Rubrik Konsultasi Psikologi Mahasiswi semester akhir yang kehilangan motivasi.

Diposting: 14 Mei 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 570 kali.

Psikolog: Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

: Cesil

: Solo

: Wanita

Isi Konsultasi:

Halo PsyLine.id Konsultasi Psikologi Online Indonesia.

Saya di semester akhir sedang dalam masa skripsi, tp entah kenapa saya sungguh merasa tidak ada motivasi hampa hidup tanpa tujuan.

Saya merasa tidak sanggup, selalu iri pada orang, susah bersyukur.

Saya juga tidak percaya diri kalo bertemu orang, dan memilih berdiam di rumah.

Apa yg harus saya lakukan?

Terimakasih.

Drs. Julyvan Pertamawan, Psi.

Jawab:

Jawaban Rubrik Konsultasi Psikologi Mahasiswi semester akhir yang kehilangan motivasi. Saya merasa tidak sanggup, Apa yg harus saya lakukan? Mohon bimbingannya..

Cesil yang baik di Solo,

Rubrik Konsultasi Psikologi Mahasiswi semester akhir yang kehilangan motivasi.

Menurunnya motivasi saat menghadapi penyelesaian tugas belajar, bisa saja terjadi pada setiap mahasiswa tingkat akhir. Seakan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai menjadi sebuah fatamorgana atau bahkan tidak terlihat sama sekali. Gelap dan tidak tahu lagi haru melangkah ke mana. Rubrik Konsultasi Psikologi Mahasiswi semester akhir yang kehilangan motivasi

Saya sebenarnya ingin lebih jauh mengetahui keseharian Cesil, terutama tentang jurusan atau bidang yang diambil di perguruan tinggi.

Tapi baik lah, saya coba menjawab pertanyaan yang diajukan:

Apa yang harus Cesil lakukan?

Coba Cesil ingat kembali apa sebenarnya yang membuat Cesil memilih jurusan  atau bidang studi yang ditekuninya saat ini. Apakah pilihan ini dipengaruhi oleh pendapat orang lain? Atau pilihan ini diambil atas dasar konsistensi nilai selama di SLTA?

Apa pun alasannya, Cesil sudah berhasil menjalani perkuliahan sampai dengan semester akhir dan saat ini sedang masa penulisan skripsi. Itu sebuah perjuangan dan perjalanan yang tidak mudah.

Buat semacam selebrasi atau perayaan kecil, Cesil sudah berhasil menjalani kuliah dan saat ini menjelang garis finish. Untuk beberapa orang, menyelesaikan kulilah itu seperti berada di persimpangan jalan.

Menulis skripsi, bagaikan berperang melawan diri sendiri. Kenapa demikian? Karena, di masa skripsi semua orang harus memacu dirinya sendiri untuk dapat segera selesai. Tidak ada lagi Dosen yang memberi tugas dan batas waktu yang ketat. Semuanya tergantung diri sendiri.

Ibarat ulat dalam kepompong, ini adalah saat berjuang menjadi kupu-kupu yang indah. Apa yang terjadi kalau ulat dalam kepompong dibantu untuk keluar lebih cepat dan bukan dengan perjuangannya sendiri? Ulat akan mati dan tidak ada metamorfosa ulat menjadi kupu-kupu.

Perasaan yang ada dalam diri Cicil saat ini mirip seperti perjuangan seekor ulat yang berusaha keluar dari kepompong. Lalu bermetamorfosa menjadi kupu-kupu yang cantik.

Jangan menyerah. Terus berjuang. Garis finish sudah di depan mata.

Skripsi adalah hasil akhir dari seluruh proses belajar di sebuah perguruan tinggi. Skripsi adalah salah satu bentuk konfirmasi bahwa Cesil sudah menguasai seluruh mata kuliah yang telah lalu. Skripsi juga merupakan pembeda antara seorang Sarjana dengan orang lain yang bukan Sarjana.

Oleh karenanya, Cesil perlu memacu diri untuk terus melangkah maju menyelesaikan tugas belajarnya.

Menjadi seorang Sarjana bukan sebuah pencapaian yang dipersembahkan untuk orang lain. Menjadi Sarjana adalah sebuah momentum penting yang memberikan penghargaan bagi diri Cesil sendiri. Jadi, selesaikan tugas akhirnya ya Cesil.

Semoga Cesil dapat menyelesaikan perjuangannya dengan sebaik mungkin dan keluar dari “kepompong” menjadi seorang Sarjana yang berguna untuk orang banyak.

Selamat berjuang.

Baca juga: 15 Langkah Mudah Mendapatkan Rasa Percaya Diri. Untuk masalah kurang percayadiri Cesil.

Salam Bahagia.

Konsultasi sebelumnya tentang: Rubrik Konsultasi Psikologi Tidak bahagia karena pribadi yang tertutup.


Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Data ini akan membantu PsyLine.id Psikologi Online mencocokkan Anda dengan Psikolog yang paling cocok untuk Anda.
Jawaban jujur Anda juga akan memberikan Psikolog untuk mengenal latar belakang Anda sehingga dapat memberikan saran yang relefan.

Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu Anda menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Konsultasi Psikologi Gratis

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine

Tentang Psikolog

Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

Aktif di Himpsi Jaya (www.himpsijaya.org) dan Iluni Psikologi Universitas Indonesia.

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait:

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PSYLine.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog