Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Konsultasi Psikologi Pribadi yang Tidak Berkembang Karena Takut Salah

Kategori: | 775 Views

Konsultasi Psikologi: Pribadi yang Tidak Berkembang Karena Takut Salah

17 Oktober 2017 | Penulis: Cynthia Rezeki Psikolog

: MA

: Jakarta

: Wanita

Isi Konsultasi:

Saya sedang menjalani S1 saya sambil bekerja di swasta. Ketika bekerja, saya sering merasa takut salah tentang apa yang saya kerjakan. Hal itu membuat saya kurang refleks saat melakukan sesuatu. Saya baru mengerjakannya saat disuruh, karena saya perlu kepastian kalau saya kerjakan benar.

Saat saya ingin melakukan hal yang baru saya banyak berfikir apakah itu perlu dikerjakan atau tidak. Namun saat saya sedang sendiri di kantor, justru pekerjaan yang saya kerjakan banyak. Saya lebih produktif saat sendiri, dari pada saat ada rekan kerja saya disekitar saya. Saya takut mereka menilai saya, saat saya melakukan sesuatu. Sehingga saya lebih nyaman saat sendiri.

Saat tidak ada feedback tentang pekerjaan saya pun, saya akan berfikir, apakah saya salah? Apakah bos saya marah? Saat di kritik saya akan merasa sangat gagal dan tidak cocok dengan pekerjaan saya. Begitupun saat kuliah, saya merasa bahwa gerak gerik saya dilihat dinilai oeh orang sekitar. Hal itu membuat saya hanya bergaul dengan orang-orang yang saya kenal dekat saja.

Mohon Bimbingannya.

Cynthia Rezeki, S.Psi., Psikolog.

Jawab:

Pribadi yang Tidak Berkembang Karena Takut Salah.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Semangat pagi MA..

Semoga selalu dalam keadaan yang baik ya..:)

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan MA untuk membicarakan permasalahan MA dengan PSYLine.id, 

Waah, MA hebat lho bisa kuliah sambil kerja. Tidak banyak orang yang bisa membagi waktunya dan fokus pada dua hal tersebut.

Saya memahami beban berat yang dirasakan MA saat ini, karena memang tidak hanya dibutuhkan keinginan untuk mencapai suatu keberhasilan. Namun juga perlu disertai dengan doa dan ikhtiar (usaha). Teruskan doa dan ikhtiar ini semaksimal mungkin yaa.. 🙂

Pribadi yang Tidak Berkembang Karena Takut Salah

Kalau saya baca dari permasalahan yang diutarakan MA, sepertinya ada rasa kurang percaya diri terhadap kemampuan MA sendiri. MA takut dinilai orang lain dan merasa gagal kalau pekerjaan tersebut mendapatkan kritik yang tidak sesuai dengan harapan MA.

Sebetulnya adalah hal yang wajar ketika kita ingin selalu dipandang baik atau bagus atas hasil kerja kita. Di sisi lain, ketika hasil tersebut dipandang orang lain masih kurang sesuai dengan harapan mereka. Jadikanlah hal tersebut sebagai cambukan atau motivasi bagi MA untuk banyak belajar lagi.

Tingkatkan Kualitas Diri

Tingkatkan wawasan dan mengembangkan keterampilan untuk lebih baik/bagus lagi hasil kerjanya. Gali lebih lanjut apa yang perlu diperbaiki dari hasil kerja tersebut, dan bagaimana harus memperbaikinya.

Ajaklah orang-orang yang MA pandang sebagai orang yang kompeten dalam bidangnya untuk berdiskusi mengenai perbaikan tersebut. Dan jangan takut untuk meminta feedback mengenai kemampuan MA pribadi dalam menyelesaikan tugas. Usahakan feedback tersebut tidak hanya dalam area kekurangan diri, namun juga kekuatan diri yang dimiliki MA. Karena hal tersebut akan sangat membantu MA dalam pengembangan diri. 

Buatlah peta kekuatan dan kekurangan diri, kemudian bikin rencana pengembangan diri untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki. Dan yang paling penting adalah MA harus fokus pada kekuatan yang dimiliki MA. Optimalkan kekuatan tersebut untuk menunjang peningkatan kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan dalam bekerja. Sebaliknya, jangan merasa gagal dan lalu tidak melakukan apa-apa (berdiam diri, bahkan demotivasi). Hal ini akan merugikan MA sendiri, baik untuk kehidupanan pribadi ataupun karir.

Sebenarnya Kamu Mampu

Sebetulnya, MA orang yang mampu untuk menyelesaikan tugas-tugas MA secara baik dan sesuai dengan harapan perusahaan. Buktinya, ketika MA menyelesaikan tugas seorang diri, MA mampu menampilkan kinerja terbaiknya. Hanya saja, MA “terlalu takut” dengan penilaian orang lain dan “sangat ingin” memenuhi harapan orang lain.

Sehingga perasaan-perasaan ini membuat MA menjadi tertekan. Bahkan mengganggu daya konsentrasi, kreativitas, dan menghambat kemampuan-kemampuan MA yang lain. Ini sangat disayangkan sekali, karena merugikan diri MA sendiri.

Jadi, YAKIN bahwa MA adalah orang yang mampu. Lakukan “self-talk” atau berbicara  pada diri sendiri “SAYA ORANG YANG MAMPU”, “SAYA BISA”, “SAYA HEBAT”, dan setersnya, dengan kalimat-kalimat yang positif. Lakukan berulang kali, setiap hari. In syaa Allah kalimat-kalimat tersebut akan terintegrasi dalam diri MA dan membantu MA untuk melihat dan merasakan diri MA sebagai pribadi yang MAMPU.

Keep Positive Thinking

Selain itu, KEEP POSITIVE THINKING terhadap setiap respon yang diberikan orang lain dan juga kondisi atau permasalahan yang dihadapi MA. Jangan melihat penilaian orang lain sebagai hal yang negatif, tetapi lihat dari sisi positifnya.

Kalau MA sulit untuk melakukannya sendiri, ajak orang yang MA percaya yang dapat mendukung MA berpikir positif. Hal itu untuk melihat penilaian negatif tersebut dari sisi positifnya. Dan ingat, negatif atau positif itu adalah persepsi, bagaimana kita melihatnya.

Kalau MA mau berhasil, teruslah memandang segala sesuatu dari sisi positifnya, terutama terhadap penilaian diri MA.

Membaca Biografi Orang-orang Sukses

Usaha lain yang bisa MA lakukan juga adalah dengan membaca biografi orang-orang yang berhasil. Pelajari bagaimana kehidupan mereka, kesulitan mereka. Karena KEBERHASILAN mereka tidak serta-merta mereka dapatkan dengan mudah, tetapi melalui banyak sekali rintangan dan masalah. Bahkan, masalahnya seringkali melebihi orang-orang kebanyakan. Pelajari bagaimana mereka mengatasi masalah. Bagaimana mereka mencari peluang dan memanfaatkan peluang tersebut dengan segala kemampuan mereka. Dan kemudian menjadi berhasil.

Terus juga membaca quotes (kata-kata kutipan bijak) yang memotivasi, yang mengajak kita berpikir dan berproses, tidak hanya berfokus pada hasil.

Selalu Berdoa dan Berusaha

Dan tentunya yang paling utama adalah terus mendekatkan diri pada ALLAH, selalu minta petunjuk dan bantuan ALLAH, karena ALLAH Maha Kuasa, Maha Berkehendak. ALLAH lah yang memberikan ketenangan dan kedamaian. ALLAH yang memiliki segala sesuatu yang ada di muka bumi ini, termasuk diri kita.

Dan ingat! Ketika kita memandang lemah diri kita, berarti kita memandang lemah YANG MENCIPTAKAN kita. Na’udzubillahi min dzalik.

Saya doakan MA dapat mengembalikan kepercayaan diri MA, terus berproses untuk meningkatkan kemampuan diri, dan terus menjadi pribadi yang lebih baik.

Tetap semangat MA 

Salam bahagia,

Cynthia Rezeki

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsltasi Psikologi: Semangat Juang Menurun Setelah Bekerja.

Tentang Penulis

Cynthia Rezeki Psikolog

Pengalaman sebagai konselor dan konsultan. Sangat berminat pada bidang klinis. Hobi travelling. Selalu berusaha belajar dan terus belajar menjadi pribadi yg lebih baik, bersyukur dan bertawakal dalam setiap keadaan. Motto: If you stand for nothing, you will fall anything.

Tinggalkan Balasan