Menyukai Sahabat yang Ternyata Biseksual. Saya harus bagaimana?

Diposting: 8 Juni 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 582 kali.

Psikolog: Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

: Urd

: Jakarta

: Wanita

Isi Konsultasi:

Selamat sore kak dari PsyLine.id Psikologi Online Indonesia.

Saya ingin cerita nih.

Selama 2 tahun lebih saya suka dengan sahabat saya. Tetapi saya sering menangis, kepikiran negatif, dan selalu cemas memikirkan dia.

Kemudian beberapa hari yang lalu saya mengetahui bahwa dia biseksual (suka dengan wanita dan juga pria). Dia sendiri yang jujur memberitau langsung.

Saya harus bagaimana ya kak?

Saya sedih sekali mendengar pengakuan dia 😥 . Mengingat dia satu tempat gym juga dgn saya. Sempat terpikir bagi saya untuk pindah tempat gym agar pelan pelan bisa melupakannya 😥 ( terima kasih kak. 😀

Drs. Julyvan Pertamawan Psi

Jawab:

Menyukai sahabat yang ternyata biseksual.

Urd yang baik,

Mari kita berpegang pada norma yang berlaku umum yuk. Kalau ada teman yang sudah secara jujur mengatakan bahwa orientasi seksualnya masuk dalam kategori tidak normal. Seperti biseksual, sebenarnya sudah merupakan batasan yang jelas untuk dijauhi. Terutama bila dikaitkan dengan prinsip yang ada dalam agama. Pergaulan sejenis tidak diperbolehkan.

Menyukai sahabat yang ternyata biseksual

Hanya saja, karena Urd menyukai pribadi teman yang satu ini. Mungkin bisa jadi Urd dapat memberikan masukan padanya untuk meluruskan orientasi seksualnya. Itu kalau Urd peduli pada dirinya.

Pindah tempat Gym belum tentu menyelesaikan masalah. Coba dibahas dengan hati dan pikiran yang tenang dan dari sudut pandang yang obyektif. Untuk itu, Urd harus membekali diri dengan pengetahuan berbagai hal yang berkaitan baik dan buruknya hubungan sejenis. Baik dari sisi fisik, psikis, maupun religi.

Bisa?

Semoga Urd dapat memberikan pencerahan bagi sahabatnya. Memang tidak mudah. Bahkan, kemungkinan Urd yang akan “terbawa” ke dalam lingkungan yang berorientasi biseksual juga. Harus hati-hati dan jangan mudah terjebak.

Kemungkinan lain yang bisa dilakukan

Memang dapat saya sarankan untuk “menjauh”. Ketika kita mendapati seorang yang kita sukai memiliki suatu hal yang tidak kita sukai. Hal itu sebenarnya cukup alasan bagi Urd untuk menjauhinya. Tidak perlu pindah tempat Gym. Cukup menjauh secara emosional.

Katakan secara jujur pula kalau Urd tidak suka dengan hubungan sejenis. Saya yakin sahabat Urd dapat mengerti. Katakan putus dengan dengan tegas. Menyakitkan memang. Tapi itu harus dilakukan. Dengan demikian, sahabat Urd juga dapat memahami sudut pandang yang Urd sampaikan.

Sebuah persahabatan tidak selalu berisi hal-hal yang manis dan menyenangkan. Bahkan, sahabat yang baik dapat menjadi seorang yang bersedia menemani saat sulit maupun senang. Anggap saja sahabat Urd sedang mengalami sebuah beban. Persahabatan kalian dalam menjalani perannya dan berada dipersimpangan jalan. Persimpangan ketika memilih untuk berorientasi biseksual.

Apa peran Urd sebagai sahabat? Pergi meninggalkan sahabat yang sedang mengalami disorientasi? Atau mendampingi untuk kembali ke orientasi yang benar. Silakan dipilih.

Pelu diingat, sebagai seorang yang sudah dewasa. Segala tindakan dan keputusan yang diambil memiliki konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan secara pribadi. Jadi, setiap pilihan yang Urd ambil, juga mengandung konsekuensi tanggung jawab tertentu.

Coba ditimbang-timbang. Mana yang lebih nyaman untuk dijalani. Semua mengandung konsekuensi. Ambil langkah dan tentukan arah. Sesuaikan dengan kemampuan kita.

Semoga membantu.

Salam Bahagia.

Konsultasi sebelumnya membahas tentang:

Pacaran 5 Tahun Tidak Direstui Orangtua karena Alasan Pekerjaan.


Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Data ini akan membantu PsyLine.id Psikologi Online mencocokkan Anda dengan Psikolog yang paling cocok untuk Anda.
Jawaban jujur Anda juga akan memberikan Psikolog untuk mengenal latar belakang Anda sehingga dapat memberikan saran yang relefan.

Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu Anda menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Konsultasi Psikologi Gratis.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Tentang Psikolog

Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

Aktif di Himpsi Jaya (www.himpsijaya.org) dan Iluni Psikologi Universitas Indonesia.

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait:

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PSYLine.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog