Konsultasi Psikologi: Suami Selingkuh Sejak Pacaran

Diposting: 10 September 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 1260 kali.

Psikolog: Cynthia Rezeki Psikolog

: Vita

: Jawa Barat

: Wanita

Isi Konsultasi:

Selamat siang PSYLine.id Psikologi Online Indonesia,

Saya  baru saja menikah bulan april. Sebelumnya saya berpacaran dengan suami 4 tahun jarak jauh. Suami usaha percetakan banner. Pertunangan kami dilakukan bulan september 2016. Dari sini awal permasalahan muncul.

Suami saya dekat dengan customernya. Pertama kali saya tahu dari sosial media. Saya tanya tetang kedekatannya, dia menjawab hanya sebatas teman saja. Setelah kita menikah, dan tinggal satu rumah, untuk pertama kalinya dalam 4tahun kita pacaran saya buka hp suami. Saya shock, terpukul,marah, sedih. Ternyata di sms, wa percakapan antra suami dan wanita itu tidak seperti teman. Dan panggilan sayang dsb. Foto juga berdua.

Apa ini? saya tidak terima, kenapa suami melakukan hal semacam itu. Disaat saya berjuang untuk persiapan pernikahan, mereka berlibur bersama ke malang dan Jogja.

Saya tanya ada kepentingan bisnis. Kenapa pengakuan suami dengan chat yang saya liat berbeda sekali. Dari situ saya sulit mempercayai kata-kata suami. Saya selalu dibayangi dengan fikiran seolah suami cinta dengan wanita itu tapi dia sudah terlanjur bertunangan dengan saya pada waktu itu.

Mohon Bimbingannya dan Terimakasih.

Cynthia Rezeki, S.Psi., Psikolog.

Jawab:

Konsultasi Psikologi: Suami Selingkuh Sejak Pacaran

Dear Mba Vita yang baik dan berbahagia.

Sebelumnya kami  ucapkan terima kasih sudah mempercayakan permasalahan Mba Vita kepada kami di Psyline.

Permasalahan Mba V memang cukup berat. Kami memahami bagaimana kecewa, sakit hati, sedih, dan marahnya Mba V atas masalah ini.  Adalah hal yang wajar jika Mba V tidak bisa menerima suami yang bersikap mesra pada perempuan lain.

Setiap orang yang menikah pasti merencanakan bahagia.  Memiliki pasangan yang setia, saling mencintai, saling menyayangi,  pasti  jadi dambaan setiap orang.  Namun apa daya, Mba V menghadapi kenyataan yang belum sesuai dengan harapan. Kami turut merasakan kesedihan ini.

Konsultasi Psikologi: Suami Selingkuh Sejak Pacaran

Adalah suatu yang wajar apabila ada permasalahan dalam rumah tangga. Meskipun demikian sebagai insan yang diberi akal dan iman, harus terus berikhtiar. Terus berusaha dan jangan berputus asa. Insya Allah usaha  Mba V menghubungi kami di Psyline adalah salah satu langkah yang tepat untuk mencari jalan keluar.

Inti Permasalahan Suami Selingkuh Sejak Pacaran

Setelah Membaca keluhan Mba Vita. Inti permasalahannya adalah hilangnya kepercayaan kepada suami. Yang mana telah Anda temukan berselingkuh dengan wanita lain, sejak masa pacaran dulu.

Mengapa semua itu bisa terjadi? Dan meskipun sempat diketahui oleh Mba Vita tetapi masih saja hubungan itu terjadi ?

Sangat disayangkan sebetulnya. Karena KEPERCAYAAN adalah salah satu PONDASI yang memperkokoh dan mendukung kebahagiaan suatu rumah tangga. Kalau kepercayaan sudah pudar, akan sulit untuk membangun kebahagiaan bersama.

Bagaimana bisa bertahan? Rumah yang seharusnya menjadi “syurga”, malah akan terasa sebaliknya.

Ada beberapa hal  yang bisa menjadi penyebab Suami Selingkuh Sejak Pacaran

  1. Masa pacaran yang diselimuti misteri penyebab Suami Selingkuh Sejak Pacaran

    Sebagaimana diungkapkan oleh Mba Vita. Masa berpacaran jarak jauh selama 4 tahun sudah dilalui bersama sebelum akhirnya masuk ke jenjang perkawinan. Namun tampaknya masa pacaran mba Vita dengan suami diselimuti “misteri”. Karena mba Vita sesungguhnya belum sepenuhnya mengenali siapa sosok pribadi calon suami yang selama 4 tahun berhubungan.

    Meskipun menaruh curiga adanya perselingkuhan calon suami. Tetapi Mba Vita masih saja percaya hubungan (calon) suami ketika itu dengan wanita lain hanya sebatas “teman” saja. Mba Vita mencoba mengabaikan kecurigaan dari diri sendiri. Dan tidak melakukan evaluasi terhadap hubungan Mba V dengan calon suami ketika itu.

    Sikap Mba Vita membuat calon suami merasa “aman” saja untuk melanjutkan hubungan dengan wanita tersebut.  Hal ini terbukti ketika persiapan pernikahan sedang dilakukan, belakangan Mba Vita ketahui calon suami malah sedang berlibur ke Malang dan Yogya.  Dalam hal ini Mba Vita tidak perlu merasa bersalah, karena semua sudah terjadi.

  2. Risiko Hubungan Jarak Jauh Pemicu Suami Selingkuh Sejak Pacaran

    Masa berpacaran dengan suami selama 4 tahun secara jarak jauh (LDR, Long Distance Relationship), ini sebenarnya hal yang luar biasa. Selama 4 tahun tetap bisa mempertahankan suatu hubungan jarak jauh. Hal ini dapat diartikan Mba Vita ataupun pasangan memiliki “komitmen” yang kuat. Komintmen untuk membina hubungan yang lebih serius menuju jenjang  pernikahan.

    Bisa jadi  Mba Vita dan suami sudah berupaya untuk saling memberikan kepercayaan.  Setidaknya Mba Vita yang telah memberikan kepercayaan lebih pada suami. Sampai akhirnya terbuka kenyataan bahwa hubungan suami dengan wanita itu lebih dari sekedar teman.

    Salah satu risiko hubungan jarak jauh adalah adanya orang ketiga. Jangankan hubungan jarak jauh, hubungan yang masih satu kota pun rentan dengan kehadiran orang ketiga ini. Jadi hubungan jarak jauh bukan satu-satunya alasan untuk terjadinya perselingkuhan.

    Kenapa permasalahan orang ketiga ini kerap terjadi dalam suatu hubungan (baik menikah ataupun pacaran)? Beragam alasan Suami Selingkuh Sejak Pacaran seperti:

    • Kurangnya perhatian dari pasangannya,
    • Komunikasi yang kurang baik antar pasangan,
    • Kurangnya penghargaan dari pasangan,
    • Menemukan atau mendapatkan ‘sesuatu’ dari seseorang yang tidak diperoleh dari pasangan,
    • Salah satu ada yang bersikap dominan (egois),
    • Adanya kesempatan akibat seringnya bertemu dalam suatu aktivitas,
    • Latar belakang dan tata nilai dalam keluarga yang permisif dan terlalu longgar,
    • Tidak ada rasa cinta,
    • Balas dendam terhadap pasangan yang selingkuh,
    • Kecenderungan atau terdorong oleh hawa nafsu (biologis),
    • Karena iseng atau coba-coba.

Dalam permasalahan yang dihadapi oleh Mba V, selain adanya peluang kesempatan (akibat hubungan jarak jauh dengan Mba V) dan seringnya bertemu membuat suami tergoda.  Bisa saja ada sesuatu yang diharapkan oleh suami dari Mba V, akan tetapi selama pacaran tidak bisa dipenuhi sementara ia suami mendapatkannya dari orang lain.  Tetapi hal ini harus digali dan ditelusuri lebih jauh.  Apa alasan suami melakukan perselingkuhan. Mana di antara penyebab perselingkuhan yang melatarbelakangi suami melakukan itu semua?

Bagaimana menyikapi Suami Selingkuh Sejak Pacaran?

Untuk mengatasi permasalahan Mba Vita, tentu saja tidak mudah. Apalagi dengan berbagai keterbatasan informasi. Kami tidak memiliki informasi yang cukup mengenai:

  • Sikap suami setelah semakin terbuka hubungannya dengan perempuan tersebut?
  • Apa yang mendorong suami melakukan hal tersebut?
  • Sudah sejauh apa hubungan mereka?
  • Bagaimana status perempuan yang menjadi selingkuhan suami?
  • Apakah status lajang atau sudah bersuami juga?
  • Apakah sampai saat ini masih berhubungan?
  • Apakah suami pernah menyatakan penyesalannya?
  • Dan pertanyaan besarnya adalah mengapa suami tetap menikahi Mba Vita?

Jika tidak ada komitmen-komitmen tertentu antara suami dengan perempuan tersebut, akan semakin mudah mengatasi persoalan. Suami Selingkuh Sejak Pacaran.

Bersikap dan berpikir positif terhadap situasi yang dihadapi adalah hal penting yang harus ada dalam diri Mba Vita. Dengan bersikap positif, akan lebih mudah mencari jalan keluarnya. Mba V dapat bersikap lebih tenang dan berpikir lebih jernih.

Setidaknya Mba Vita masih berada dalam status sebagai istri. Jadi suami masih melihat Mba Vitalah yang lebih pantas menjadi istrinya. Pandanglah bahwa Mba Vita masih memiliki nilai dalam pandangan suami.

Posisi Mba Vita lebih mengikat bagi suami, karena ikatan pernikahan bukan sesuatu yang bisa dipermainkan. Sehingga Mba Vita dan suami harus lebih jernih dan bersikap cermat untuk memutuskan sesuatu mengenai masa depan rumah tangga kalian berdua.

Pahami bahwa bahtera rumah tangga ini merupakan perjalanan panjang yang harus ditempuh bersama, seiring sejalan. Ibarat sebuah perjalanan yang tidak mungkin ada jalan kembalinya lagi.

Artinya segala sesuatu perlu dilakukan secara sangat berhati-hati. Tidak ada hal yang perlu disesali karena sudah terjadi. Tidak mungkin memutar waktu kembali untuk memperbaikinya.

Fokuslah pada solusi dan jalan keluarnya. Tatap masa depan bersama, susun kembali langkah-langkah dan tujuan bersama. Tentu saja untuk bisa menatap masa depan bersama perlu sikap saling terbuka dan saling percaya.

Salam Bahagia.

Cynthia Rezeki Psikolog.


Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Ingin Melupakan Suami.

Drs. Arman Alie Psikolog.

Jawab:

Bagaimana memulihkan kepercayaan dalam diri Mba V terhadap suami Selingkuh Sejak Pacaran?

  1. Saling Terbuka

    Tentu saja harus ada keterbukaan dan kejujuran masing-masing. Bagaimana perasaan Mba Vita ke suami, dan bagaimana perasaan suami ke Mba Vita. Selesaikan dan terima semua rasa marah, benci, sakit hati, kecewa Mba Vita.

    Pertanyakan kembali apa tujuan pernikahan ini? Mau seperti apa? Apa yang harus diperbaiki dari diri Mba Vita dan suami? Luruskan kembali niat dan tujuan pernikahan Mba Vita dan suami. Suami Selingkuh Sejak Pacaran.

  2. Penyesalan dari Suami

    Dari pihak suami perlu adanya penyesalan terhadap apa yang telah dilakukannya. Serta harus ada komitmen kuat untuk tidak kembali mengulanginya. Salah satu indikator keseriusan suami untuk melupakan perempuan tersebut adalah dengan memutuskan hubungan bisnis.

    Sebesar apapun keuntungan yang didapatkan, harus dikorbankan demi keutuhan rumah tangga bersama. Suami harus memutuskan semua kontak dengan wanita tersebut secara total. Suami Selingkuh Sejak Pacaran.

  3. Mawas Diri dan Memperbaiki Diri

    Dari Mba Vita sendiri perlu mawas diri, memeriksa apakah mba Vita sudah memberikan semua yang terbaik untuk kebahagiaan bersama? Adakah sikap-sikap yang tidak disukai oleh suami selama ini masih dilakukan oleh Mba Vita?

    Intinya perbaiki diri sendiri sebelum mengharapkan suami berubah. Suami Selingkuh Sejak Pacaran.

  4. Buat Komitmen Bersama

    Selanjutnya, buatlah komitmen yang jelas dengan suami mengenai itu semua, termasuk komitmen suami untuk menghapus semua kontak dengan selingkuhannya dan menyelesaikan semua “perasaan” Suami ke selingkuhannya.

    Penyelesaian masalah yang juga kami sarankan adalah utamakan menyelesaikan perasaan-perasaan yang mengganggu. Mba Vita bisa menggali lebih mendalam mengenai alasan kenapa suami berselingkuh. Tetapi untuk menggali lebih dalam hal  tersebut, Mba V harus bisa lebih tenang terlebih dahulu. Tujuannya jelas bukan untuk menghakimi tetapi untuk memahami. Agar menjadi bahan introspeksi bagi Mba Vita dan siap dengan segala kemungkinan hasil yang diterima nanti.

  5. Lakukan Kegiatan Positif

    Terus melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, dan selalu mencari lingkungan yang memberikan semangat dan kebahagiaan. Serta pandangan-pandangan positif, yang membuat Mba Vita bisa ceria lagi dan produktif.

    Sehingga Mba Vita tidak terkungkung terus dalam permasalahan ini. Dan membuat Mba Vita bersedih yang berkepanjangan. Terus meningkatkan kemampuan diri, menjaga kecantikan diri lahir dan batin, dan bermanfaat bagi banyak orang.

  6. Cari Teman Curhat

    Bila diperlukan kami menyarankan untuk menggali permasalahan ini sangat penting untuk dibantu oleh professional. Seperti Konselor Pernikahan di Psyline.id Psikologi Online Indonesia. Agar dapat menjaga objektivas dan menjaga emosi antar pasangan.

Di sisi lain, dalam upaya untuk menggali lebih mendalam Mba Vita harus siap dengan konsekuensi atas kenyataan yang ada. Tentu saja kenyataan yang muncul  bisa saja akan menambah rasa sakit hati yang lebih panjang.

Bisa jadi muncul perasaan tidak dicintai, ada rasa trauma, bahkan bisa memperparah permasalahan rumah tangga Mba V. Oleh karenanya perlu menghubungi konselor profesional  jika itu hendak dilakukan.

Proses adaptasi dalam berumahtangga Suami Selingkuh Sejak Pacaran.

Kehidupan  rumah tangga Mba Vita yang baru berjalan  beberapa  bulan, memang masih sangat singkat.  Masa-masa ini masih dipenuhi oleh situasi kritis dalam sebuah rumah tangga pada umumnya. Karena pada saat inilah saat masing-masing pribadi saling menyesuaikan diri.

Masa adaptasi dua insan, dengan sifat dan latarbelakang yang berbeda, untuk menjadi satu kesatuan keluarga yang bisa saling memberi dan menerima. Adalah hal yang wajar jika muncul masalah. Namun sekali masalah ini dapat diatasi, maka akan berbuah kebahagiaan yang manis bagi Mba Vita dan suami.

Kepercayaan adalah pondasi dalam membangun rumah tangga.

Rumah tangga harmonis tidak cukup hanya dibangun atas dasar cinta semata. Melainkan harus didasari juga oleh saling percaya. Kepercayaan terhadap kesetiaan pasangan, dan kepercayaan terhadap tanggung jawab pasangan. Kepercayaan bukan saja bermakna memberi tetapi juga menerima.

Jadi kepercayaan mengandung makna saling memberi dan menerima kepercayaan. Oleh karenanya  Kepercayaan menjadi pondasi yang harus terus dipelihara dan dipupuk. Agar dapat membangun sebuah rumah tangga yang harmonis.

Kebahagiaan tidak bisa diraih sendiri, tetapi harus ada rasa saling percaya dari keduabelah pihak. Suami Selingkuh Sejak Pacaran.

Semoga dengan saran ini Mba Vita dapat menyelesaikan semua permasalahannya dan mendapatkan hasil yang terbaik bagi rumah tangga Mba Vita. Khususnya untuk kesehatan psikis Mba Vita sendiri.

Dekatkan diri selalu pada Allah. Pasrahkan semua permasalahan, semua perasaan kepada Allah, terus usaha dan tawakkal.

Allah dulu, Allah lagi, dan Allah terus.

Hanya Allah tempat kita berserah diri,  menggantungkan urusan hidup dunia dan akhirat.

In syaa Allah..

Tetap semangat Mba Vita

Salam Bahagia,

Amran Alie Psikolog


Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Ingin Melupakan Suami.

Tentang Psikolog

Cynthia Rezeki Psikolog

Pengalaman sebagai konselor dan konsultan. Sangat berminat pada bidang klinis. Hobi travelling. Selalu berusaha belajar dan terus belajar menjadi pribadi yg lebih baik, bersyukur dan bertawakal dalam setiap keadaan. Motto: If you stand for nothing, you will fall anything.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog