4 Cara Siaran Langsung di Tiktok


Live streaming di Tiktok adalah fitur yang disediakan pada media sosial tersebut agar penggunanya bisa melakukan siaran langsung kepada para pengikutnya. Namun, ternyata masih banyak pengguna Tiktok yang masih belum mengerti bagaimana cara siaran langsung di Tiktok ini.

Ketidaktahuan pengguna Tiktok tentang bagaimana cara siaran langsung di media sosial berbasis video ini memang bisa dimaklumi. Karena pada awalnya, setiap orang tidak bisa langsung melakukan live begitu saja. Ada syarat yang harus dipenuhi. Informasi lengkapnya simak pembahasan berikut.

Cara Siaran Langsung di Tiktok dengan Mudah

Fitur siaran langsung di Tiktok bernama Go Live. Pada dasarnya fitur ini hampir sama seperti fitur siaran langsung di aplikasi lain seperti Instagram dan Facebook. Dimana setiap pengguna dapat melakukan perekaman dan menyiarkannya secara langsung kepada follower atau mereka yang masuk dari fyp.

Meskipun secara konsep sama, namun ada sedikit perbedaan yang membedakan live di Tiktok dan aplikasi lain. Di Instagram, Anda bisa langsung melakukan live streaming begitu akun jadi tak peduli berapapun followers-nya. Begitu juga dengan Facebook.

Akan tetapi, untuk di Tiktok, Anda harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Berikut beberapa syarat untuk bisa melakukan live streaming di Tiktok :

1. Akun Tiktok Terdaftar Secara Musik

Akun-Tiktok-Terdaftar-Secara-Musik

Sebelum melakukan live streaming, pastikan akun Tiktok Anda sudah terdaftar secara musik. Normalnya akun Tiktok yang baru dibuat belum terdaftar pada fitur ini.

2. Usia Anda di Atas 16 Tahun

Usia-Anda-di-Atas-16-Tahun

Ini merupakan syarat mutlak untuk mematuhi peraturan yang berlaku di suatu negara. Yakni Anda harus berusia lebih dari 16 tahun. Jadi jika Anda masih di bawah umur, sebaiknya tahan dulu niatan Anda untuk melakukan siaran langsung di Tiktok.

3. Aplikasi Tiktok Harus yang Terbaru

Aplikasi-Tiktok-Harus-yang-Terbaru

Untuk bisa melakukan live, pastikan Anda selalu memperbarui aplikasi Tiktok Anda. Karena fitur live merupakan fitur yang baru dan dikhawatirkan aplikasi Anda masih terlalu lama untuk memiliki fitur ini. Selain itu, saat fitur live streaming ini diperbaiki (maintenance) maka fitur tersebut tidak bisa dipakai sementara.

Untuk itu, selalu lakukan update ketika ada notifikasi untuk mengupdate aplikasi Tiktok agar Anda bisa mendapatkan perbaikan dan update fitur lain selain live.

4. Minimal 1000 Followers

Minimal-1000-Followers

Selain syarat – syarat di atas, inilah syarat utama yang harus Anda capai untuk mengaktifkan fitur Go Live. Karena jika followers Anda masih di bawah 1000, maka tidak akan ada fitur Go Live yang terlihat alias masih disembunyikan.

Lalu bagaimana cara cepat mendapatkan banyak followers di Tiktok? Untuk ini, akan kami bahas di pembahasan selanjutnya, sekarang mari fokus untuk cara siaran langsung di Tiktok. Berikut tutorialnya :

  • Pertama, download dan install aplikasi Tiktok melalui Play Store maupun App Store. Jika Anda sudah memiliki aplikasi Tiktok di smartphone, Anda bisa melewati langkah ini
  • Setelah itu buat akun atau login menggunakan akun yang Anda miliki
  • Klik tanda plus (+) di bagian bawah tengah layar untuk memulai live streaming

Klik-tanda-plus-di-bagian-bawah-tengah-layar-untuk-memulai-live-streaming

  • Jika Anda sudah memenuhi persyaratan di atas, harusnya terdapat opsi LIVE yang bisa diklik. Klik tombol live tersebut
  • Jika siaran langsung tidak dimulai secara otomatis, Anda bisa coba menggeser menu di bawah tombol perekam
  • Berikutnya Anda akan diminta untuk membuat caption dan judul yang menarik dan informatif untuk menarik banyak penonton. Beberapa penonton juga tidak bergabung dari awal live streaming jadi pastikan Anda memberikan judul dan caption yang informatif
  • Jika semuanya sudah siap, Anda tinggal klik tombol Go Live untuk segera memulai siaran langsung

Jika-semuanya-sudah-siap-Anda-tinggal-klik-tombol-Go-Live-untuk-segera-memulai-siaran-langsung

  • Selama siaran langsung di Tiktok ini berjalan, Anda bisa memakai dan berbagi filter sehingga membuat live streaming Anda menjadi lebih menarik.

Sebagai catatan, di bagian judul dan caption jangan sampai menggunakan kalimat atau kata yang mengandung unsur pornografi, SARA, hoax, diskriminasi, dan sebagainya. Ini merupakan pelanggaran bagi peraturan yang ada di Tiktok dan Anda harus menerima konsekuensinya.

Hukumannya bisa bermacam-macam, mulai dari take down, penyensoran, hingga tindakan tegas terhadap akun Anda. Jadi tetap berhati-hati.

Penyebab Tombol Live Tidak Muncul di Tiktok

Mungkin ada beberapa dari Anda bertanya, kenapa tombol untuk live tidak muncul padahal akun yang dipakai sudah memenuhi syarat untuk live? Hal ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini :

1. Aplikasi Masih Versi Lama

Aplikasi-Masih-Versi-Lama

Fitur Go Live merupakan fitur baru yang belum lama ini ditambahkan oleh developer Tiktok pada aplikasinya. Jika Anda masih belum mendapatkan fitur ini padahal sudah memenuhi syarat, pastikan Anda sudah mengupdate aplikasi Tiktok Anda ke versi terbaru.

Jika sudah diupdate namun masih belum muncul juga, mungkin ada masalah lain seperti poin – poin berikut ini.

2. Akun Anda Belum Kebagian

Akun-Anda-Belum-Kebagian

Di sejumlah negara, fitur Tiktok masih memasuki masa beta testing atau masa percobaan. Di masa ini, tidak semua akun bisa mendapatkannya. Hanya beberapa akun yang bisa menggunakan fitur live streaming dan akun tersebut dipilih secara langsung oleh developer Tiktok.

Biasanya, akun yang dipilih untuk mendapatkan kesempatan mencoba fitur – fitur di masa beta adalah fitur yang mengaktifkan developer mode di Play Store. Untuk bisa mengaktifkan developer mode ini juga tidak mudah karena Anda harus cukup lama menggunakan aplikasi Tiktok.

Nah, jika Anda bukan termasuk akun yang mendapatkan beta testing fitur Go Live, maka bersabarlah sebentar menunggu fitur live streaming di Tiktok ini dirilis secara sempurna.

3. Go Live Sedang Maintenance

Go-Live-Sedang-Maintenance

Ketika Anda tidak bisa menemukan tombol plus (+) untuk melakukan live padahal sudah memenuhi syarat, ada kemungkinan developer sedang melakukan maintenance pada fitur ini. Memang, pada saat maintenance seluruh pengguna Tiktok tidak akan bisa menggunakan fitur yang sedang diperbaiki.

Solusinya Anda tinggal menunggu proses perbaikan / peningkatan ini selesai. Biasanya tidak membutuhkan waktu lama. Setelah selesai, lakukan update pada aplikasi karena pasti akan muncul pembaruan di Play Store.

4. Rekaman Audio dan Video Sedang Digunakan Aplikasi Lain

Rekaman-Audio-dan-Video-Sedang-Digunakan-Aplikasi-Lain

Melakukan live streaming di aplikasi Tiktok berarti Anda menggunakan hardware perekam audio (microphone) dan video (camera). Apabila dua komponen ini sedang aktif digunakan di aplikasi lain, maka secara otomatis tombol Go Live di Tiktok akan didisable terlebih dahulu.

Karena satu komponen tidak bisa digunakan untuk merekam di dua aplikasi sekaligus. Contoh kasus ini seperti saat Anda sedang melakukan live di Instagram. Kemudian meminimize aplikasi Instagram tersebut dan memulai live di Tiktok. Nah, yang seperti ini membuat tombol live di Tiktok menjadi hilang.

Tips Cara Siaran Langsung di Tiktok Tanpa 1000 Followers

Syarat 1000 followers untuk melakukan live mungkin dirasa memberatkan. Terutama untuk akun-akun kecil yang kurang berpotensi langsung mendapatkan banyak followers dalam waktu singkat. Namun ada solusi untuk masalah ini. Walaupun kami tidak bisa menjamin cara ini akan 100% bekerja, tapi patut dicoba.

Berikut tutorial selengkapnya :

  • Pertama, buka aplikasi Tiktok dan login jika belum login
  • Masuk ke profil Anda dengan mengklik ikon akun di bagian pojok kanan bawah
  • Klik ikon titik 3 di sudut kanan atas
  • Anda akan masuk ke halaman settings. Di sini klik opsi “Report a problem”

Anda-akan-masuk-ke-halaman-settings.-Di-sini-klik-opsi-Report-a-problem

  • Berikutnya pilih opsi live / payments / reward
  • Selanjutnya pilih live host
  • Terakhir klik “i cant start live”

Cara ini berarti Anda melaporkan kepada pihak Tiktok bahwa Anda bermasalah dengan fitur live streaming yang ada. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan celah untuk langsung melakukan siaran langsung tanpa harus meraih 1000 followers terlebih dahulu.

Tips Mendapatkan 1000 Followers dengan Cepat

Seperti yang diketahui, agar bisa melakukan cara siaran langsung di Tiktok dengan baik, Anda harus memenuhi syarat salah satunya yaitu mencapai 1000 followers. Tapi bagaimana cara cepat mendapatkan 1000 followers? Anda bisa mempraktikkan tips – tips berikut ini :

1. Gunakan Video Tiktok yang Original

Gunakan-Video-Tiktok-yang-Original

Pengguna media sosial khususnya tiktok menyukai konten-konten original yang menarik, daripada repost atau konten yang diambil dari video orang lain. Konten original akan menambah potensi engagement Anda terhadap penonton sehingga mereka akan tertarik untuk follow akun Anda.

Jadi, usahakan untuk selalu mengunggah membuat video asli yang Anda rekam atau edit sendiri. Memang, ini membutuhkan effort yang cukup sulit dan konsistensi. Namun hasilnya akan sepadan.

2. Sering Mengupload Video

Sering-Mengupload-Video

Sama seperti media sosial lainnya, Tiktok memiliki algoritma sendiri yang menentukan postingan mana yang akan di-up untuk diperlihatkan kepada user lain. Selain engagement yang tinggi, frekuensi upload dari sebuah akun juga masuk penilaian.

Sangat disarankan untuk lebih sering mengupload video baru agar akun Anda semakin naik dan berkesempatan untuk masuk fyp. Dengan demikian, konten Anda akan lebih mudah ditonton orang dan berpotensi membuat mereka follow akun Anda.

Tidak hanya sering, tapi juga rutin. Hindari hiatus dalam waktu tertentu karena hal ini bisa menurunkan performa akun Anda dan semakin kecil kemungkinan untuk masuk fyp.

3. Kolaborasi dengan Pengguna Tiktok yang Sudah Terkenal

Kolaborasi-dengan-Pengguna-Tiktok-yang-Sudah-Terkenal

Inti dari mencari follower adalah bagaimana akun Anda mampu menjangkau lebih banyak orang setiap harinya. Untuk melakukan ini, Anda bisa mencari orang yang sudah terkenal dan memiliki banyak follower. Dengan munculnya nama akun Anda di akun mereka, maka kemungkinan naiknya follower akan meningkat.

Namun kolaborasi ini jangan hanya sekadar kolaborasi biasa. Usahakan untuk membuat sebuah konsep yang menarik untuk menarik banyak penonton. Selain itu, jika follower dari orang yang Anda ajak kolaborasi menyukai syle yang Anda bawakan, mudah bagi mereka untuk kemudian memfollow Anda.

4. Pakai Musik Tiktok yang Sedang Populer

Pakai-Musik-Tiktok-yang-Sedang-Populer

Tiktok identik dengan musik khas yang dipakai pada video – video tertentu. Anda bisa memanfaatkan ini untuk mendapatkan traffic dan follower. Karena tidak jarang orang mencari postingan menarik melalui lagu yang mereka sukai.

Walaupun tidak masuk fyp, setidaknya video Anda akan masuk jajaran video yang menggunakan audio populer tersebut. Sehingga ketika seseorang mencari video berdasarkan lagu itu, video Anda akan terlihat dan bisa saja mendapatkan follower dengan cara ini.

5. Gunakan Hastag yang Tepat

Gunakan-Hastag-yang-Tepat

Cara siaran langsung di Tiktok dengan menggunakan hashtag ini adalah cara umum yang banyak digunakan oleh pengguna media sosial. Sebuah konten akan lebih mudah ditemukan ketika menggunakan hastag yang tepat. Karena tidak sedikit orang yang mencari konten berdasarkan hashtag dan mengikuti hashtag tertentu.

Namun jangan sembarangan ketika menentukan hashtag, karena penggunaan hashtag juga perlu riset atau jika Anda tidak punya waktu gunakan saja hashtag generator yang kini sudah banyak tersedia aplikasi maupun websitenya.

Cara Mudah Agar Video Tiktok Masuk Fyp

Selain cara di atas, untuk meningkatkan follower di Tiktok Anda bisa membuat konten yang masuk ke fyp karena konten semacam ini akan sangat mudah ditemukan oleh orang lain bahkan yang tidak memfollow Anda.

Tapi, apa itu fyp? Fyp adalah singkatan dari For Your Page. Sebuah halaman rekomendasi konten yang pertama kali muncul ketika seorang pengguna membuka Tiktok pertama kali. Di sini ada banyak sekali video yang bisa ditampilkan berdasarkan dari behavior pengguna Tiktok itu sendiri.

Jika suatu konten video berhasil tampil di fyp, besar kemungkinan engagement dan traffic di akun pemilik video tersebut akan meningkat pesat. Untuk itulah kami merekomendasikan agar konten Anda mampu menembus fyp dan mendapatkan traffic serta follower yang tinggi. Caranya :

1. Ikuti Tren

Ikuti-Tren-scaled

Cara ini mungkin sedikit kontroversial dan bisa saja menghilangkan jati diri konten yang sudah Anda bangun. Namun jika Anda pandai memadupadankan tren dengan konsep konten Anda, maka hasilnya bisa fyp.

Karena fyp adalah halaman yang menampilkan konten video berdasarkan traffic, dan konten yang banyak mendatangkan traffic adalah konten yang umumnya membahas atau mengikuti tren terkini.

2. Ikuti Challenge

Ikuti-Challenge

Sama seperti halnya pengguna Instagram, pengguna Tiktok juga seringkali mengadakan challange-challange yang akan dijawab oleh pengguna lain dengan meneruskan video challange tersebut. Anda bisa memanfaatkan tren ini untuk mendapatkan banyak follower.

Karena umumnya, pengguna Tiktok akan selalu penasaran dengan bagaimana orang lain menjawab atau menjalankan sebuah tantangan. Kemungkinan konten Anda dicari semakin tinggi.

3. Lakukan Banyak Interaksi dengan Pengguna Lain

Lakukan-Banyak-Interaksi-dengan-Pengguna-Lain

Di video-video yang masuk ke fyp, jangan segan untuk melakukan interaksi dengan pengguna lain. Tentunya jangan memberikan komentar yang memicu kerusuhan seperti menghina, menyindir, atau komentar sensitif lainnya.

Jika komentar Anda disukai banyak orang, maka bukan tidak mungkin konten Anda juga akan dikunjungi banyak pengguna Tiktok, mendapatkan banyak like, kemudian masuk fyp. Selanjutnya Anda tinggal mencari follower saja dengan cara tersebut.

4. Atur Durasi Seefektif Mungkin

Atur-Durasi-Seefektif-Mungkin

Mayoritas pengguna Tiktok lebih menyukai video yang pendek namun efektif memberikan informasi yang padat. Mereka tidak suka dengan video yang terlalu panjang dan bertele-tele tanpa informasi yang berarti sehingga kemungkinan mereka akan skip begitu saja video Anda.

Untuk itu, efektifitas durasi video harus sangat diperhatikan. Kalau bisa gunakan video dengan durasi sesingkat mungkin agar orang lain tidak skip video Anda.

Perhatikan Jam Upload

Perhatikan-Jam-Upload

Selalu perhatikan jam berapa Anda mengupload konten terbaru. Karena ini juga berpengaruh pada peluang konten Anda ditonton oleh lebih banyak orang. Disarankan untuk mengupload setiap kontennya pada jam prima (prime time) dimana banyak orang kemungkinan sedang santai dan membuka Tiktok.

Jam ini biasanya terletak antara jam 12.00 – 13.00 saat jam istirahat dan jam malam hari ketika banyak orang sudah beristirahat dari aktivitasnya.

Cara siaran langsung di Tiktok memang mudah, namun memenuhi syarat followers adalah tantangan tersendiri. Teruslah konsisten melaksanakan tips-tips di atas sampai follower Anda cukup dan mulai melakukan siaran langsung di Tiktok.

 

Lihat Juga :