Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Tidak Bisa Membuat Status WhatsApp


Aplikasi perpesanan WhatsApp memperkenalkan fungsionalitas barunya berupa status harian atau story wa, mirip dengan Instagram Stories. Fitur ini telah menerima respon yang baik dari semua pengguna WhatsApp dan peringkat dan ulasan WhatsApp di Google Play Store juga mengesankan.

Namun sayangnya, ada beberapa pengguna yang bermasalah dengan fitur ini. Beberapa pengguna tidak dapat membuat status atau cerita di WhatsApp. Pengguna yang tidak dapat membuat instance tentu akan kesulitan untuk mengatasi masalah yang ada.

Masalah bisa bermacam-macam, mungkin karena update aplikasi tidak sempurna, ada file sampah atau RAM penuh, dll. Supaya jelas mari kita lihat pembahasan lebih lengkapnya.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status WhatsApp

Membuat Status WhatsApp

Alasan WhatsApp tidak bisa digunakan untuk membedakan status secara jelas antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Umumnya, pengguna WhatsApp menghadapi masalah berikut.

  • Tidak dapat mengirim status WhatsApp. Kemungkinan ini disebabkan oleh koneksi internet tidak stabil atau memang aplikasinya yang eror.
  • Kamera WhatsApp tidak dapat dimuat. Mungkin ada masalah dengan kamera ponsel, karena kegagalan fungsi sistem atau kamera.
  • Terjadi kesalahan saat memutar video status WhatsApp. Hal ini biasanya disebabkan oleh koneksi internet.
  • Status WhatsApp tidak ditampilkan. Anda mungkin bersembunyi dari teman-teman Anda sehingga mereka tidak dapat melihat status/riwayat Anda.
  • dll.

Ada beberapa metode yang bisa Anda coba lakukan seperti membersihkan file sampah dan menghapus data aplikasi. Yang terpenting, pastikan Anda memperbarui aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru melalui imigrasilampung dan kemudian lanjut simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Restart Android

Coba restart smartphone Android kamu, siapa tahu bisa normal kembali dengan WhatsApp ini. Ini sangat mungkin jika masalahnya hanya karena RAM penuh. Dengan reboot, semuanya bisa kembali normal. Jika masalah terus berlanjut, coba metode berikutnya.

Koneksi Internet

Pastikan jaringan atau sinyal smartphone Anda sempurna dan lancar untuk segala aktivitas online Anda. Dan jika semuanya berjalan dengan baik dan hanya WhatsApp yang bermasalah, fokuslah pada masalah WhatsApp. Bisa jadi karena penumpukan cache atau error di WhatsApp.

Tetapi jika semua koneksi tampak lambat, paket internet Anda mungkin tidak tersedia atau dari penyedia jaringan yang mengganggu. Coba gunakan mode Pesawat untuk mencari jaringan baru.

Perangkat Bekerja Normal

Perlu Anda ketahui bahwa kamera ponsel yang bermasalah juga akan mempengaruhi kesalahan dalam membuat status WhatsApp. Cobalah untuk memastikan bahwa kamera depan dan belakang ponsel benar-benar normal tanpa masalah.

Gunakan aplikasi kamera untuk mengambil gambar pada perangkat, jika tidak ada masalah, penyebab masalah status WhatsApp mungkin karena hal lain.

Cek Penyimpanan Internal

Pastikan ruang penyimpanan internal tidak penuh. Pastikan Anda memiliki ruang untuk menyimpan banyak file dan sejenisnya. Coba pindahkan/bersihkan file yang ada terlebih dahulu agar tidak memenuhi memori internal. Anda dapat menggunakan memori eksternal atau penyimpanan online untuk mentransfer semua file ini.

Hapus Data Aplikasi

Kemudian coba hentikan dan hapus data WhatsApp. Biasanya metode ini akurat untuk menyiasati kesalahan aplikasi. Menghapus data aplikasi akan menghapus data aplikasi sementara seperti cache atau riwayat, dll.

  • Buka Pengaturan, Aplikasi & pemberitahuan, Daftar aplikasi.
  • Temukan dan pilih WhatsApp.
  • Periksa informasi WhatsApp, pilih Penyimpanan.
  • Pilih Hapus data untuk menghapus data WhatsApp.
  • Sentuh Oke untuk mengonfirmasi.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda dapat masuk kembali ke akun WhatsApp Anda menggunakan nomor telepon yang Anda gunakan. Cara seperti ini juga bisa kamu lakukan untuk aplikasi yang terkena sadap menggunakan socialspy whatsapp.

Update WhatsApp

Dengan pembaruan aplikasi, Anda tentu saja akan mendapatkan pembaruan untuk semua fitur premium. Selain itu, kesalahan atau bug pada aplikasi akan hilang. Untuk pembaruan aplikasi, Anda dapat mengunjungi Google Play Store dan mencari aplikasi WhatsApp. Dari sana Anda dapat mencoba memperbarui aplikasi WhatsApp.

  • Buka Google Play Store, temukan dan pilih WhatsApp.
  • Klik Perbarui dan tunggu proses pembaruan selesai.
  • Selesai.

Install Ulang WhatsApp

Menghapus instalan aplikasi adalah solusi untuk menangani WhatsApp dan itu memang bug. Setelah menghapus aplikasi, pastikan juga untuk membersihkan file sampah dengan pembersih aplikasi agar data/instalasi sebelumnya benar-benar bersih.

Tapi sebelumnya pastikan dulu kamu sudah membackup data WhatsApp kamu ke Google Drive agar nantinya data WhatsApp bisa di restore kembali.

  • Buka Pengaturan, Aplikasi & pemberitahuan, Daftar aplikasi.
  • Temukan dan pilih WhatsApp.
  • Klik Uninstall untuk menghapus WhatsApp.
  • Selesai.

Kesimpulan

Dengan berbagai cara tersebut di atas, kami berharap WhatsApp Anda akan kembali normal. Untuk cara kelima, pastikan untuk membersihkan sisa file dengan app cleaner agar Android lebih sempurna dalam menerima aplikasi baru. Cara di atas bisa dilakukan di semua perangkat Android berbagai macam versi sistem operasi.