Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

13 Tips Agar Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan Di Tempat Kerja yang

Karir & Perusahaan | 1202 Views

13 Tips Agar Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan Di Tempat Kerja

4 Februari 2018 | Penulis: Bayu Lebond

Mungkin bagi kebanyakan karyawan baru, kita akan berfikir bagaimana caranya supaya disukai oleh rekan kerja. Hal itu keinginan yang wajar. Sebagai karyawan baru, kita harus memiliki keinginan untuk bekerja dengan nyaman, tenang, damai dan aman. Dengan didukung oleh rasa cinta dari orang-orang di lingkungan kerja kita. Simak Tips Agar Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan Di Tempat Kerja berikut ini.

Tanpa adanya rasa suka dari orang-orang di lingkungan kerja Kita, percayalah bahwa untuk mendapatkan ketenangan serta kenyamanan kerja itu cukup sulit. Malahan, jika Anda tidak disukai oleh mereka, maka akan ada-ada saja masalah yang akan muncul di kemudian hari.

Sebenarnya, Langkah Agar Menjadi Pribadi yang menyenangkan di tempat kerja tidaklah sulit. Ikuti tipsnya dari PSYLine.id Psikologi Online Indonesia yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

13 Tips Agar Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan Di Tempat Kerja

  1. Menghargai Semua Orang

    Tips Agar Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan Di Tempat Kerja yang pertama adalah kita harus menghargai kepada siapapun orang-orang di lingkungan kerja Kita. Termasuk Atasan, Karyawan Senior, bahkan kepada Karyawan yang lebih rendah jabatannya pun Kita juga harus menghargai mereka.

    Dari sini kita bisa belajar untuk lebih menghormati agar dihormati, dan menghargai agar dihargai kembali. Karena hidup bukan hanya perkara “All About Me”, tapi tentang “Share n Growth”, saat Kita berbuat baik, maka kebaikan yang akan Kita dapatkan. Dengan menghargai, percayalah bahwa mereka juga akan membalas dengan menghargai pula.

  2. Peka terhadap lingkungan sekitar

    Tips Agar Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan Di Tempat Kerja yang  kedua adalah Peka terhadap lingkungan sekitar. Sebagian karyawan hanya peduli pada dirinya sendiri. Sampai lupa bahwa lingkungan sekitarnya sangat penting untuk diperhatikan.

  3. Sopan

    Sopan kepada sesama teman kerja, sopan kepada atasan, sopan kepada karyawan baru, membuat Kita semakin disukai oleh mereka. Sebab Kita dinilai baik, dan juga dinilai sangat menghargai mereka.

    Dengan bersikap sopan, Kita akan menjadi orang yang lebih disegani. Sopan di sini termasuk dalam hal bicara, dalam berjalan. Serta dalam bertindak dan hal-hal lainnya yang tentunya tidak melanggar adab kesopanan itu sendiri.

  4. Murah senyum dan Menyapa Pada Rekan Kerja

    Jangan pernah menyepelekan soal senyum. Faktanya kan seperti itu. Ketika kita banyak senyum kepada sesama, apa lagi di lingkungan kerja, maka kita dianggap orang yang baik dan menyenangkan. Jika sebaliknya, pasti kita dianggap orang yang sombong dan menyebalkan.

    Agar menjadi karyawan yang menyenangkan, berilah sapaan minimal satu kali sebelum memulai pekerjaan pada rekan kerjamu. Kalau Kita bukan orang yang terbiasa menyapa duluan, Kita bisa memberi senyuman. Dengan begitu Kita akan lebih berani menyapa mereka di kemudian hari.

  5. Semangat Kerja Tinggi

    Faktor kelima agar Kita disukai oleh rekan kerja dan atasan adalah, Kita harus menanamkan kebiasaan rajin dan semangat bekerja yang tinggi. Tidak peduli apakah Kita adalah orang yang malas saat di rumah. Tapi ketika di tempat kerja Kita harus menjadi orang yang rajin dan memiliki semangat kerja yang tinggi.

  6. Rajin

    Rajin di sini contohnya: rajin datang tepat waktu, rajin bersih-bersih, rajin mengerjakan tugas yang diberikan. Bahkan rajin untuk berbuat baik kepada kawan di sekitar Kita. Jika demikian, yakinlah Kita akan menjadi sosok yang akan dicintai.

    Tunjukkanlah kerajinan dan semangat di tempat kerja. Karena semangat dapat menular seperti wabah. Jadi ketika Kita bersemangat, maka sekitar akan menangkap energi positif tersebut. Hal lain yang bisa membuat Kita disenangi adalah perihal kerajinan, sesederhana rajin datang tepat waktu misalnya.

  7. Inisiatif

    Inisiatif itu adalah bertindak untuk kebaikan orang lain atau bersama, berdasarkan pemikiran dan tindakan sendiri tanpa harus disuruh atau diperintah. Misalnya: melihat ada sampah plastik di ruangan kerja, ya dipungut dan dibuang di tempatnya. Itu hanya salah satu contoh bentuk inisiatif.
    Seperti inisiatif mengerjakan tugas sebelum mendapat seruan dari atasan. Atau ketika Kita melihat ada sesuatu yang salah di tempat kerjamu. Jadikanlah diri Kita sebagai orang yang mencetus adanya perbaikan.

  8. inovatif

    Kalau kita mau menyumbangkan ide-ide yang inovatif justru akan membuat kita semakin dikenal baik oleh rekan kerja bahkan atasan. Dan dengan selalu berinovasi, bukan hanya perusahaan yang sedang Kita kembangkan, tapi juga diri Kita sendiri.

  9. Suka Bercanda Dan Tidak Mudah Naik Darah

    Bercanda, adalah bumbu di setiap aktifitas agar aktifitas yang kita lakukan tidak kaku. Sebab orang yang bercanda, biasanya bisa menghilangkan stress bagi orang lain yang diajak bercanda.

    Oleh sebab itulah, Kita harus suka atau paling tidak sesekali bercanda dengan teman kerja Kita. Dan pastinya, bercanda saja tidaklah cukup. Kita juga harus menjauhi sikap mudah tersinggung agar Kita tetap disenangi orang-orang di sekitar Kita.

  10. Sempatkan waktu untuk mengobrol di waktu istirahat

    Manfaatkan jam makan siang untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja. Siapa tahu darinya kita dapat ide-ide inovatif yang bisa dikembangkan di pekerjaan.

  11. Sabar Dan Tidak Pemarah

    Kita harus menanamkan budaya sabar dan tidak pemarah pada diri Kita sendiri. Ketika Kita dimarah atasan atau rekan kerja, ya bersabar saja. Jangan dibalas dengan marah atau dibantah. Toh tidak selamanya mereka akan memarahi Kita.

    Dengan sabar, orang lain akan menyukai Kita meskipun sebelumnya Kita telah berbuat salah misalnya. Mereka akan mengganggap bahwa Kita adalah orang yang bisa menerima tentang kesalahan sendiri, dan bisa menyadari bahwa itulah yang seharusnya Kita lakukan.

  12. Jujur

    Dengan bersikap jujur, orang lain termasuk atasan akan percaya kepada Kita, dan tentu mereka akan menyukai Kita. Sebab jarang sekali lo saat ini mendapatkan karyawan yang jujur dan bisa dipercaya. Maka dari itu jika Kita jujur, akan besar peluang bagi Kita untuk menjadi karyawan kepercayaan di tempat kerja Kita. Dan pasti, karyawan kepercayaan adalah karyawan yang disukai.

  13. Sering mengucapkan kata “Tolong”, “Maaf”, dan “Terima Kasih”

    Meski terdengar sepele, ucapan “terima kasih” dan “tolong” sangat berdampak besar. Dengan sering mengucapkan tiga kalimat tersebut, Kita akan lebih mengapresiasi dan menghargai apa yang rekan kerja beri atau lakukan.

    Melalui ketiga kata ini juga, Kita akan dikenal sebagai pribadi yang rendah hati dan pandai berterima kasih.

Tugas utama seorang karyawan memang bekerja, tapi sebagian dari kita lupa untuk menjaga keharmonisan antar sesama rekan kerja.

Padahal, hal tersebut merupakan kebutuhan agar terus termotivasi dan mengenal satu sama lain. Bila Kita tidak kenal bagaimana rekan kerja ingin senang dengan Kita?

Intinya, tetap ada di jalur kebenaran agar Kita tidak melenceng dan menjadi orang yang dibenci. Demikiant tulisan singkat ini, semoga bermanfaat.

Salam Bahagia

Dirangkum dari berbagai sumber.

PSYLine.id Psikologi Online Indonesia

Bila Anda ada permasalahan dengan Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan di Tempat Kerja, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

3 Macam Gangguan Mental Pasca Melahirkan Yang Patut Anda Ketahui.

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan