

  9. Kwaci

    Makanan yang digemari ibu-ibu karena menjadi teman mengobrol ini ternyata memiliki kandungan magnesium. Dimana magnesium berperan sebagai perintis neuro transmitter seperti serotonin sangat terkenal karena kemampuannya mempengaruhi emosi seseorang. Zatini juga mampu menciptakan kenyamanan dalam tubuh kita.

Baca juga:

Rasa Marah dan Kentang: Apa Hubungannya Coba..?

9 Manfaat Makan Pete untuk kondisi Kejiwaan Anda.

Nah sudah tahukan 9 makanan yang akan membuatmu bahagia? Mulai dari sekarang, jika kita sudah mulai tertekan dengan tekanan hidup dan tidak bahagia, langsung saja konsumsi 9 makanan tersebut.

Akan tetapi, ingat juga bahwa kesehatan mental perlu factor lainnya. Hadapi masalah, bersosialisasi dengan baik, olahraga teratur dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini semakin membuat Kita bahagia.

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

13 Manfaat Bermain bagi Perkembangan Jiwa Anak.

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan