Depresi karena Mendapat Perlakuan Kasar, Tekanan dan Ancaman.

Diposting: 3 Juni 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 572 kali.

Psikolog: Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

: Cise

: Bekasi

: Pria

Isi Konsultasi:

Halo PsyLine.id Psikologi Online Indonesia.

Saya sejak kecil sangat kurang dengan apa yang seharusnya saya dapatkan dari orang tua. Saya lebih sering di asuh oleh saudara dari Bapak atau Ibu. Sejak saya punya bapa tiri saya saat umur 4 tahun.

Saya sering mendapatkan perlakuan kasar, tekanan, ancaman yang membuat mental saya sangat down. Hingga awal sma saya tinggal bersama karena rumah saya di ambil alih oleh pihak bank.

Saya gampang sekali panik, lutut gemetar, keringat dingin ketika mendapatkan sedikit tekanan negatif. Saya juga gampang berfikiran negatif. Saya seperti orang yang kehilangan semangat hidup. Dan juga fisik saya sangat lemah. Saya pemalu atau sangat tidak percaya diri.

Tapi Aalhamdulillah saya punya sahabat yang membuat saya agak lebih baik. Namun saya tidak bisa membuat mereka selalu dengan saya karena mereka pun punya khidupan masing-masing.

Apakah saya ini depresi berat?

Saya tidak tahu harus bagaimana. Banyak hal yang saya lakukan untuk keluar dari kondisi ini. Dari dalam nurani saya, saya sangat benci kondisi ini. Seperti bukan diri saya sendiri.

Mohon Bantuannya, dan Terimakasih.

Drs. Julyvan Pertamawan Psi.

Jawab:

Depresi karena Mendapat Perlakuan Kasar, Tekanan dan Ancaman.

Cise yang baik,

Membaca curhatnya, saya merasa Cise memiliki masalah yang cukup berat ya. Pengalaman masa kecil yang demiikian kurang menyenangkan ditambah hilangnya figur orang tua kandung yang didambakan. Kelihatannya menambah beban pemikiran dan emosi.

Tapi, senang juga ya masih punya sahabat yang bisa diajak tukar pikiran. Walaupun mereka tidak selalu ada saat dibutuhkan. Bersyukur Cise masih dapat menceritakan perasaan dan pengalaman kepada orang yang dipercaya.

Saat ini, Cise sedang curhat melalui PsyLine. Salah satu layanan Psikologis yang dapat diakses melalui jaringan internet. Saya berharap dapat menjadi teman baru Cise dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa mendatang.

Depresi karena Mendapat Perlakuan Kasar, Tekanan dan Ancaman.

Sebagai saran pendahuluan, berikut saya usulkan beberapa hal yang dapat dicoba sendiri:

  1. Perhatikan dengan baik saat mana Cise merasa situasi dan kondisi yang dihadapi nyaman untuk dapat menyampaikan gagasan tanpa ada tekanan.
  2. Saat situasi dan kondisi itu ada, silakan untuk memfokuskan diri berlatih menyampaikan gagasan tanpa merasa ada tekanan.
  3. Bisa? Kalau bisa, beri pujian pada diri sendiri. Coba rasakan kekuatan diri yang cukup kuat saat mengatakan atau menyampaikan gagasan dan diterima oleh lawan bicara dengan baik. Itu latihan. Bisa dengan sahabat atau teman lain.
  4. Sekarang coba lebih berani bicara dengan  lawan bicara yang lebih tua. Boleh dengan saudara (kakak atau kerabat yang lain). Terasa lebih berat? Coba dulu. Bisa? Kalau bisa, rayakan keberhasilan dengan memuji dalam hati: “Hore, saya bisa”. Bagaimana  dengan orang lain yang lebih tua? Coba deh.
  5. Kalau sudah bisa secara bertahap melawan rasa “takut” menghadapi suasana yang menekan. Seharusnya Cise bisa mempersiapkan diri dengan cara yang sama sebelum berhadapan langsung dengan situasi dan suasana yang menekan tersebut. Cise harus bisa melihat kekuatan yang dimiliki dan gunakan untuk “melawan” tekanan yang biasa dihadapi.

Catatan: tidak ada satu orang pun di muka bumi ini yang dapat “membatasi” perkembangan kemampuan orang lain (termasuk Cise).

Dicoba ya. Bertahap. Jangan terlalu memaksakan diri. Saya tunggu kabar Cise kalau mau berbagi pengalaman dalam mengatasi “tekanan” dalam berbagai hal.

O iya, kata depresi yang dipakai dalam curhat Cise, bukan sebuah kondisi yang menghambat perbaikan dan pengembangan diri Cise. Selamat mencoba.

Sampai ketemu lagi.

Salam Bahagia.

 Konsultasi sebelumnya tentang:

Sudah punya Pacar, tapi Kangen dengan Pacar Orang.


Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Data ini akan membantu PsyLine.id Psikologi Online mencocokkan Anda dengan Psikolog yang paling cocok untuk Anda.
Jawaban jujur Anda juga akan memberikan Psikolog untuk mengenal latar belakang Anda sehingga dapat memberikan saran yang relefan.

Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu Anda menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Konsultasi Psikologi Gratis.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Tentang Psikolog

Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

Aktif di Himpsi Jaya (www.himpsijaya.org) dan Iluni Psikologi Universitas Indonesia.

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait:

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PSYLine.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog